Inilah Karnaval Darat dan Laut Besar Indonesia yang Masuk Rekor Dunia

Ada banyak cara memang untuk memperingati sebuah momen penting nan bersejarah terlebih itu bagi sebuah negara.

Dari sekian banyak cara dan peringatan yang cukup menarik untuk dilihat adalah perayaan HUT RI Ke-60 yang diadakan di Pontianak pada tanggal 22 Agustus lalu. Peringatan kemerdekaan yang digelar tersebut sangatlah mengesankan dan megah, jika biasanya anda melihat sebuah perayaan kemrdekaan berupa pawai rakyat biasa, ternyata Kota Pontianak punya caranya sendiri, yakni dengan menggelar sebuah perayaan besar yang bernama Karnaval Khatulistiwa.

Karnaval Khatulistiwa merupakan sebuah perayaan yang dilangsungkan untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia dengan beragam kegiatan dari mulai darat sampai air, dengan menampilkan kendaraan hias seperti kapal hias dan mobil hias di darat. Atraksi berupa formasi perahu-perahu hias menambah kemeriahan acara yang juga dibuka oleh Presiden Indonesia Jokowidodo ini, ada hingga 250 kapal yang turut melaju di atas air yang terdiri dari kapal-kapal besar milik TNI hingga kapal-kapal yang berukuran tidak terlalu besar namun memiliki ciri khas daerah seperti pinisi ataupun kapal khas Sulawesi yang bernama Banama Tambun Galang Petak Hasambuyan Belum. Banyak pula artis dari Ibukota yang hadir dalam acara tersebut dan turut memeriahkan perayaan yang sangat megah serta meriah tersebut.

03

Dengan berbagai macam jenis perayaan serta atraksi yang ditampilkan, ternyata Karnaval Khatulistiwa mendapatkan penghargaan sebagai kegiatan karnaval darat dan air terbesar di dunia. Acara Karnaval in diikuti oleh 24 Provinsi dengan jumlah peserta diperkirakan mencapai 3133 orang. Dengan jumlah yang terhitung besar tersebut ada juga perwakilan dari beberapa negara tetangga yakni dari Malaysia dan Singapura. Sebelumnya Karnaval Khatulistiwa ini baru saja akan menerima penghargaan dari MURI atau Musium Rekor Indonesia, namun penghargaan tersebut batal setelah informasi jika Karnaval Satu ini ternyata justru mendapatkan Penghargaan dari Musium Rekor Dunia.

Dengan melihat antusisme masyarakat serta orang-orang yang hadir di kala pelaksanaan karnaval itu, maka pemeritah sendiri bersama dengan panitia pelaksana mencoba mencanangkan jika nantinya pergelaran besar ini bisa menjadi sebuah acara tahunan yang mampu menjadi magnet bagi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Hal tersebut juga setidaknya bisa membantu program dari Pontianak yang hendak dijadikan sebagai lokasi wisata sungai, sebab di sana banyak sekali sungai-sungai besar yang sangat bagus dan keren untuk dijadikan sebagai lokasi kunjungan wisata menarik. Meskipun demikian untuk kegiatan HUT RI nya sendiri akan digelar secara bergiliran dari daerah ke daerh dengan konsep yang berbeda di tiap daerahnya, sehingga bisa memunculkan potensi dan keunikan setiap daerah masing-masing sesuai dengan slogan Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika, yang berarti berbeda namun tetap satu tujuan.

Inilah video teaser atau iklan promosi singkat dari perayaan Karnaval Khatulistiwa yang merupakan sebuah festival bagi perayaan HUT RI 60 di Pontianak 22 Agustus yang lalu. Mari simak di bawah ini.

Keren sekali bukan perayaan karnaval khatulistiwna yang diadakan di Pontianak tersebut? Karnaval yang dilangsungkan untuk peringatan HUT RI ke-60 tersebut memang luar biasa besar dan menariknya. Mari berbagi bersama rekan dan teman anda yang berada di media sosial menekan tombol share media sosial. Berikan pula komentar anda terkait dengan event dan perayaan yang sangat megah dan keren ini dengan memasukan komentar tersebut di bagian kolom yang tersedia di bagian bawah halaman ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook