Indahnya Berwisata Di Pulau Macan, Resor Eco Friendly di Kepulauan Seribu

Banyak pilihan menarik sebenarnya bagi warga ibukota untuk kegiatan liburannya.

Tak melulu mall besar sebenarnya yang bisa warag ibukota kunjungi, beberapa lokasi yang memiliki nilai wisata maupan sejarah justru bisa menjadi alternatif wisata yang mengasyikan untuk di eksplorasi dari Kota seperti Jakarta. Beberapa lokasi wisata luar ruangan seperti, taman bermain Dunia Fantasi, kawasan wisata Ancol, kawasan hutan bakau, dan masih banyak lagi lainnya hingga kepulauan seribu yang menyimpan pulau-pulau cantik nan mempesona. 

Pulau seribu memang sudah cukup dikenal di kalanagan para wisatawan, Pulau Tidung dan Pulau bidadari adalah dua nama dari sekian banyak pulau yang menjadi destinasi favorit wisatawan ketika berkunjung ke wilayah Kepulauan Seribu. Untuk menuju Pulau Seribu, anda bisa menggunakan jasa penyebrangan ke beberapa resor yang tersebar di pulau-pulau di sana dengan titik pemberangkatan, dari kawasan Marina Ancol, atau juga dari Muara Angke. Jika dilihat lagi dalam peta wilayah, area Kepulauan Seribu sendiri merupakan wilayah administratif dari Jakarta dan merupakan sebuah kabupaten.

Kepulauan Seribu memiliki daya tarik dengan banyaknya pulau-pulau yang tersebar di sana sesuai dengan namanya. Dari semua pulau yang tersebar, anda bisa mengunjungi beberapa pulau yang memang menjadi kawasan wisata dan berpenghuni seperti biasanya, atau juga anda bisa mengunjungi beberapa pulau yang tidak berpenghuni di kawasan ini. selain karena pulaunya yang banyak tersebar anda juga bisa menemukan taman nasional konservasi bawah laut yang berada di wialayah ini yang beranama Taman Nasional Kepulauan Seribu atau TNKS.

Berbicara lebih lanjut mengenai Liburan dan Wiata dai Kepulauan Seribu, maka ada sebuah pulau yang cukup unik dan menarik untuk dikunjungi. Pulau Macan begitulah namanya. Pulau Macan ini sendiri terbagi dalam dua bagian wilayah, yakni Macan Besar dan Macan Kecil. Untuk Pulau Macan Besar, di sana anda akan menmukan sebuah resor yang sangat unik karena mengusung konsep eco friendly, terbukti dengan dengan konsep penginapan yang sangat alami dengan furniture dari sisa-sisa dan limbah hingga pengelolaan listrik yang sangat dipikirkan dan direncanakan dengan baik, anda juga bisa menemukan beberapa panel surya yang difungsikan untuk menangkap energi matahari untuk selanjutnya menjadi sumber listrik utama dari pulau ini. Jika Macan Besar merupakan bagian wilayah resor, macan kecil sendiri dibiarkan alami tanpa ada bangunan dan penghuni, sehingga dapat dijadikan destinasi kunjungan lanjutan ketika anda berwisata di Pulau Macan.

Konsep Eco friendly wisata tersebut juga ditambah lagi dengan pembatasan kunjungan wisatawan, sehingga jika anda berkunjung ke pulau ini akan mendapatkan pengalaman berbeda dengan rasa ekslusifitas yang sangat terasa. Meskipun memang dengan konsep yang terbilang unik dan bagus tersebut akan berpoengaruh terhadap harga, namun rasnya hal tersebut cukup sepadan dengan apa yang akan didapatkan nanti ketika mencoba sajian liburan di pulau tersebut.

Pulau Macan: Eco Resort 

Dengan konsep unik yang diusung dengan konsep eco friendly resort dan pembatasan wisatawan liburan anda akan menjadi lebih optimal, apalagi bagi anda yang mencari ketenangan dan ingin sejenak pergi dari segala hiruk pikuk kota yang padat membuat otak penat. 

Dengan mencoba pergi wisata ke Pulau Macan anda akan diajak untuk lebih dekat dengan alam, beberapa penginapan dengan nuansa alam yang khas tersedia untuk memfasilitasi liburan anda selama berada di kawasan ini. dengan ketenangan yang tersa anda bisa mencoba untuk snorkeling di tepian pantai yang tersa sangat tenag, atau justru memilih untuk kayaking di sekitar pantai sambil bercengkrama dengan partner perjalan anda atau justru menikmati kesendirian di tengah alam yang indah. 

Nuansa liburan memang kental terasa di pulau ini, bagi anda yang malas untuk berkegiatan di luar, mungkin sunset hut adalah tempat yang sangat cocok digunakan, sebab view yang indah bisa anda nikmati sembari berbaring di sebuah pondokan ernuansa alam yang sangat kental, di pondokan tersebut view yang berupa sunset bisa terlihat jelas tanpa ada yang menhalangi, bahkan dari sunset hut terdapat sebuah dek terusan pribaddi yang biisa anda gunakan ketika akan menikmati matahari terbenam.

Pertu terasa lapar? Jangan khawatir sebab di pulau ini terdapat sebuah lokasi yang bisa anda kunjungi bernama club house yang menyediakan makan dengan konsep buffet. Lezatnya makanan yang disediakan chef di sana bisa membuat anda lupa akan program diet yang anda sedang lakuakn, sebab rasa lezatnya membuat anda ingin menambah berulangkali masakan yang disajikan dengan ragam sajian perpaduan antara makanan Indonesia dan luar negeri.

Anda bisa menyebrang ke Pulau Macan kecil dengan menggunakan perahu atau berjalan kaki ketika air laut sedang surut. Di Pulau Macan Kecil anda bisa berjemur dan menikmati wisata bahari macam diving atupun snorkeling. Tak perlu khawatir bagi anda yang ingin snorkeling atau diving sebab pulau ini sudah menyediaka perlatannya yang biasnya sudah termasuk satu paket.

Transportasi

Jarak tempuh menuju Pulau Macan dari Jakarta sebenarnya tidaklah terlalu jauh, dan itulah yang sebanarnya membuat Pulau Macan ini semakin menarik untuk dikunjungi, sebab bisa menjadi lkasi alternatif bagi anda yang ingin merasakan liburan berkualitas tanpa harus menempuh jarak yang terlalu jauh. Dengan titik awal keberangkatan dermaga Marina 6, anda bisa menumpangi sebuah kapal motor cepat, dengan waktu 30 menit saja anda sudah sampai ke lokasi Pulau Macan.

Berikut adalah maps dari kepulauan Seribu, di mana Pulau Macan merupakan salahsatu bagiannya.

Akomodasi Wisata

Wisata Pulau Macan Eco Resort merupakan satu paket perjalanan, dengan kisaran harga perjalan 1,5 juta per orang selama dua hari satu malam mungkin akan terdengar cukup mahal, namun dengan harga tersebut anda sudah bisa mendapatkan berbagai fasilitas penginapan, dari mulai akomodasi Ancol – Pulau Macan PP, tempat menginap, makanan, perlengkapan snorkeling atau diving jika dibutuhkan adalah satu paket. Bagi anda yang vegetarian bahkan pulau ini memiliki menu khusus yang bisa mengakomodasi keperluan makan anda dengan baik.

Tips Wisata

Berikut tips bagi anda yang ingin mencoba ketenangan Pulau Macan.

  1. Reservasi sejak jauh-jauh hari adalah cara terbaik untuk bisa berlibur di Pulau Macan, sebab konsepnya yang membatasi wisatawan tentunya tidak bisa begitu saja reservasi langsung on the spot.
  2. Dengan konsep ramah lingkungan maka, berbagai macam papan himbauan menghemat listrik akan anda temui, oleh karena itu cobalah untuk menghemat listrik, sebab hal itu cukup bagus juga untuk pembiasaan anda menghemat pemakaian energi tersebut.
  3. Bagi anda yang ingin mendapat sajian sunset indah, cobalah untuk memesan sunset hut sebagai lokasi anda tidur, sebab di sana anda bia melihat sunset dengan view terbaik dilengkapi dengan dek pribadi yang langsung terhubung ke laut untuk menikmati matahari.

Mari berkunjung ke Pulau yang ramah lingkungan ini. jangan lupa ajak temanmu dan share artikelnya. Berikan juga komentar anda mengenai liburan ke Pulau Macan ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook