Inilah Fakta yang Ada Di Balik Bau Amis Pada Ikan! Mari Lihat Berikut!

Anda pasti sudah sangat mengenal jika ikan atau berbagai jenis binatang air memiliki bau yang cukup khas, yakni bau amis.

Pada faktanya, ikan sendiri tidaklah memiliki bau amis ketika sedang berada di dalam air. setelah diangkat pun sebenarnya ikan dan binatang laut lainnya tidak memiliki bau amis yang seringkali tercium. Ketika daging ikan atau binatang laut tersebut masih segar dan beberapa saat diangkat dari air aroma amis tidak akan tercium. Aroma amis dari ikan dan binatang air tersebut akan mulai tercium setelah beberapa jam ikan tersebut berada di atas air dan bereaksi dengan udara di sekitarnya.

Pada dasarnya jika dibandingkan dengan daging-daging ada jenis binatang lainnya, maka ikan diketahui memiliki daging yang mudah busuk. Kandungan protein yang berbeda dari ikan dengan daging-daging hean lainnya yang membuat dagingnya cepat membusuk dan mengeluarkan aroma kurang sedap yang diketahui merupakan aroma amis. Dengan kandungan protein yang berbeda dengan daging lainnya, reaksi dari enzim dan juga bakteri dari ikan tersebut jugalah yang turut mempercepat proses pembusukan daging serta memicu munculnya aroma amis pada ikan tersebut.

08

Pembususkan atau dekomposisi ikan tersebut terjadi khususnya untuk senyawa amonia yang teradapat dalam tubuh ikan. Seperti yang diketahui amonia juga termasuk dalam senyawa yang memiliki bau atau aroma yang cukup peka untuk ditangkap olh hidung manusia. Meskipun demikian amonia yang termasuk ke dalam basa ini bisa dinetralkan oleh pengunaan asam. Oleh karena itu biasanya dalam teknik pengolahan ikan atau binatang-binatang air lainnya, seperti kerang atau udang, maka seringkali digunakan cuka atau air perasan jeruk lemon yang bersifat asam.

Secara garis besar daging ikan berbau amis karena memang mudah mengalami pembusukan. Tahukah anda jika pada dasarnya ikan itu memiliki sistem pencernaan yang begitu efektif dengan enzim yang dirancang untuk mencerna makanan yang mereka santap sebelumnya, sehingga ketika ikan tersebut diangkat dan diolah dengan kurang benar, enzim tersebut justru memicu dekomposi terhadap daging ikan dan muncul aroma amis ikan yang seringkali anda cium. Itulah sebabnya mengapa ikan seringkali diolah dengan mengeluarkan terlebih dahulu bagian dalam ikan yang menyimpan enzim tersebut.

Selain dengan berbagai hal di atas, salahatu yang membuat ikan berbau amis adalah karena ikan sendiri memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis-jenis daging lainnya. Dalam satu sisi, lemak tak jenuh ini sangatlah baik untuk dikonsumsi. Konsumsi lemak tak jenuh sendiri baik untuk kesehatan karena kandungan kolesterol yang rendah. Namun dengan segala kebaikannya, teryata lemak tak jenuh yang dimiliki ikan itu lebih mudah teroksidasi yang pada akhirnya akan menimbulkan bau tengik dan bau amis dari ikan yang hendak anda olah.

Oleh karena itu, pada dasarnya ikan sendiri memang merupakan sebuah bahan makanan yang harus segera anda olah berhubung jika didiamkan dalam waktu yang cukup lama justru akan membuat kualitas dagingnya jelek dan membusuk. Teknik penyimpanan dalam es, kemudian pemberian bumbu masak serta dibersihkannya organ dalam ikan menjadi langkah-langkah sederhana untuk mempertahankan kesegaran ikan dan menghindari bau amis ikan dalam waktu yang sedikit lebih lama.

Sudah tahu sekarang kenapa ikan itu memiiki bau yang amis? Silahkan beri tahu informasi mengenai fakta unik di balik bau amis yang dimiliki ikan ini kepada sahabat atau teman anda yang berada di media sosial hanya dengan menekan tombol share. Lanjutkan dengan mengisi terlebih dahulu kolom komentar yang sudah disediakan dengan tanggapan anda terhadap fakta mengenai bau amis tersebut.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook