Inilah Fakta Di Balik Suara Seruling di Pantai Klayar, Jawa Timur

Pantai kelayar merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit para wisatan, baik itu wisatawan asing atau lokal.

Pantai Klayar, Pacitan merupakan salah satui pantai indah yang berada di kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Di sepanjang pantai Klayar, terdapat pasir berwarna putih dengan tekstur yang begitu lembut. Para pengunjung dapat melihat pemandangan yang begitu indah di pantai ini. Di bagian barat pantai terdapat sebuah bukit dengan pemandangan ke arah laut lepas. Sedangkan di bagian timur, terdapat batu karang yang unik.

Pantai Klayar bukan pantai yang cocok untuk berenang seperti pantai pada umumnya, namun pantai yang satu ini sangat cocok dinikmati keindahan alam atau pemandangannya. Faktanya, selain memiliki psona keindahan pantainya, pantai yang satu ini juga menyimpan berbagai macam fakta unik di dalamnya, yang mana salah satunya yakni fenomena yang biasanya disebut dengan seruling samudera.

FAKTA-PANTAI-KLAYAR

Pantai Kalayar ini berada 35 km arah barat dari kota Pacitan. Di pantai Klayar ini terdapat sebuah lubang berukuran kecil, dimana lubang ini bisa menyemburkan air dengan jangkauan yang cukup tinggi. Bahkan kabarnya, fenomena yang satu ini dapat mengeluarkan bunyi seperti suara seruling. Awalnya banyak orang yang merasa aneh dari mana asal suara seruling ini, bahkan mungkin ada beberapa orang yang mengaitkan fenomena ini dengan hal mistis. Namun, setelah diselidiki lebih lanjut lagi ternyata suara seruling ini berasal dari angin yang mengikuti deburan ombak melalui celah-celah batu karang. Sehingga dengan begitu, suara tersebut akan keluar begitu indah.

Banyak orang yang merasa penasaran untuk melihat fenomena unik. Berdasarkan warga setempat, suara unik tersebut bisa ditemukan saat air laut mulai pasang, yakni pada pukul sembilan pagi sampai pukul empat sore. ketika itu, air akan menyembur keluar melalui lubang kecil tersebut, ketika air ombak masuk ke dalam celah kecil yan terdapat di batu karang, semburan yang dikeluarkan menjulan begitu tinggi.

Fenomena yang terjadi ini tentunya sangat menakjubkan sekali bukan? Bahkan yang lebih menkajubkan lagi yaitu, akibat semburan air laut ini kita bisa menyaksikan pendaran cahaya pelangi yang begitu indah nan cantik. Ketika ombak sedang pasang, air laut yang akan keluar dari lubang ini bisa mencapai ketinggian 15 merer. Ketika ombak sedang tinggi dan besar, para pengunjung pun dilarang untuk memasuki kawasan ini karena akan sangat membahayakan. Sehingga ketika mengunjungi tempat ini kita hanya bisa menyaksikannya dengan arah kejauhan.

Menurut warga setempat, air mancur atau seruling samudera ini telah ada sejak zaman dahulu. namun, penamaan seruling samudera ini baru disematkan saat Dinas Pariwisata mengelola pantai yang satu ini pada 2004 silam. Fenomena ini merupakan salah satu daya tarik pantai Klayar. Untuk membuktikannya, anda bisa langsung mengunjungi pantai ini.

Banyak sekali fenomena yang bisa kita temukan di bumi ini. Dimana fenomena tersebut akan membuat semua orang takjub dan menyadari begitu besar sekali kekuasaan Tuhan. Setelah mengetahui fakta sebenarnya, maka tidak ada salahnya jika anda membagikan kepada teman-teman anda yang ada di facebook atau di twitter agar mereka pun tahu kebenarannya, caranya dengan mengklik tombol share. Berikan juga komentar atau pendapat pada kolom yang sudah kami sediakan di bawah ini.

 

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook