Inilah Faktanya Mengapa Anda Harus Menghindari Minum Teh Ketika Sahur

Di saat bulan puasa biasanya konsumsi makanan dan minuman ketika sahur maupun berbuka menjadi kurang teratur dan cenderung menjadi kalap.

Dengan nafsu makan yang kurang terkontrol tersebut membuat anda menjadi kalap serta kurang berhati-hati dalam memilih asupan makanan yang baik ketika sahur atupun berbuka. Terkadang apa yang tersedia di meja makan anda makan dengan tidak memperhatikan apa yang menjadi kandungan dari makanan tersebut dan dampak apa yang akan didapat jika anda mengkonsumsinya.

Dari sekian banyak jenis makanan ataupun minuman salahsatu yang tidak disarankan dikonsumsi berlebihan adalah teh. Teh mungkin menjadi salahsatu minuman wajib, terlebih bagi para penggemarnya, teh juga dikenal sebagai salahsatu minuman yang banyak mengandung nilai kebaikan dan kesehatan yang cukup besar dan banyak. Jika dilihat kebiasaan minum teh terkadang menjadi salah kaprah dan kurang baik, seperti minum teh ketika selesai makan, padahal teh itu akan menetralkan nutrisi dari makanan yang telah anda konsumsi. Dengan kebiasaan yang salah tersebut, banyak justru yang menjadikannya kebiasaan sehingga menjadi salahsatu kebiasaan yang sebenarnya kurang baik untuk dilakukan. Mengkonsumsi teh juga perlu diperhatikan ketika memasuki bulan puasa, anda harus memperhatikan konsumsi anda terhadap teh apalagi ketika sahur. Faktanya minum teh saat sahur itu tidak disarankan, mengingat kandungan yang dimiliki oleh minuman teh tersebut yang kurang mendukung metabolisme anda ketika sedang berpuasa.

15-teh-sahur

Teh dikenal sebagai minuman yang bersifat diurektika yang artinya dengan mengkonsumsi teh secara besar dan banyak membuat anda lebih banyak dan mudah mengalami buang air kecil, mungkin secara kesehatan cukup baik, namun akan berbeda ketika berpuasa, sebab ketika berpuasa justru anda dituntut untuk memiliki cadangan dan simpanan air dalam tubuh yang cukup banyak sehingga terhindar dari dehidrasi ketika menjalankan ibadah puasa. Jika anda terlalu banyak buang air besar maka beberapa zat mineral yang diperlukan tubuh juga ikut terbuang, dan ketika berpuasa asupan itu mineral ikut berkurang dan tentunya akan berpengaruh tidak terlalu bagus untuk tubuh anda. Hal tersebut juga bisa mempengaruhi puasa anda yang akan terasa kurang optimal. Selain itu dengan mengkonsumsi teh produksi asam lambung bisa terdongkrak naik ketika perut dalam keadaan kosong

Sebenarnya minum teh tidak dilarang selama anda memperhatikan besarnya asupan teh saat berpuasa, ada baiknya anda mengkonsumsinya ketika berbuka, dan juga anda memperhatikan bagaimana tingkat kepekatan teh yang anda konsumsi tersebut dan juga kandungan gula di dalamnya jika anda mengkonsumsi teh manis. Akan lebih baik jika anda justru mengkonsumsi air putih saja ketika akanberpuasa. Jika dilihat secara fungsi memang teh memiliki kebalikan dengan air putih meskipun teh juga memiliki manfaat yang sangat besar dan telah terbukti di seluruh dunia. Bagi anda yang sudah kadung menjadi penggemar berat teh, anda bisa menyiasatinya dengan teh dengan menurunkan intesias kepekatan dan kandungan gulanya, selain itu anda juga menggantinya dengan mengkonsumsi jus buah yang dibuat secara alami tanpa menggunakan pemanis buatan, sehinga justru anda akan memperoleh nutrisi alami dari buah yang berserat dan sangat baik untuk metabolisme ketika berpuasa.

Demikianlah mengapa anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi air teh ketika sahur. Jangan lupa berbagi bersama dengan teman, keluarga dan sahabat anda. Tekan tombol share di bagian bawah artikel ini, anda juga bisa turt berkomentar dengan menambahkannya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook