Inilah Fakta Mengapa Kuda Nil Selalu Berendam Dalam Air

Kuda nil tergolong ke dalam hewan mamalia, yang mana hewan ini memiliki ukuran tubuh yang besar dan berat.

Bahkan kerana ukurannya inilah kuda nil sering disebut sebagai hewan terbesar kedua sesudah gajah.

Ukuran tubuh kuda nil bisa mencapai tinggi 2 meter dan panjang antara 4 bahkan sampai 6 meter. Selain itu bobot atau berat tubuhnya bisa mencapai 2.000 kg. Apalagi kulit kuda nil yang dianggap tebal, sehingga dengan begitu akan semakin menambah bobot tubuhnya. Kuda nil merupakan hewan asli benua Afrika, namun saat ini keberadaannya bisa kita temukan bahkan hampir di seluruh dunia.

FAKTA-KUDA-NIL

Kuda nil biasanya menghabiskan waktunya untuk berendam di dalam air, seperti misalkan rawa atau sungai. Hal ini bertujuan agar kulitnya tetap dalam keadaan dingin. Kuda nil merupakan hewan yang hidupnya berkelompok dengan hewan yang lainnya. Bahkan ketika berendam pun mereka bersama-sama. Ketika berendam, awalnya kulit kuda nil berwarna abu-abu, namun sekilas akan berubah seperti merah muda. Yang mana hal ini disebabkan karena kulit kuda nil mengeluarkan cairan yang dianggap memiliki fungsi sebagai tabir surya, dan memang pada kenyataannya kuda nil tidak akan sanggup apabila terlalu lama terkena panas matahari.

Karena tidak tahan panas inilah yang menyebabkan kuda nil selalu berendam di dalam air. Bahkan setengah harinya digunakan untuk itu. Oleh karena kebiasaannya tersebut, kuda nil sering dianggap sebagai hewan pemalas.

Selain memiliki warna kulit yang selalu berubah-ubah, ternyata kuda nil juga dapat menyemburkan gas dari dalam mulutnya ketika mereka berendam. Hal ini disebabkan karena lubang yang dikhususkan untuk buang angin pada kuda nil sangat kecil.

Selain memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, kuda nil juga memiliki wajah yang menyerupai hewan buas. Kuda nil memiliki bentuk mulut yang lebar dan besar, juga terdapat gigi pada bagian atasnya. Namun, meskipun terlihat buas dan menyeramkan, tetapi kuda nil adalah hewan herbivora atau hewan yang biasanya mengkonsumsi tumbuhan sehingga tidak akan membahayakan orang.

Ketika musim kawin tiba, biasanya kuda nil akan menarik perhatian pria yang mana nantinya bisa melakukan perkawinan. Namun, jika terdapat dua hewan jantan yang merebutkan betina, maka mereka pun akan bertarung

Untuk mengalahkan lawannya di dalam pertarungan, biasanya kuda nil menggunakan giginya dan dijadikan sebagai senjata. Ketika bertarung mereka akan bertarung sampai berdarah hinggamenuggu salah satunya pergi di wilayah tersebut. Dan ketika itulah akan terlihat bahwa kuda nil adalah hewan yang kuat.

Ketika berkembang biak, kuda nil betina bisa melahirkan anak atau bayi satu ataupun dua hanya dalam setu kali perkawinan saja. Kuda nil pun termasuk ke dalam hewan yang memiliki populasi cukup banyak, yang mana ini disebabkan karena kuda nil adalah hewan yang mampu bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama, terkecuali apabila di mangsa oleh hewan predator lainnya seperti singa dan buaya. Namun, biasanya hewan tersebut tidak akan memakannya karena kuda nil memiliki kulit yang berat dan tebal

Demikian fakta menarik tentang kuda nil. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Share artikel ini kepada teman-teman anda yang ada di twitter atau di facebook caranya dengan menekan atau mengklik tombol share. Tambahkan atau berikan juga komentar anda pada kolom yang sudah kami sediakan di bawah ini.

                                     

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook