Inilah Profesor Sri Sang Pembedah Perut Bumi Dari Indonesia

Indonesia memiliki keindahan alam dan letak geografis yang banyak sekali diimpikan oleh banyak orang.

Di balik keindahannya, alam Indonesia yang masih alamai ini juga diketahui menyimpan tenaga dan sumber daya alam yang masih besar. Mungkin bagi anda yang menyukai geologi atau lekat dengan kegiatan alam, mengetahui jika pulau Jawa sebagai salahsatu pulau terbesar dan terpadat di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali gunung-berapi yang masih berada dalam status aktif dan rentan untuk meledak. Selain dengan gunung berapi aktif yang banyak, indonesia juga diketahui memiliki lempeng patahan yang aktif di bagian bawah tanahnya.

Dengan kondisi geografi yang cukup rentan, maka setidaknya harusnya ada anak bangsa yang memiliki pengatahuan mendalam mengenai bidang tersebut, dan ada satu nama besar yang patutnya anda ketahui, yakni Prof. Sri widiyantoro m.sc. Ph.d. prof Sri memang cukup banyak menorehkan prestasi yang bisa dikatakan sangat membanggakan. Di tahun 1997 karya ilmiahnya yang berjudul “The Evidence for Deep Mantle Circulation from Global Tomography” diterbitkan oleh sebuah jurnal ternama, yaitu Nature. Penelitiannya tersebut membahas mengenai dorongan subduksi litosfer dibawah samudera. Dalam penelitiannya tersebut ia menunjukan jika hal tersebut mampu melampaui inti bumi.

02

Selain dengan penelitiannya yang berhasil terpublikasi secara luas itu, Prof. Sri Juga diketahui telah mampu menunjukan beberapa prediksi mengenai akan terjadinya bencana gempa besar yang hendak melanda di Indonesia, meskipun emmang ia tidak memberikan kapan waktu pasti gempa itu akan terjadi. dari hasil pemetaan Tomografi yang berhasil ditemukannya, kini penentuan pusat gempa juga bisa ditentukan secara lebih akurat. Dengan teknik ini, isi perut bumi bisa anda lihat dengan bentuk 3 dimensi dan tentunya hal tersebut bisa mempermudah penelitian yang sedang berjalan.

Seperti yang diketahui jika pencitraan Tomografi itu sebelumnya digunakan secara khusus dalam bidang kedokteran untuk pemetaan anatomi manusia, seperti rontgen atau USG pada bayi. Dengan menggunakan teknik tersebut pemtean yang dilakukah bahkan bisa mencapai kedalaman 3000 kilometer, jauh lebih dalam dibandingkan dengan dugaan sebelumnya yang hanya terbatas di kedalam 700 kilometer saja. dari berbagai penelitian dan penemuannya, bahkan karya Prof. Sri banyak sekali dikuti, bahkan jumlah indeks sitasi atau pengutipan yang dimiliki merupakan yang tertinggi yang bisa didapat oleh seorang dosen dari wilayah Asia Tenggara.

Perjalanan karirnya yang terbilang sangat cemerlang tersebut tidak lpas dari dirinya yang terksentuh untuk kemudian mengabdikan diri di bidang ilmu pengetahuan, dengan menjadi seorang dosen dan membaktikan ilmunya untuk penelitian mendalam mengenai seismik. Sebelumnya Prof. Sri yang pernah mengeyam pendidikan perminyakan di Jepang ini menginginkan menjadi tenaga ahli di bidang perminyakan dan bekerja untuk menambah pundi-pundi uangnya. Namun seiring waktu ternyata ia lebih memilih mendalami ilmunya kini dan membaktikan segala apa yang ia ketahui untuk meneliti bidang ilmu seismik.

Cita-cita selanjutnya yang dimiliki oleh Prof Sri sendiri ialah mampu menciptakan sebuah alat yang mampu mendeteksi gempa di sebuah tempat sehingga bisa dengan lebih baik meminimalisir segala dampak yang mungkin muncul dari gempa itu sendiri.

Demikianlah prestasi hebat dan membanggakan dari Sri Widiyantoro yang terus mengembangkan diri dalam upaya antisipasi dan penanganan bencana gempa di Indonesia. Berikan koemntar dan pendapat anda terhadap prestasi yang berhasil ditunjukan oleh Ilmuwan Indonesia satu ini dengan mengisi kolom komentar. Lanjutkan dengan membagikan informasi dan prestasi membanggkan ini dengan menekan tombol share yang berada pada bagian bawah artikel.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook