Inilah Cara Efektif Memotong Tripleks dengan Gergaji Agar Potongan Triplek Tidak Rusak

Tripleks merupakan kayu lapis sejenis papan pabrikan yang terdriri dari lapisan kayu atau veneer kayu yang direkatkan bersama-sama menjadi satu.

Tripleks atau kayu lapis ini merupakan produk kayu yang paling banyak digunakan. Karena selain mudah didapatkan, tripleks juga bersifat fleksibel, mudah dibentuk, bisa didaur ulang serta tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit. Dan keunggulain lain tripleks dibandingkan dengan produk kayu yang lainnya yaitu dimana tripleks ini lebih murah sehingga bisa dijangkau oleh siapa saja. Khususnya untuk saat ini, tripleks sudah tersedia dalam berbagai ketebalan dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda.

Teknik pembuatan tripleks ini sebenarnya sudah ada sejak abad ke 17 , namun sejak abad ke 19 lah tripleks ini diproduksi secara komersial. Dan tujuan pembuatannya pada saat itu yaitu untuk membuat peti teh. Tripleks atau kayu lapis yang digunakan untuk pembuatan peti pada saat itu terdiri dari 3 lapis, untuk itulah disebut dengan three-ply atau di Indonesia sendiri disebut dengan tripleks.

Tripleks ini memiliki banyak sekali manfaat di dalam kehidupan sehari-hari. Dimana selain bermanfaat untuk bangunan, tripleks ini pun bermanfaat untuk membuat barang-barang tertentu yang kita inginkan.

Tripleks ini pada dasarnya memiliki ukuran yang besar. Oleh sebab itulah ketika kita hendak membentuk tripleks ini menjadi barang yang kita inginkan, atau memanfaatkanya untuk keperluan lain maka hal yang harus kita lakukan yaitu memotongnya terlebih dahulu untuk mendapatkan ukuran triplek yang kita butuhkan.

Ketika memotong tripleks biasanya alat yang digunakan yaitu gergaji karena memotong tripleks dengan gergaji ini akan lebih mudah dibandingkan dengan yang lainnya. Namun yang menjadi penghambat atau masalah ketika memotong tripleks dengan menggunakan gergaji yaitu tripleks selalu rusak dan tidak sesuai dengan arah gergaji, dan hal tersebut disebabkan karena tripleks terlalu tipis. Keadaan seperti ini pastinya akan membuat kita kesal, terlebih lagi jika tidak ada tripleks baru yang bisa digunakan.

Nah untuk menghindari hal tersebut terjadi, hal yang harus dilakukan yaitu mencari cara agar triplek yang dipotong tidak rusak dan hasil yang didapatkan bisa sesuai dengan apa yang kita inginkan. Namun pada kenyataannya tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara yang bisa dilakukan. Sehingga dengan begitu mereka selalu melakukan cara yang sama dan kesalahan mereka pun terulang kembali.

Namun khususnya untuk saat ini anda bisa merubah cara memotong tripleks yang biasa anda lakukan tersebut. Mengapa? Karena ada cara baru yang terbilang cukup efektif sehingga hasil potongan tripleks akan lebih rapi dan tidak akan rusak seperti cara terdahulu. Cara ini terbilang cukup unik dan mudah untuk dilakukan.

Cara yang bisa anda lakukan yaitu pertama-tama anda harus menyiapkan terlebih dahulu gergaji dan selotip. Kemudian sebelum memotong tripleks, aplikasikan terlebih dahulu selotip pada bagian tripleks yang akan anda potong, baru kemudian anda potong tripleks dengan menggunakan gergaji pada bagian tripleks yang sudah diberi selotip. Setelah itu anda bisa membandingkan hasilnya dengan cara yang sebelumnya sering dilakukan. Nah, untuk lebih jelasnya anda bisa simak tutorialnya di pada video di bawah ini.

Itulah cara memotong tripleks agar hasil yang didapatkan lebih rapi. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan tips ini kepada teman dan orang-orang terdekat anda, serta jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook