HEBOH! Karena Meme Polisi Ponorogo Perkarakan Office Boy

Berkembangnya teknologi serupa media sosial ternyata banyak membuka celah hukum berupa penghinaan serta pencemaran nama baik secara disengaja atupun tidak.

Berkembangnya teknologi serta media sosial memang terkadang tidak disikapi secara bijaksana. Banyak yang kemudian menggunakannya sebagai media bagi mereka untuk mencurahkan kekesalan hati serta kebencian yang kemudian berujung pada pencemaran nama baik dan juga aksi pelanggaran hukum.

Dari sekian banyak kasus, belum lama ini terjadi sebuah kasus heboh yang melibatkan seorang polisi yang merasa namanya dicemarkan setelah munculnya sebuah meme yang menggunakan foto dirinya sebagai model bahan hinaan. Meme yang diketahui dibuat oleh seorang wanita berinisial ISW itu sepertinya dibuatnya sebagai bentuk kekesalan atas aksi dari oknum-oknum polisi yang di beberapa kesempatan melakukan aksi penilangan serta pungutan liar.

heboh

Meskipun demikian kasus yang dialami oleh ISW ini terbilang sebuah kasus unik, sebab jika biasanya kasus seperti ini langsung dimasukan ke dalam pasal pencemaran nama baik, yakni pasal 27 ayat 3 UU No.11/2008, namun kasus yang dialami ISW ini jika dilihat secara lebih mendalam tidak mengacu pada ujaran kebencian. Kasus ini bermula dari aduan yang diajukan Bripda Aris sebagai polisi yang dimodelkan dalam meme buatan ISW. Dalam meme yang dibuat oleh ISW terlihat jika gambar Bripda Aris yang tengah bertugas dengan memegang HT itu kemudian diedit dan diberi balon percakapan. Isinya merupakan sebuah percakapan dengan istri yang membicarakan mengenai pemberian transfer nafkah dari uang hasil pungli.

Meme tersebut sebelumnya diunggah ISW melalui sebuah grup facebook tertutup, yakni info cegatan polisi wilayah Ponorogo. Akhirnya meme tersebut sampai juga ke tangan BripdaArsi setelah sebelumnya teman sesama polisi menunjukan gambar tersebut kepada dirinya. merasa dilicehkan akhirnya ia melanjutkan untuk memperkarakan kasus ini dengan melapor kepada pelayanan polisi utnuk kemudian ditindak lanjuti.

Oleh karena itu ada baiknya, bagi anda yang seringkali menggunakan media sosial sebagai lahan untuk berbagai pendapat dan ide sebaiknya lebih bijak dalam menyuarakan pendapat dan juga aspirasi. Mari bagikan artikel ini kepada teman dan sahabat anda di media sosial dengan cara menekan tombol share yang berada pada bagian bawah artikel. Jangan lupa juga berikan komentar anda terkait dengan kasus pelecehan dengan menggunakan meme pada polisi Ponorogo.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook