Inilah Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan Ketika Mengkonsumsi Oatmeal Saat Sahur

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat muslim di seluruh dunia dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Menjalankan ibadah puasa adalah wajib hukumnya bagi umat muslim yang telah baligh. Ketika puasa maka umat muslim dilarang untuk makan dan juga minum serta dipantang untuk melakukan perbuatan buruk yang akan membatalkan atau mengurangi pahala puasa.

Tidak makan dan tidak minum dimulai ketika matahari terbit sampai matahari terbenam. Nah, karena selama seharian kita tidak mendatkan asupan makanan maka tidak heran jika kita pun selalu merasakan lapar dan juga haus. Namun hal ini tidak berarti jika kita harus membatalkan puasa yang sedang kita jalankan.

Oatmeal1

Biasanya keadaan dimana haus dan lapar selalu mengampiri salah satunya yaitu disebabkan karena salah mengkonsumsi makanan saat sahur. Ketika sahur banyak orang yang justru mengabaikan menu makan yang mereka santap, dimana mereka biasanya menyantap makanan alakadarnya dengan alasan malas untuk menyiapkan makanan yang baik dan sehat.

Agar puasa yang kita jalankan tetap lancar dan tubuh tetap sehat maka mengkonsumsi makanan atau minuman sehat pada saat sahur adalah hal yang harus dilakukan. Jika anda malas atau tidak sempat menyiapkan menu makan sehat ketika sahur anda sebenarnya masih bisa menyiapkan menu sederhana namun tetap sehat. Banyak sekali makanan sehat dan sederhana yang bisa mendukung tubuh untuk diajak berpuasa, dimana salah satunya yaitu oatmeal. Oatmeal adalah bubur yang terbuat dari gandum.

Saat menyantap menu sahur maka akan lebih baiknya jika anda mengurangi asupan karbohidrat yang justru hanya akan membuat tubuh menjadi lemas. Setidaknya anda bisa mengkonsumsi oatmeal karena makanan yang satu ini kaya akan kandungan serat sehingga mampu membuat perut kenyang dalam waktu yang cukuk lama. Makan satu porsi oatmeal saat sahur pun mampu membantu dalam mempromosikan gerakan usus sehingga lebih teratur dan juga mampu mencegah sembelit.

Tidak hanya itu mengkonsumsi oatmeal saat sahur juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Di dalam oatmeal terkandung beberapa jenis serat, dimana serat tersebut lebih sering disebaut sebagai beta-gluten. Serat yang satu ini dipercaya mampu melindungi kita dari penyakit jantung. Tidak hanya itu serat ini pun bisa menaikan sistem imunitas. Hal ini mampu membantu sel-sel kekebalan tubuh untuk memcari serta memperbaiki daerah-daerah bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

Oatmeal juga memiliki kemampuan dalam mengurangi kolesterol jahan atau LDL. Serat larut yang terkandung di dalam oatmeal ini mampu membantu dalam mengontrol perubahan kolestreol, terlebih lagi saat bulan puasa seperti ini.

Nah, selama berpuasa mungkin anda pun sering merasakan dimana mood mendadak menjadi tidak stabil, keadaan ini disebabkan karena kadar gula darah dan hormon dalam tubuh kita menurun. Di dalam oatmeal mengandung vitamin B16, maka dari itu jika anda mengkonsumsi oatmeal pada saat sahur maka vitamin B16 tersebut mampu menginduksi serotonin yang akan membuat anda rileks setiap saat dan siap menjalankan puasa dengan baik.

Nah, itulah beberapa keuntungan jika anda mengkonsumsi oatmeal saat sahur. Maka dari itu mulai dari sekarang siapkan persedian oatmeal di rumah yang bisa anda dijadikan sebagai menu santap sahur.

Setelah mengetahui kelebihan megkonsumsi oatmeal saat sahur maka sebaiknya bagikan artikel ini kepada teman, saudara dan juga orang-orang terdekat anda agar mereka pun bisa mengetahuinya manfaat yang bisa didapatkan. Dan jangan lupa berikan komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook