Inilah Fakta Unik yang Ada Di Balik Sabun Mandi

Kegiatan membersihkan tubuh merupakan sebuah kegiatan yang mungkin bagian dari kewajiban sehari-hari kita.

Kegiatan membersihkan tubuh tidak hanya berkaitan dengan keindahan dan kebersihan tubuh kita, namun lebih jauh dari itu berkaitan juga dengan kesehatan tubuh kita masing-masing. Banyak sekali cara kita dalam kegiatan membersihkan tubuh, dan salahsatu yang paling umum adalah dengan mandi berlimau menggunakan air bersih dan juga sabun.

Sabun memang merupakan salahsatu hal yang paling berkaitan dengan kegiatan membersihakn tubuh. Dalam sejarahnya sendiri sabun sudahdipergunakan sejak berabad silam. Di masa awal-awal, sabun sendiri merupakan benda mewah yang tidak semua orang bisa mempergunakannya dan belum menjadi kebutuhan ketika membersihkan tubuh. Kini, sabun sendiri menjadi salahsatu barang yang menjadi kebutuhan dari stiap orang ketika membersihkan tubuh.

ff

Lebih lanjut mengenai sabun, berikut ini ada beberapa fakta terkait dengan sejarah dan juga penggunaan sabun dalam kegiatan sehari-hari. Penasaran? Silakan simak di bawah ini!

Sabun dan Sapo

Awal penciptaan sabun pertama kali ialah di sebuah gunung yang bernama Gunung Sapo. Gunung Sapo dikenal sebagai sebuah gunung yang seringkali menjadi lokasi pemotongan hewan kurban, yakni kambing, sehingga terdapat banyak lemak binatang di lokasi tersebut. lemak yang terbawa aliran air hujan menuju sungai kemudian membuat air sungai tersebut berbusa ketika digunakan utnuk mencuci baju. Di mulai saat itu banyak orang yang merasa jika pakaiannya lebih bersih dibandingkan sebelumnya. Proses pembuatan sabun pun kini dikenal dengan istilah saponifikasi, yakni dengan mencampurkan minyak nabati dan lemak sebagai bahan dasar, kemudian ditambahkan dengan garam asam lemak.

Opera Sabun

Mungkin anda seringkali mendengar opera sabun sebagai istilah bagi sinetron atau acara drama bertema melow atau sedih. Dalam era tersebut sabun seringkali digunakan sebagai sponsor dalam acara-acara tersebut, sehingga acara melow dan sedih hingga saat ini seringkali mendapat julukan opera sabun.

Sabun ASI

Salahsatu sabun yang mungkin unik yang pernah dibuat adalah sabun dengan bahan pembuatan utama ialah air susu ibu (ASI). Sabun yang terbuat dari ASI ini dibuat dan populer di China. Sabun tersebut dibuat dengan membayar banyak sekali ibu-ibu yang sedang menyusui dan masih meproduksi ASI. Sabun ini dipercaya mampu melembutkan dan juga mencerahkan kulit, sehingga sangat populer sebagai salahsatu produk kecantikan.

Sabun Termahal Di Dunia

Sabun termahal di dunia diproduksi oleh The Bader Hassoun and Sons Soap yang berasal dari Lebanon. Sabun yang dijual dengan harga mencapai USD 2800 ini terbuat dari beragam bahan alam yang berkualitas dan berharga selangit, silahkan saja simak komposisinya yang mengandung butiran berlian, debu emas murni, minyak zaitun dan madu murni. Dengan campuran bahan-bahan berkualitas tersebut, sabun yang disebut-sebut sebagai yang paling mahal ini memiliki ukuran hanya 160 gram saja.

Sabun Batangan dan Sabun Cair

Kini kita mengenal adanya sabun cair ataupun batangan, sabun batangan dikenal lebih mudah menjadi tempat perkembangan bakteri dibanding dengan sabun cair. Potensi untuk menjadi sarang bagi berbagai bakteri juga lebih rentan dibandingkan dengan sabun cair.

Demikianlah fakta seputar sabun yang seringkali anda gunakan sehari-hari untuk membersihkan bagian-bagian tubuh anda yang kotor. Silahkan anda berbagi dengan teman dan sahabat anda yang lainnya di media sosial yang anda miliki, cukup tekan tombol share yang berada di bagian bawah artikel untuk mulai membagikannya. Silahkan juga berikan komentar anda terhadap artikel mengenai sabun ini dengan mengisi kolom yang sudah disediakan pada bagian bawah artikel ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook