Inilah Alasan Mengapa Kita Tidak Mudah Lapar Saat Tidur

Lapar merupakan suatu keadaan dimana tubuh kita membutuhkan makanan.

Saat kita merasa lapar tentunya hal yang akan kita lakukan yaitu makan. Namun berbeda halnya dengan malam hari, pada saat kita merasakan lapar justru makan merupakan kegiatan yang sangat malas untuk dilakukan dan memang pada kenyataanya ada beberapa orang yang menghindari makan di malam hari karena takut tubuhnya menjadi gemuk.

Biasanya ketika terserang lapar di malam hari, banyak orang yang mengatasinya dengan cara langsung tidur. Mereka meyakini dengan tidur rasa lapar akan menghilang dengan sendiri. Nah, tahukah anda? Tubuh manusia memiliki mekanisme unik untuk menjaga keseimbangannya, seperti misalkan lapar. Ketika tertidur tubuh kita tidak akan mudah merasakan lapar. Padahal pada kenyataannya rasa lapar selalu kita rasakan ketika kita terjaga atau dalam keadaan terbangun. Dimana ketika terjaga selalu ada dorongan untuk mengkonusmsi makanan-makanan tertentu. Karena hal tersebutlah banyak sekali orang yang mengajukan pertanyaan mengapa kita tidak bisa merasakan lapar ketika tertidur? Dan apa penyebab yang mendasari itu semua?

Fakta-lapar-saat-tidur

Tahukah anda? berdasarkan sebuah studi yang dimuat di dalam Jurnal Neuroscience menyatakan, bahwa keadaan tersebut disebabkan karena di dalam tubuh tepatnya di dalam usus kita terdapat sebuah syaraf yang memiliki tugas untuk memberikan sinyal kenyang ke otak. Dimana syaraf tersebut bekerja dengan ritme berulang-ulang seperti layaknya jam.

Tim penelitian yang berasal dari Universitas Adelaide melakukan penelitian yang dilakukan pada tikus. Namun meskipun demikian, para ilmuwan tersebut yakin bahwa hasil penelitian mereka pun sama dan berlaku pada manusia.

Seperti yang dikutip dari Huffington Post, bahwa hasil penelitian mengatakan dimana pada saat tubuh terjaga, syaraf tersebut tidak akan lagi menjadi sensitif.

Pada saat berada dalam periode yang tidak sensitif, syaraf yang dimaksud akan menjadi tidak responsif mengirim sinyal kenyang ke otak. Dan itulah mengapa pada saat kita terjaga kita selalu merasa lapar dan bisa mengkonsumsi makanan apa saja sebelum pada akhirnya merasa kenyang.

Namun sebaliknya, ketika malam hari terlebih lagi saat kita tidur syaraf tersebut akan menjadi sangat sensitif. Saat kita tidur, syaraf tersebut akan menjadi responsif mengirimkan sinyal kenyang ke otak kita. Akibatnya yang terjadi yaitu hanya sedikit saja makanan yang dapat diterima oleh tubuh, namun meskipun begitu kita tidak akan merasa lapar.

"Ketika pergantian hari untuk menuju ke periode yang diasosiasikan untuk tidur, syaraf di perut itu akan lebih sensitif untuk meregang. Ia akan mengirimkan sinyal kenyang ke otak dengan lebih cepat, sehingga dengan begitu asupan makanan akan dibatasi," ujar Dr, Stephen Kentish, seorang peneliti dalam Laboratorium Penelitian Syaraf Usus di Universitas Adelaide.

Ritme dari syaraf tersebut akan terus berulang dalam waktu 24 jam. Para peniliti pun menyimpulkan bahwa syaraf inilah yang memiliki tugas sebagai kordinator dalam tubuh. Ia akan menentukkan bisa atau tidaknya tubuh dalam menerima makanan sesuai dengan asupan energi yang dibutuhkan tubuh.

Itulah penjelasan mengapa saat kita tidur kita tidak merasakan lapar seperti halnya saat terbangun atau terjaga. Semoga dengan penjelasan di atas pengetahuan dan wawasan anda semakin bertambah.

Setelah mengetahui fakta di atas, maka tidak ada salahnya jika anda membagikan kepada teman, saudara, sahabat dan orang-orang yang ada di sekitar anda lainnya dengan cara menekan tombol share. Anda juga bisa menambahkan komentar pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook