Inilah Fakta Seputar Tidur Siang yang Penting Untuk Anda ketahui!

Apakah anda salahsatu orang yang tidak percaya dan merasa sangsi dengan pengaruh baik dari tidur siang?

Masih banyak yang mengaggap jika tidur siang itu merupakan kegitan yang sebenarnya tidak memiliki manfaat apa-apa dan hanya pas dilakukan oleh anak-anak atau orang yang malas bekerja, namun faktanya justru sebaliknya tidur siang merupakan sebuah kegiatan yang sangat berguna dan memiliki banyak sekali manfaat baik bagi tubuh seseorang.

Selain karena alasan malas sebagian besar orang merasa tidak perlu melakukan tidur siang karena banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan dan merupakan seorang pekerja kantoran sehingga jika tidur siang khawatir pekerjaan akar tercecer dan tidak bisa dikerjakan sesuai dengan waktu. Alasan tersebut juga sebenarnya kurang tepat sebab pada faktanya tidur siang yang baik merupakan tidur siang yang hanya sebentar dan tidak terlalu lama.

02

Tidur siang sendiri merupakan sebuah rutinitas yang santat bermanfat jika dilakukan dengan tepat dan tidak berlebihan, jika banyak orang yang tidur siang kemudian tidur hingga berjam-jam lamanya, maka justru akan memiliki efek buruk pada akhrinya. Tidur siang yang baik hanya berkisar 10 sampai 30 menit saja.

Berbicara mengenai tidur siang, lantas sebenarnya kebaikan atau manfaat apa yang bisa kita dapatkan dari melakukan tidur siang? Menjawab pertanyaan tersebut, sejumlah penelitian terkait tidur siang dilakukan dan hasilnya menunjukan jika tidur siang memiliki kebaikan antara lain meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kreativitas, meningkatkan kinerja otak, menambah konsentrasi, produktivitas, semangat, hingga bisa meredakan stress yang sedang dialami. Dalam waktu yang cukup singkat tersebut anda akan mendapatkan manfaat optimal dari tidur siang. Ketika anda tidur dalam waktu 10 menit kinerja otak mulai meningkat dan ketakutan serta stres mulai hilang, 20 menit kemudian konsentrasi anda akan meningkat terlebih jika pekerjaan anda mengaharuskan konsentrasi tingkat tinggi seperti berhitung, setelah 30 menit tidur anda akan merasa lebih segar dan juga lebih waspada. Semua kebaikan tersebut memang tidak serta merta langsung dirasakan ketika terbangun, namun pada beberapa jam setelahnya anda baru akan merasakan pengaruh kebaikan yang diberikan oleh tidur siang yang sudah anda lakukan.

Seringkali menjadi salah kaprah adalah ketika anda tidur siang kemudian melakukannya hingga melebihi waktu optimalnya, sebab ketika anda terlanjur tidur siang dan melebihi waktu optimal tersebut maka anda akan masuk ke dalam tidur anda secara lebih mendalam dan sulit untuk kemudian bangun dan meninggalkan tidur itu sendiri, selain itu juga bisa menimbulkan perasaan buruk dan gelisah. Mungkin perasaan buruk itu pernah anda sendiri alami ketika melakukan tidur siang secara berlebihan.

Menyadari efek yang ditimbulkan oleh tidur siang, maka beberapa perusahaan sudah mulai memberikan ruangan khusus bagi karyawanya untuk sekedar tidur siang selama paling lama 30 menit saja. Tentunya hal tersebut juga berpengaruh baik terhadap kinerja para pegawainya dan secara tidak langsung berpengaruh pada peningkatan perusahaan. Penelitian lainnya terkat dengan pekerjaan juga menyebutkan jika mencoba mekasakan kerja di siang hari saat tubuh lelah justru malah tidak baik dan hasil yang didapatkan tidak optimal.

Sudah sadar bagaimana efek positif yang didapatkan dari tidur siang? Mari bagikan informasi unik dan menarik mengenai fakta-fakta tidur siang yang tidak anda sadari sebelumnya. Tekan tombol share dan bagikan melalui saluran media sosial anda. Jangan lupa juga untuk berbagi komentar seputar fakta tidur siang ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook