Faktanya Orang Tunanetra Juga Dapat Bermimpi! Simak Artikel Berikut!

Mimpi, adalah sebuah kejadian unik dan alami yang dialami oleh semua orang.

Jika semua orang bermimpi bagaimana dengan orang yang tidak melihat atau tunanetra? Pada faktanya tunanetra ternyata bukanlah sebuah halangan bagi anda untuk bermimpi. Mimpi bisa dialami oleh semua orang bahkan ketika ia tidak memiliki kemampuan melihat sejak terlahir.

Jika dilihat secara harafiah, mimpi sendiri merupakan sebuah pengalaman bawah sadar yang berasal dari berbagai macam indra seperti penglihatan, pikiran, pendengaran, perasaan, dan berbagai indera lainnya di dalam tidur. Seseorang mampu dan bisa merasakan emosi ketika bermimpi, baik itu takut, gembira, sedih dan lain sebagainya.

04

Lantas dengan seorang yang tidak dapat melihat mimpi juga dapat terjadi sesuai dengan pangalaman bawah sadar mereka yang kemudian tergambarkan dalam mimpi mereka di kala tertidur. Jika dilihat secara umum maka anda akan menemukan 2 jenis mimpi bagi orang tunanetra, yang pertama adalah mereka yang tidak dapat melihat secara lahir dan mereka yang mampu melihat namun kemudian mereka mengalami kejadian yang menyebabkan mereka tidak mempu melihat di atas usia 5 tahun hingga 7 tahun.

Bagi mereka yang tidak mampu melihat sejak lahir, maka mimpi yang mereka miliki terbilang sangat unik dan sedikit berbeda dengan kita yang mampu melihat. Jika pada orang normal mimpi tersebut biasanya berupa sebuah gambaran yang cukup utuh dari mulai suara, hingga gambaran visual berupa fisik dapat terlihat secara nyata, maka pada orang yang tidak mampu melihat sejak lahir mereka hanya bisa merasakan sensasi rasa saja karena keterbatasan yang mereka miliki secara visual. Biasanya mimpi mereka berupa suara, sentuhan, perasaan-perasaan dan berbagai perasaan lainnya.

Bagi mereka yang mengalami tidak mampu melihat di atas usia 7 tahun maka gambaran mereka akan visual juga bisa terlihat namun hanya sebatas pada pengalaman bawah sadar mereka sebelu m akhirnya mereka tidak mampu melihat lagi. Meskipun memang intesitas visual mereka seiring waktu akan terasa lebih sedikit dibandingkan dengan pengalaman bawah sadar yang mereka dapatkan melalui aktivitas indera lainnya. Sehingga dari perbandingan kedua kasus tersebut dapat dikatakan jika lamanya seseroang dan beragamnya aktivitas visual yang didapat seseorang ketika sadar akan mempengaruhi isi visualnya di dalam mimpi.

Banyak sekali hal unik yang dialami oleh para tunanetra ketika bermimpi. Menurut beberapa penilaian, mereka yang tidak pernah melihat samasekali sejak saat lahir memiliki kemungkinan bermimpi buruk lebih sering dibandingkan dengan mereka yang melihat bahkan dari mereka yang mengalami permasalah edngan penglihatan di atas usia 7 tahun. Selain hal tersebut keunikan lainnya terlihat dalam hal preferensi penentuan cantik atau jelek. Penentuan tersebut bagi seorang tunanetra memiliki sedikit perbedaan dengan manusia normal, mereka lebih mendasarkan pada bagimana bentuk dari objek yang mereka hadapi, objek yang lebih lembut mereka mengartikannya sebagai sesuatu yang lebih cantik dan sebaliknya jika objek tersebut kasar dan memiliki elemen ancaman maka mereka mengartikannya sebagai sesuatu yang jelek dan menakutkan.

Sangat unik dan menarik sekali bukan apa yang dialami oleh para tunanetra ini? Jangan lelah untuk terus berbagi ilmu pengetahuan bersama dengan teman dan sahabat anda dengan cara menekan tombol share dan membagikannya melalui media sosial. Anda juga bisaturut membagikan komentar dan pendapat anda mengenai fakta unik dan menarik di kolom yang sudah disediakan di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook