Inilah Fakta Unik Dibalik Kedipan Mata yang Harus Kamu Ketahui

Ada banyak hal unik dan menarik untuk digali dan terkadang seakan dianggap tidak penting untuk diketahui padahal itu merupakan hal dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Salahsatu yang mungkin cukup menarik untuk diketahui adalah mengenai organ mata. Mata merupakan sebuah organ yang terhitung sangat penting di tubuh kita, namun justru paling sering kita lupakan dan anggap remeh. Padahal ketika mata sudah mulai berjalan tidak sesuai dengan fungsinya barulah kita merasakan jika adanya mata ini memanglah sangat teramat penting.

Berbicara lebih lanjut mengenai mata, maka salahsatu aktivitas yang secara umum mungkin dilihat sebagai hal biasa dan tidak terlalu dilihat sebagai hal penting adalah mengedip. Kegiatan mata yang berkedip justru bisa menjadi salahsatu indikator dari mata yang sehat dan baik. Mata berkedip sendiri merupakan sebuah aktivitas alami dan natural yang dimiliki tubuh dalam rangka menjaga kelebaban dari kornea mata kita sehingga tetap berfungsi dengan baik dan tidak mengalami iritasi. Dari mata dan kedipannya terkadang kita bisa membaca mengenai seseorang, entah itu di kala ia sedang merasa sedih, senang atau ketika ia grogi dan juga berbohong.

01

Dengan fungsinya dan manfaatnya yang begitu besar, ada beberapa fakta unik yang berada di balik berkedipnya mata kita. Berikut adalah fakta unik dibalik kedipan mata. Simak di bawah ini!

Kedipan Dipengaruhi Sebuah Kondisi dan Menjadi Petunjuk

Kedipan ternyata justru dipengaruhi oleh rangsangan dan sebuah kondisi dan bisa menunjukan keadaan dari orang yang berkedip itu sendiri. Pada kondisi yang cemas, gelisah, takut dan sebagainya, maka anda akan menemukan jika pada saat itu konsisi kedipan mata anda akan lebih cepat dari biasanya. Reaksi sebaliknya akan anda dapatkan kala anda sedang berada di dalam kondisi yang menuntut fokus tingkat tingi, maka kondisi mata akan merespon dengan jarangnya berkedip agar bisa lebih faokus menangkap informasi secara visual.

Wanita Mampu Mengatur Kedipan Matanya

Dalam keadaan normal manusia mampu berkedip sejumlah 15000 kedipan setiap harinya, jumlah tersebut dihitung berdasarkan situasi normal. Namun faktanya perempuan apalagi yang sedang berada dalam kondisi KB maka jumlah kedipan matanya akan lebih banyak ketimbang laki-laki dalam kondisi normal, belum lagi jika ia berada di dalam kondisi yang gelisah serta memliki tekanan. Berbeda dengan bayi yang hanya berkedip selama 2 kali selama satu menit saja, bandingkan dengan orang dewasa dalam keadaan normal bisa berkedip rata-rata 15 kali per 4 detik.

Sistem Wiper Diilhami Kedipan Mata

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan teknologi wiper yang berada digunakan dalam teknologi mobil. Robert Kearns sang inovator terilhami dan beranggapan jika sistem yang dilakukan oleh mata kita sat terkena oleh benda asing yang berpotensi membuat kotor, maka dengan cepat mata akan berkedip dalam rangka melembabkan mata kita. Begitu pula wiper yang berfungsi membersihkan kotoran di bagian kaca mobil sehingga kaca kembali bersih dan berfungsi secara lebih normal hal ini ditemukannya di tahun 1953 tepatnya pada saat malam pernikahannya.

Bagaimana apakah anda sudah tahu fakta-fakta unik dan menarik di balik kedipan mata? Anda juga bisa berbagi ilmu dengan teman dan sahabat anda mengenai fakta unik dan menarik di balik kedipan mata yang secara alami pasti terjadi pada manusia ini kepada teman serta sahabat anda di media sosial. Cukup tekan tombol share media sosial yang berada di bagian bawah artikel utnuk membagikannya. berikan pula komentar seputar fakta unik kedipan mata ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook