Inilah Salah Satu Bahaya Tidur Terlalu Lama yang Wajib Kita Ketahui

Tidur merupakan keadaan dimana tubuh kita pada saat itu beristirahat dan tidak melakukan kegiatan apapun, dan memang pada kenyataannya tidur sangat dibutuhkan karena selain pola hidup dan kebiasaan juga bermanfaat dalam memulihkan kembali keadaan tubuh yang sudah lelah.

Tidak bisa dipungkiri, tidur memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan tidur sebagai hobinya.

Dalam keadaan normal, kita semua membutuhkan wkatu tidur sebanyak kurang lebih delapan jam dalam setiap harinya. Atau paling tidak, sekurang-kurangnya kita membutuhkan waktu tidur sebanyak enam jam setiap hari. Jika kita tidur dalam waktu yang kurang seperti yang telah ditentukan maka akan menimbulkan beberapa akibat, seperti misalkan daya tahan tubuh menjadi lemah, resiko diabetes semakin meningkat, menyebabkan depresi dan lain sebagainya.

Fakta-tidur

Nah, mengingat begitu banyak hal yang akan kita dapatkan apabila kurang tidur, oleh sebab itulah dalam setiap harinya kita harus mendapatkan waktu tidur yang cukup seperti yang telah disebutkan tadi.

Biasanya, banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan tidur saat mereka tidak memiliki kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan. Atau bahkan mereka yang memiliki aktivitas terlalu padat biasanya sering tidur dalam jumlah waktu yang lebih banyak. Pola tidur yang tidak berkualitas dari seseorang akan menjadikan kesehatannya terpengaruh. Nah, tahukah anda? Ternyata selain kurang tidur, tidur dalam jumlah waktu yang berlebih pun akan memicu bahaya untuk kesehatan tubuh kita sendiri. Oleh sebab itulah, kita semua sebaiknya tidur dengan pola yang sehat agar kita pun mendapatkan tidur dengan kualitas yang baik.

Ada beberapa akibat yang akan didapatkan ketika seseorang tidur dalam waktu yang lebih lama dari waktu yang telah ditentukan. Namun akhir-akhir ini penelitian baru menemukan bahwa ketika seseorang terlalu lama atau banyak tidur maka akan memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena atau mengalami gejala stroke.

Seperti yang dilansir dari laman Prevention, penelitian yang pada saat itu dilakukan di Inggris serta diterbikan di dalam jurnal Neurology ini menelusuri kebiasaan tidur dengan tingkat stroke yang pada saat itu melibatkan kurang lebih 10.000 orang dewasa yang sudah lanjut usia dan setengah baya.

Ternyata mereka yang tidur setiap harinya lebih dari delapan jam, memiliki kemungkinan lebih tinggi 46 persen terkena serangan stroke dibandingkan dengan mereka yang tidur di antara enam sampai dengan delapan jam perhari.

Pemimpin penelitian dari University of Cambridge, yakni, Yue Leng, mengatakan bahwa ketika seseorang tidur lebih dari delapan jam, maka sedang terjadi sebuah masalah di dalam kesehatannya. Pergeseran kebiasaan tidur ini serta peningkatan resiko troke ini bisa dipengaruhi oleh perubahan arus darah di dalam otak.

"Tetapi meskipun begitu tidur lebih dari waktu yang dianjurkan tidak selalu berarti terserang stroke lebih besar," ujarnya. Dan bisa ditarik kesimpulan bahwa tidur lebih dari waktu yang telah ditentukan tersebut bukan penyebab tunggal seseorang terkena stroke, karena faktor-faktor lainnya pun sangat berpengaruh.

Oleh sebab itulah, memperhatikan kebiasaan tidur sejak dini serta berkonsultasi dengan dokter akan hal ini merupakan salah satu ide yang baik sehingga resiko strorke seperti misalkan tekanan darah dan kolesterol bisa di awasi.

Setelah mengetahui informasi ini, maka tidak ada salahnya jika anda menyebarkan kepada teman, sahabat, atau orang-orang yang ada di sekitar anda lainnya dengan cara menekan tombol share. Anda juga bisa menyertakan komentar pada kolom di bawah.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook