Indahnya Air Terjun Lepoh, Oase Menakjubkan di Tengah Pedesaan

Jogjakarta memang selalu menarik utnuk diselami, selain karena kearifan lokal yang dijunjung tinggi, alamnya juga tidak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Beberapa sajian terkenal, macam sepanjang jalan Malioboro, Candi borobudur, Pantai Parangtritis, hingga Keraton menjadi hidangan utama yang tidak boleh dilewatkan siapa saja yang datang ke Kota Jogjakarta.

Dari sekian banyak lokasi wisata yang menjadi tujuan utama wisatawan baik dalam ataupun luar negeri, ada sebuah lokasi tersembunyai yang belum banyak terekspos. Tempat wisata ini merupakan sebuah air terjun yang sangat mengagumkan dengan suguhan air jernih yang mengalir pada 3 tingkatan.

04

Sejuknya Alam Air Terjun Lepoh

Ketika anda pertama kali mengunjungi Air Terjun Lepoh ini anda harus berjalan menyusuri jalan setapak bebatuan setelah sebelumnya memakirkan kendaraan anda di pemukiman warga yang sudah disediakan. Selama perjalanan yang hanya berjarak 200 meter tersebut anda akan melewati rindangnya pepohonan yang menyejukan badan, dan suara gemericik air terjun yang sayup-sayup mulai terdengar.

Seperti yang diketahui keunikan air terjun ini terletak pada bentuknya yang memiliki 3 tingkatan. Dari 3 tingkatan yang ada anda bisa menikmatinya dengan baik berkat pengelolaan warga yang baik, sebab di sana anda sudah bisa menemukan titian yang bisa digunakan untuk masuk ke dalam kolam atau kedung di setiap tingkatannya. Bagi anda yang memabwa anak-anak mungkin, kedung atau kolam pada tingkatan 1 dan 2 bisa menjadi pilihan, sebab kedalaman airnya cukup dangkal dan aman untuk dipakai sebagai lokasi berenang anak-anak.

Bagi orang deasa yang ingin brenang dan merasakan kesegaran air dari Air Terjun Lepoh yang jernih, maka anda bisa berenang pada kolam paling dasar. Di kolam tingkat dasar ini memiliki kedalaman sampai 2 meter. Oleh karena itu sangat pas untuk digunakan tempat berenang. Selain karena lokasinya yang sangat teduh dan tenang, Air Terjun Lepoh juga memiliki air yang sangat jernih.

Transportasi Menuju Ke Air Terjun Lepoh

Air terjun yang berlokasi di Dusun Pokoh 1, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini memang tidak mudah ditemukan, namun janganlah terlalu khawatir sebab jika anda bertnaya dengan baik kepada warga, mereka tidak akan sungkan menunjukan kepada anda lokasi yang dituju. Namun secara garis besar lokasi air terjun ini sendiri bisa ditempuh dengan waktu 1,5 sampai 2 jam perjalanan dari pusat Kota Jogjakarta, dengan tujuan utama adalah kantor Kecamatan Dlingo. Gunakan kendaarn sewaan atau pribadi utnuk mencapai lokasi satu ini sebab belum tersedia kendaraan umum yang melayani rute ini.

Akomodasi Wisata Air Terjun

Sebagai sebuah lokasi indah serta menakjubkan, Air Terjun Lepoh ini memang belum dikelola secara profesional. Lokasinya yang cukup tersembunya memberikan kesan alami dan belum tersentuh tangan manusia. Mengingat hal tersebut, maka berbagai jenis akomodasi dari mulai makanan ataupun penginapan belum tersedia secara lengkap. Untuk makanan mungkin anda bisa mencarinya dan membeli dalam perjalanan menuju ke lokasi. Namun untuk penginapan mungkin belum tersedia, meskipun demikian jika anda ingin lebih lama di sana, bisa berkomunikasi dengan warga sekitar.

Begitulah keindahan oase di tengah pedesaan yang luar biasa menakjubkanya. Bagi anda yang ingin menelusuri keindahan lokasi satu ini, maka anda bisa berbagi terlebih dahulu artikel berikut ini dengan menekan tombol share yang berada di bagaina bawha artikel. Selain itu anda juga bisa berbagi komentar mengenai keindahan dari air terjun tersembunyi yang sangat indah satu ini di kolom komentar yang sudah disediakan di bagian bawah artikel.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook