Gila! Lihat Cara Mereka Mencontek, Sungguh Memprihatinkan

Kegiatan mencontek merupakan salahsatu tradisi di sekolah yang sangat merugikan sekaligus memprihatinkan.

Mencontek biasanya dilakukan oleh para pelajar yang sedang menghadapi sebuah ujian baik itu untuk mendapatkan nilai sebuah mata pelajaran, ataupun untuk tiket masuk ke sebuah institusi pendidikan yang lebih tinggi. Perilaku mencontek merupakan sebuah perilaku curang dan tidak jujur yang dlakukan sebagai langkah penolakan terhadap sebuah kegagalan. Padahal dengan membiasakan tidak mencontek kita bisa mengetahui sejauh mana kemampuan kita dan melatih sikap jujur dalam diri kita.

Meskipun demikian ternyata sumber masalah mencontek tidak sesederhana yang dibayangkan. Adanya tuntutan untuk menjadi yang terbaik dan menghindari cemoohan orang lain akibat kegagalan menjadi alasan-alasan yang mendasari perbuatan mencontek.

Kegiatan mencontek rupanya beberapa waktu belakangan menjadi bahasan yang menarik setelah aksi mencontek di India tersorot media karena sangat frontal dan memprihantinkan. Aksi mencontek yang dilakukan pada saat Bihar School Examination Board (BSEB) itu ternyata dilakukan secara masal bahkan sampai melibatkan kerabat dan keluarga dari para murid. Pihak keluarga sampai rela memanjat dinding hanya untuk memberikan lembar contekan. Para murid di dalam ruangan ujian pun mencontek dengan tenang meski para pengawas berulangkali mengambil contekan mereka. 

Kertas yang berisi contekan yang dirampas mencapai 3 karung bahkan lebih. Pihak pemerintah bahkan sudah kehabisan kata-kata untuk menggambarkan bagaimana memprihatinkannya kondisi tersebut, sebab orang tua yang harusnya bisa bekerja sama dalam mendidik anak-anaknya berbuat jujur malah membantu kecurangan anak-anaknya tersebut. Hukuman yang tercantum dalam peraturan yang telah dibuat sebanarnya sangat berat, dengan laranagn mengikuti ujian selanjutnya selama 3 tahun, hingga hukuman penjara, namun peraturan tersebut tetap saja tidak dihiraukan oleh mereka.

 

Mengkhawatirkan sekali bukan? Mari bagikan berita ini dengan cara menekan tombol share dan berikan komentar anda.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook