Inilah Fakta Unik Seputar Bersin yang Bisa Anda Ketahui

Salahsatu reaksi tubuh yang normal kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah bersin.

Bersin merupakan salahsatu reaksi yang diberikan oleh tubuh ketika ada rangsangan khusus yang menyebabkan tubuh memberikan reaksi spontan untuk membersihkan salurannya dari benda-benda berbahaya termasuk virus dan bau aneh yang datang.

Banyak sseklai fakta-fakta unik yang sebenarnya ada di balik reaksi tubuh bernama bersin ini. salahsatu yang menarik adalah fakta jika kecepatan bersin itu sangat mengagumkan, kecepatan udara yang keluar dari rongga mulut saat kita bersin itu bisa mencapai 100 mil perjamnya bahkan bisa lebih dari itu hingga 160 mil perjamnya. Dengan kecepatan yang terhitung sangat mengagumkan tersebut, di saat itu juga anda mampu mengeluarkan hingga 100 ribu kuman ke udara.

30-fakta-bersin

Ada bayak faktor yang sebenarnya dapat memicu timbulnya bersin, reaksi umum seperti alergi adalah hal yang lumrah, selain itu debu sebagai benda asing yang tiba-tiba masuk ke dalam hideung menyebabkan mekanisme tubuh memberikan penolakan spontan. Selain itu ternyata kelelahan yang mendera tubuh anda serta kegiatan anda mencabuti bulu alis bisa juga memicu timbulnya bersin. Pada saat lelah sendiri hidung dan mulut akan kering dan pada sat kondisi demikian hideung memproduksi lendir berlebih yang kemudian memicu timbulnya reaksi bersin, sedangkan untuk kegiatan mencabuti bulu, ternyata bulu alis sendiri memiliki saraf-saraf yang ternubung menuju ke saluran hidung yang akan berakhir pada bersin.

Berbicara lebih lanjut mengenai bersin, salahsatu hal yang cukup menarik dilihat adalah ketika bersin terkadang ada yang masih mencoba menahannya, padahal bersin merupakan sebuah gejala reaksi tubuh yang tidak bisa dikendalikan, dan jika ditahan dengan kecepatan yang dimilikinya tentunya akan cukup memberikan efek yang cukup buruk bagi tubuh. Bisa dibayangkan, dengan kecepatan bersin yang hampir setara dengan kecepatan lari cheetah, anda mencoba menahannya, maka justru hal tersebut bisa membuat hal-hal buruk terjadi.

Beberapa hal buruk yang bisa terjadi jika anda mencoba menahan bersin antara lain adalah mimisan, pecah gendang telinga, bahakn di kejadin terburuk anda bisa mengalami patah tulang rawan pada hidung karena tekanan yang dialami, hingga retina mata yang terlepas karena saking kuatnya bersin yang anda tahan tersebut. Kuatnya bersin juga diketahui mampu membuat tulang iga anda retak. SAtu hal yang bisa anda lakukan ketika bersin, yakni anda bisa membiarkan, dan jangan menahannya, usahakan juga menutup mata ketika bersin, kerna jika memaksakan terbuka, justru bisa membuat retina mata anda terlepas, dan tentunya hal tersebut bisa membuat masalah yang sangat serius.

Satu-satunya waktu yang membuat anda tidak bisa mengalami bersin adalah di kala sedang tidur. Pada sat tidur anda tidak mungkin mengalami bersin sebab pada saat yang bersamaan saraf-saraf yang menerima rangsangan untuk bersin pada bagian rongga hidung ternayat juga tertidur, sehingga tidak memungkinkan bagi tubuh untuk kemudian memberikan respon berupa udara yang terpompa keluar. Oleh karena itu anda tidak mungkin bersin ketika sedang tidur.

Bagaimana? Apakah mash berniat untuk mencoba menahan diri ketika akan bersin? Jika melihat bahayanya sebaiknya jangan coba anda lakukan. Mari bagikan info yang sangat bermanfaat ini dengan teman dan sahabat anda dengan menekan tombol share di bagian bawah artikel ini. Anda juga bisa memberikan pendapat mengenai fakta seputar kecepatan bersin yang ternyata sangat luar biasa itu dengan menambahkannya dalam kolom yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook