Inilah Fakta Seputar Tanaman Kecil Bernama Lumut yang Harus Anda Ketahui!

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sebuah tanaman kecil berwarna hijau yang seringkali hidup di lokasi lembab bernama lumut.

Secara bentuk lumut memang berbeda dengan tanaman lainnya, sebab ia tidak memiliki bunga, daun atupun biji. Meskipun demikian ketahanan lumut sebagai tumbuhan itu sangatlah mengagumkan, sebab lumut mampi hidup jauh sebelum tumbuhan lainnya tumbuh di suatu tempat atau lokasi, oleh karena itu tumbuhan lumut juga dijuluki sebagai tumbuhan pelopor. Lumut hidup dengan cara berkoloni sehingga tidaklah heran ia mampu menjaditumbuhan pelopor. Dengan berkoloni maka jangkauan hidup dari lumut akan sangat luas.

Dengan bentuk yang kecil ternyata anda tidak bisa serta merta mengenggap kecil juga kemampuan serta manfaat lumut bagi kehidupan manusia, sebab dengan tubuhnya yang kecil lumut tetap mampu memberikan sejumlah besar manfaat. Mau tahu manfaat apa saja yang bisa diberikan lumut bagi kehidupan manusia, simak beberapa manfaat dari tumbuhan lumut di bawah ini!

11

Lumut Menjadi Kompas Alami

Bagi anda yang gemar naik gunung mungkin teknik ini bisa anda gunakan sebagai salahsatu langkah untuk mengetahui arah jika tidak memiliki alat petunjuk arah seperti kompas. Tumbuhan lumut biasanya hidup dan tumbuh di lokasi yang sedikit terkena matahari dan lembab, oleh karena itu biasanya lumutbisa hidup di bagian sebelah barat, sehingga jika anda mencari patokan arah, anda bisa mencari lumut dan melihat lokasi ia berkembang, biasanya terdapat pada salahsatu sisi batu ataupun batang pohon.

Lumut Sebagai Obat

Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika lumut bisa dijadikan sebagai obat bagi beberapa jenis permasalahan kesehatan, sebut saja untuk mengobati penyakit mata serta kulit yang paling jamak diketahui. Selain itu beberapa jenis lumut juga diketahui memiliki kandungan yang baik untuk membantu proses penyembuhan dari penyakit liver atau hati, kemudian kanker, hepatitis, menghilangakan bisa gigitan ular dan berbagai jenis gangguan kesehatan lainnya. Meskipun demikian anda harus mengetahui jenis penyakit serta jenis lumut apa yang kemudiaan cocok dan bisa dipakai untuk menangani penyakit tersebut.

Lumut Menyimpan Cadangan Air

Tahukah anda jika tanaman lumut itu mampu menjdai penyerap air yang baik di kala musim hujan tiba dan menjadi tempat cadangan air di kala musim kemarau? Ya kemampuan lumut yang bisa seperti spons itulah yang membuat tanaman kecil ini menjdai begitu begitu berguna dan menjadi penyelamat bagi lingkungan sekitar hutan tempatmnya hidup untuk menyimpan cadangan air.

Lumut Mencegah Banjir dan Juga Erosi

Tahukah anda jika lumut mampu tampil sebagai penyelamat bagi kelangsungan kehidupan sekitarnya. Dengan adanya lumut tanah yang ditumbuhinya cenderung menjadi lebih padaat daripada tanah yang gundul, sehingga hal tersebut membuat tanah tersebut tidak mudah terkena erosi. Selain engan meminimalisir potensi erosi lumut juga diketahui bisa menangkal bahaya banjir, bagaimana tidak kemampuannya sebagai penyerap air karena bersiat seperti spons membuat tanaman ini begitu mudahnya menyerap air yang ada di atasnya dan menyimpannya cadangan untuk digunakan di musim kemarau nanti.

Demikianlah fakta yang ada di balik tanaman kecil berwarna hijau yang terbiasa tumbuh di lingkungan lembab tersebut. Dengan memanfaatkan kehadiran lumut kini anda memiliki alternatif petunjuk arah yang bisa anda gunakan di kala sedang berada di alam bebas dan tidak memiliki alat petunjuk alat apapun. Silahkan beritahu teman anda dengan cara berbagi artikel satu ini. Tekan saja tombol share yang berada pada bagian bawah artikel, kemudian anda lanjutkan dengan memberikan komentar di kolom yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook