Inilah Dia 5 Menara Tertinggi Di Dunia Saat Ini

Menurut sejarah bangunan menara sendiri telah dibuat oleh nenek moyang kita sejak zaman megalitikum, di mana menyusul ditemukannya menara batu bundar yang dianggap sebagai yang tertua di dunia.

Menara biasanya memliki fungsi yang sangat banyak dan penting, meskipun tujuan utama dari pembangunan menara adalah untuk kepentingan memelihara ruang dan tanah.

Inilah Dia 5 Menari Tertinggi Di Dunia Saat Ini

Berikut adalah 5 bangunan menara yang memeiliki predikta tertinggi di dunia.

5. Menara Oriental Pearl (Shanghai, Tiongkok)

Pengerjaan menara yang memiliki ketinggian mencapai 468 meter ini dimulai sejak tahun 1991, dan selesai pada tahun 1995. Dengan ketinggian yang cukup menjulang tersebut menara ini dikatakan sebagai salahsatu dari menara-menara yang paling tinggi di dunia dan merupakan menara paling tinggi ke 2 di wilayah Asia. Menara Oriental Pearl atau Mutiara Timur ini difungsikan untuk beberapa kepentingan, yakni seperti menara komunikasi, hotel, tempat observasi hingga restoran. 

 

4. Menara Ostankino (Moskow, Rusia)

Dibangun antara tahun 1963 hingga 1967, menara Ostankino ini berdiri menjulang sebagai menara televisi dan radio. Dengan ketinggian yang mencapai 540 meter, menara ini memiliki predikat sebagai salahsatu menara tertinggi di dunia pada posisi ke 4. Pada tahun 2007 menara ini mengalami sedikit perombakan pada bagian antena sehingga menambah tinggi dari menara ini hingga mencapai 577 meter. Musibah besar pernah terjadi pada menara ini, di mana kebakaran pernah melanda pada tahun 200 dan menewaskan sedikitnya 3 orang. Dampak lain yang dirasakan karena kebakaran tersebut adalah adanya gangguan sinyal frekuensi yang menyebabkan terganggunya siaran televisi dan radio bagi 18 juta warga di Moskow dan daerah lain di sekitarnya.

 

3. Menara CN (Ontario, Kanada)

Menduduki peringkat ke 3 sebagai menara paling tinggi di dunia, Menara CN memiliki tinggi hingga 553, 33 meter. Setiap tahunnya kunjungan ke menara ini mencapai 2 juta orang. CN sendiri merupakan singakatan dari Canadian International, namun status kepemilikan berubah maka nam dari menarapun ikut di rubah. Meskipun demikian karena banyak warga yang menginginkan nama CN tetap melekat pada menara ini, maka perubahan dilakukan menjadai Canada’s National. Di menera ini juga terdapat sebuah dek pengamatan tertinggi di dunia, yakni pada ketinggian 447 meter bernama SkyPod. Untuk mencapai SkyPod bisa menggunakan anak tangga yang jumlahnya mencapai 1776 anak tangga dan merupaka tangga metal tertinggi di dunia. meskipun demikian tangga ini tidak dibuka untuk umum dan hanya dibuka 2 kali dalam setahun dalam gelaran hari bumi dan musim semi untuk lomba menaiki anak tangga.

 

2. Menara Kanton (Guangzhou, China)

Sebelumnya menara ini bernama Menara Guangzhou & TV Seeing, dan sempat menjadi pemegang rekor menara tertinggi di dunia sebelum akhirnya dikalahkan oleh rekor Tokyo Sky Tower. Ketinggian yang dimiliki menara ini mencapai 610 meter dengan fungsi penggunaan sebagai tempat observasi dan telekomunikasi. Menara ini juga merupakan bangunan yang paling tinggi yang berdiri di Tiongkok. Pembukaan menara adalah pada tanggal 29 September 2010 pada saat Asian games berlangsung.

 

1. Tokyo Sky Tree (Tokyo, Jepang)

Menara dengan tinggi mencapai 634 meter ini disebut juga sebagai New Tokyo Tower. Peruntukannya adalah untuk banyak hal layaknya beberapa menara tinggi lain, yakni tempat observasi, hingga rumah makan. Menara Tokyo Sky Tree juga menjadi struktur bangunan tertinggi di Jepang dan kedua di dunia setelah Burj Khalifa. Untuk predikat lainnya sendiri tentunya Tokyo Sky Tree merupakan menara paling tinggi di dunia.

 

Menarik infonya? Jangan lupa berikan komentar dan share ya.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook