Inilah Fakta Menarik Gigi, Yuk Simak!

Seperti yang telah kita ketahui semua, gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang terletak di dalam rongga mulut kita.

Gigi memiliki fungsi untuk mengunyah atau melumatkan makanan yang masuk ke dalam mulut kita agar lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan dalam tubuh. Gigi merupakan organ yang sangat penting keberadaannya, karena selain untuk melumatkan makanan gigi adalah salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan kita. Gigi yang putih dan sehat akan membuat penampilan kita menjadi lebih cantik. Dan bisa anda bayangkan sendiri jika gigi anda hitam dan tidak sehat, maka penampilan anda pun menjadi tidak menarik.

Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Hal itu dilakukan demi untuk menghindari masalah yang akan menghampiri. Dimana untuk menjaganya cara paling sederhana yang bisa dilakukan yaitu dengan menggosok gigi sebanyak dua kali dalam sehari, serta bisa memeriksakan gigi ke dokter gigi dalam beberapa bulan sekali.

Fakta-gigi1

Namun pada kenyataannya sebarapa banyak usaha kita untuk menjaga kesehatan gigi, terkadang masalah tetap saja akan selalu mengampiri seperti misalkan sakit gigi dan lain sebagainya. Masalah yang menyerang gigi tersebut terkadang akan membuat gigi menjadi berlubang dan menimbulkan rasa sakit yang menyiksa, membuat kita tidak bisa tidur atau bahkan akan menjadi malas makan. Masalah yang menyerang gigi tersebut biasa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti misalkan karena faktor usia, makanan atau minuman.

Meskipun sakit gigi menyiksa dan akan menghambat dalam melakukan rutinitas sehari-hari, tetapi justru tidak banyak penderitanya yang pergi ke dokter untuk menyembuhkannya. Dimana mereka biasanya lebih memilih mengobatinya dengan obat alami atau membeli obat penghilang rasa sakit yang ada diapotek, atau bahkan mereka lebih memilih untuk menahan rasa sakit yang dirasakan untuk beberapa hari, minggu atau berbulan-bulan.

Tahukah anda? Ada fakta menarik yang perlu kita ketahui dari gigi. Dimana organ yang selama ini kita gunakan untuk melumatkan makanan ternyata ia merupakan satu satunya bagian tubuh yang tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri berbeda halnya dengan organ-oragan yang lainnya. Dan hal tersebut bisa anda buktikan sendiri ketika gigi anda patah maka gigi tidak akan tumbuh lagi. Mengapa demikian?

Nah, seorang professor biomaterials dari Universitas Oslo Norwegia mengadakan sebuah penelitian untuk mengklarfikasi hal ini. Dan hasilnya ia menemukan bahwa sel adalah bagian yang akan memulai proses penyembuhan kembali dalam tubuh kita, dan enamel gigi terdiri dari mineral sebanyak 90 persen, serta sedikit protein dan mengandung sangat sedikit sel-sel.

Penelitian pun menunjukan bahwa gigi hanya dapat melakukan sedikit perbaikan karena sel-sel yang dikandungnya pun sedikit, bahkan perbaikan ini tidak akan bisa dilakukan jika sudah mencapai mahkota gigi. Namun kebanyakan perbaikan yang dapat dilakukan yaitu kerusakan gigi yang disebabkan oleh makanan atau minuman, contahnya misalkan kerusakan yag disebabkan karena minuman asam.
Nah, mengingat seperti itu maka kita harus bisa lebih menjaga gigi kita dengan baik, perhatikanlah kesehatannya dan hindari hal-hal yang akan menyebabkan gigi kita mengalami masalah.

Itulah fakta menarik dari gigi yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan kepada saudara, sahabat, teman dan orang-orang terdekat anda dengan cara klik tombol share. Jangan lupa pula untuk memberikan komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook