Hebat! Inovasi Gula Cair Buatan Indonesia Raih Penghargaan Di Macau

Apakah anda pengidap diabetes atau memiliki anggota keluarga, teman serta saudara yang juga sama mengidap diabetes?

Permasalahan yang seringkali timbul mungkin adalah mengenai pemilihan makanan, pembatasan asupan gula terkadang menajdi permasalahan pelik yang akhir-akhirnya membuat para penderita menjadi tidak bisa menikmati olahan manis barang sedikit saja. permasalahan yang sama juga kerap kali menghampiri para perempuan yang sedang mencoba untuk melakukan diet. Biasanya ketika menjalankan program diet, pemilihan makanan cenderung lebih menitikberatkan pada yang memiliki jumlah kalori sedikit, apalagi wanita cenderung mneyukai sajian-sajian makanan manisdengan tingkat kandungan gula dan kalori yang tinggi sehingga tantangan melakukan program diet semakin besar.

Untuk mengatasi permasalahan itu berulangkali dicoba untuk menemukan gula lain yang lebih aman untuk kemudian dikonsumsi oleh para penderita diabetes ataupun bagi mereka yang sednag menjalani diet. Berbicara lebih lanjut mengenai inovasi gula, maka ada sebuah inovasi menarik yang berhasil ditemukan oleh 3 orang mahasiswa dari IPB, yakni Galih Nugraha, Farauq Arrahman dan Putri Vionita. Ketiga orang mahasiswa IPB tersebut berhasil membuat inovasi gula cair yang bisa dijadikan sebagai subtitusi bagi anda yang sedang mencari alternatif pilihan pemanis rasa akanan yang lebih ramah dan aman.

09

Inovasi gula cair yang dibuat tersebut berasal dari bahan alami dan limbah. Limbah? Ya mereka menggunakan limbah kulit singkong sebagai bahan baku pembuatan gula cair yang merka beri nama GUCAKUSI (Gula Cair Kulit Singkong). Meskipun terbuat dari limbah kulit singkong, namun rasa yang dihasilkan tidak kalah manis dengan gula biasa, bahkan kandungan kalorinya hanya berkisar 106 kkal/100 g lebih rendah daripada gula pada umumnya yang brkisar 368 kkal/100 gram, gula kelapa 386 kkal/100 gram. Rasa manis yang didapkan dari kulit singkong itu murni berasal dari air pati kulit singkong setelah melalui proses perendaman serta kemudian diblender. Setelah itu barulah proses dilanjutkan dengan menambahkan beberapa jenis enzim makanan yang pada akhirnya membuat rasa manis muncul.

Dengan mengangkat tagline zero waste ketiga orang rekan mahasiswa tersebut mencoba memanfaatkan limbah kulit singkong dibdaning hanya digunkan sebagai pakan ternak, itupun perlu dibatasi sebab kadang jika terlalu banyak bisa berbahaya dan membunuh ternak itu sendiri. Ide pembuatan dari gla cair ini juga didasari oleh cukup melimpahnya produksi singkong dalam negeri, namun justru produksi yang cukup banyak itu kurang mendapatkan perhatian sehingga justru masih terbuang secara sia-sia. Jika dilihat Indonesia sendiri merupakan slahsatu dari 5 negara di dunia yang termasuk ke dalam 5 produsen singkong terbesar di dunia.

Hasil karya tiga orang mahasiswa IPB tersebut kemudian ikut ambil bagian di dalam gelaran Macau Internasional Innovation dan Invention Exhibition (MIIIE) 2015, dalam acara tersebut GUCAKUSI buatan anak Indonesia ini dkemas dalam beberapa jenis, antara lain kemasan barrel, botol besar, sedang kecil dan kemasan atau sachet. Gula Cair yang terbuat dari limbah singkong ini kemudian berhasil mendapatkan penghargaan dalam ajang tersebut

Sangat inovatif sekali bukan karya anak Indonesia yang bereksperimen dengan penggunaan bahan baku kulit singkong yang sebelumnya seringkali tidak berguna dan hanya berakhir menjadi limbah yang tidak berguna. Mari berikan informasi ini kepada teman dan sahabat anda dengan menekan tombol share yang berada di halam ini. Anda juga bisa berkontribusi dengan memberikan komentar mengenai artikel inovasi kulit singkong ini dengan menambahkannya ke dalam kolom komentar yang sudah dipersiapkan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook