Inilah Dia 5 Binatang Terlamban Di Dunia

Banyak sekali spesies hewan yang hidup di muka bumi.

Dari beragam jenis hewan tersebut kita bisa mengidentifikasinya berdasarkan ciri-ciri yang yang dapat dilihat baik dari fisik, makanannya, cara dia berburu, gerak-gerik fisiknya dan banyak hal lainnya lagi.

Hewan atau dalam istilah lain disebut fauna termasuk salahsatu makhluk hidup yang hidup dalam struktur kingdom animalia. Hewan juga terklasifikasi dari struktur sel juga struktur tulang belakang.

Dari beberapa macam hewan yang terdapat di dunia maka berikut adalah 5 teratas sebagai hewan yang memiliki pergerakan paling lamban di antara semua hewan di dunia. 

5. Lembu laut

Sekilas melihat lembu laut mungkin kamu bisa saja salah menilai dan menganggap bahwa binatang ini dugong. Meskipun memiliki beberapa kemiripan, namun ternyata kedua mamalia laut itu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan bisa dilihat dari segi struktur tengkorak dan ekornya. Dengan memiliki kecepatan 13 mph saja Lembu laut boleh dikatakan sebagai hewan yang bergerak sangat lamban.


4. Bintang Laut

Jika kamu penggemar film animasi SpongeBob maka kamu tidaka akan asing dengan karakter Patrick si bintang laut. Pada kenyataannya kita juga sering mendapati bintang laut jika sedang bermain di area pantai. Sebagai salahsatu spesies yang hidup di dalam air, bintang laut samasekali tidak memiliki keterkaitan dengan ikan. Jika sebagian besar orang menganggap Bintang laut ini tidak bergerak maka salah besar. Bintang Laut bergerak, hanya saja kecepatannya dalam bergerak sangat lamban, hanya sekitar 8 mph saja. 

3. Kungkang

Termasuk dalam jenis hewan mamalia, Kungkang ini bisa dibilang adalah hewan yang sangat lamban. Kecepatan dalam bergeraknya saja hanya 0,15 mph. Gerak Kungkang yang lamban ini dipengaruhi oleh karakternya yang pemalas dan sulit bergerak. Hidup di pepohonan di wilayah Amerika Tengah dan Selatan, Kungkang ini bertahan hidup dengan cara memakan semut. Struktur tangannya didesain seperti hewan-hewan pemangsa semut lainnya, yakni memiliki cakar untuk menggali dan mencakar sarang semut yang hendak dimangsanya. Beberapa jenis kungkang ini telah mengalami kepunahan. Saking lambatnya Kungkang ini bergerak ia bisa menjadi habitat bagi organisme lainnya seperti ngengat , kumbang hingga kecoa.


2. Kura-kura raksasa

Jika kita sering mendengar dongeng sebelum tidur yang dituturkan oleh orang tua kita, maka salahsatunya adalah kisah kura-kura yang berlomba lari dengan kancil. Kura-kura digambarkan sebagai hewan yang sangat lamban dalam bergerak. Kura-kura ini termasuk dalam golongan reptil atau binatang melata. Kura-kura sebenarnya memiliki banyak jenis, namun jika dicari yang bergerak terlamban mungkin kura-kura raksasa yang bisa mencapai umur 100 tahun lebih jawabannya. Hanya mampu bergerak dalam kecepatan 0.13 mph ini membuat kura-kura raksasa masuk sebagai salahsatu hewan paling lamban, namun jangan salah jika sudah berenang dan masuk dalam air kecepatannya akan bertambah sangat drastis hingga mencapai 22 mph 

1. Siput

Jika ada istilah siput bagi orang yang lamban dalam bergerak maka istilah tersebut sepertinya cukup tepat pasalnya bintang yang biasanya memiliki cangkang ini memiliki kecepatan berjalan hanya 0,03 mph. Rata-rata binatang ini kita lihat di tempat-tempat yang lembab dan ketika hujan, padahal beberapa jenis siput juga mampu bertahan di daerah gurun yang panas, bahkan bisa hidup di laut yang sangat dalam. Jika pada umumnya kita menganggap bahwa siput itu selalu bercangkang, secara luas yang tidak memiliki cangkang juga termasuk dalam siput. Binatang yang termasuk dalam kelas moluska gastropoda ini merupakan herbivora, meskipun demikian ada beberapa di antaranya yang merupakan karnivora.

Menarik? Mari komen dan share artikelnya.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook