Inilah Fakta Mengenai Hiu yang Harus Anda Ketahui

Anda Pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan predator bawah air bernama hiu.

Ikan hiu kerap disebutkan dan diketahui sebagai salahsatu predator pemangsa bawah air yang sangat ganas, bahkan banyak sekali film yang dibuat untuk menggambarkannya. Menurut informasi memang ikan hiu dikenal seringkali menyerang manusia, namun dengan persentase yang tidak terlalu besar, dalam setahunnya diperkirakan hiu hanya menyerang atau dapat membunuh manusia hanya dengan jumlah 12 orang saja, namun hal sebaliknya justru manusia yang banyak membunuh hiu bahkan hingga 11,417 ekor setiap tahunnya. Biasanya ikan hiu tersebut dibunuh unutk menjadi bahan konsumsi orang-orang, baik dagingnya hingga bagian siripnya yang sangat terkenal dan berharga ahal.

Sebenarnya banyak sekali spesies hiu yang berkembang dan hidup di seluruh belahan dunia ini. dari berbagai jenis tersebut diketahui jika ternyata ada beberapa jenis hiu yang tidak memangsa ikan atau bahkan manusia, hiu tersebut diketahui hidup dengan memakan plankton saja, hiu yang hanya memakan plankton tersebut dijuluki sebagai hiu paus. Meskipun demikian tetap ada jenis-jenis hiu yang memang memiliki kemampuan memangsa dan membunuh ikan, hngga manusia.

08-ikan-hiu

jika anda bertemu dengan hiu pemangsa maka mungkin keajaiban yang akan menyelamatkan anda, sebab diketahui beberapa jenis hiu memang dilahirkan sebagai pemburu ulung dengan segala kelebihan baik dari segi bentuk tubuh, hinnga mekanisme geraknya. Perlu diketahui jika bagi seekor hiu pemangsa, ia bisa mendeteksi mangsanya hanya dengan memabui setetes darah pada sebuah area kolam seluas 50 x 25 meter atau seluas kolam olimpiade. Selain itu daya kejar dan renang hiu sendiri memang diketahui sangat fantastis, kecepatan renang tercepat yang diketahui dimiliki oleh seekor hiu diketahui mencapai 100km/jam. kecepatan tersebut melebihi kecepatan mobil porsche. Hiu yang diketahui memiliki kecepatan mengagumkan tersebut berjenis hiu Shortfin Mako.

Dari seluruh bagian tubuh hiu, yang cukup mencolok adalah bagian giginya. Hiu diketahui memiliki gigi yang sanagt tajam dan runcing, gigi-gigi tersebut terlihat sangat menyeramkan dan sangat berguna ketika dipakai untuk membunuh. Namun meskipun diketahui memiliki gigi-gigi yang sangat tajam dan menegrikan, ternyata gigi tersebut sangat mudah lepas dari mulutnya, dengan kondidi tersebut ikan hiudiketahui dapat kehilangan hingga 6000 buah giginya hanya dalam waktu satu tahun. Meskipun ia dengan mudah kehilangan gigi, pertumbuhan gigi hiu juga tergolong sangat cepat dan mengagumkan, sebab seekor hiu hanya butuh waktu 24 jam saja hanya untuk menumbuhkan kembali giginya yang hilang atau lepas dari mulutnya.

Hal tersebut menjadi keunika tersendiri bagi hewan pemangsa yang satu ini, karena memang gigi hiu diketahui sebagai alat utama untuknya mencari mangsa, meskipun memang pada beberapa hiu ada juga yang menggunakanbagian ekornya untuk memukul ikan-ikan kecil dan plankton yang kemudian ia makan dan konsumsi.

Meskipun diketahui jika hiu merupakan salahsatu pemangsa yang menakutkan di laut tetapi ternyata justru hiu lah yang membutuhkan pertolongan manusia, sebab pada faktanya kini, justru manusialah yang menjadi predator menakutkan bagi ikan hiu ini.

Bagaimana? Sudah tahu fakta mengenai gigi-gigi tajam dan menyeramkan yang terdapat pada ikan hiu? Jangan lupa untuk berbagi pengetahuan melalui artikel tersebut bersama dengan teman dan kerabat anda dengan menekan tombol share di bagian bawah. Anda juga bisa memeberikan komentar mengenai fakta ikan hiu tersebut dengan cara memasukan pendapat anda dalam kolom komentar yang disediakan di bagian bawah.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook