Fakta Unik Tubuh Mengigil Dan Merinding Kala Kedinginan

Manusia merupakan salahsatu ciptaan Tuhan yang paling sempurna.

Kesempurnaan manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya terlihat dari kemampuannya untuk bisa menyesuaikan diri dengan berbagai macam situasi kondisi. Mekanisme tersebut dilakukan oelh manusia dalam rangka mempertahankan kondisi tubuhnya agar bisa bertahan dari kondisi sekitarnya yang selalu berubah.

Salhsatu mekanisme pertahanan yang dilakukan oleh manusia ialah ketika ia merasakan kedinginan. Dalam kondisi kedinginan yang sangat hebat, setiap orang yang mengalami resiko kematian atau hal berbahaya lainnya. Oleh karena itu diperlukan sebuah mekanisme untuk pertahanan tubuh. Mekanisme tersebut dilakukan setidaknya sebagai peringatan atau juga sebagaicara tubuh meminimalisir resiko yang akan terjadi dlama tubuh.

fakta 04

Pada kondisi yang normal, suhu tubuh manusia berkisar di kisaran 36, 7 derajat celcius, sedangkan untuk kondisi ang di bawha itu mungkin manusia bis mentolerirnya hingga kisaran suhu yang bisa diterima oleh tubuh masing-masing orang. Salahsatu sifat panas tubuh manusia adalah mengalir ke tempat yang lebih dingin. Oleh karena itu, ketika anda berada di udara dingin mengapa dibutuhkan baju hangat untuk mengurangi dingin yang dirasakan.

Salahsatu hal yang seringkali terjadi ketika kita merasakan kedinginan adalah badan yang mengigil dan juga badan yang merinding. Hal tersebut tentunya menjadi hal yang lumrah terjadi. Namun tahukah anda mengapa terjadi hal demikian? daktanya badan yang mengigil dan juga merinding saat tengah mengalami keidnginan adalah mekanisme tubuh untuk menyesuaikan kondisi tubuh dengan lingkungan sekitar kita.

Merinding merupakan gejala yang muncul akibat dari cukup banyak hormon yag dikeluarkan utbuh di dalam, kondisi kedinginan tersebut. Hormopn yang keluar saat kita kedinginan adalah epinefrina dan tiroid. Dua hormon tersebut sengaja diproduksi dan dikeluarkan tubuh kala kedinginan dengan tujuan untuk meningkatkan laju metabolisme yang terjadi di tubuh kita dan juga untuk memicu terjadinya pemecahan lemak. Selain dengan pemecahan lemak, tubuh juga kembali mengkondisikan tubuh ini dengan cara mengecilkan pembuluh yang ada di bagian kulit, sehingga panas yang keluar dari tubuh jumalhnya semakin sedikit.

Dari situ bisa kita lihat ternyata merinding sendiri ternyata merupakan mekanisme khusus yang dilakukan tubuh saat sedang berada dalam situasi yang begitu dingin. Selain dengan itu, untuk mengurangi jumlah panas tubuh yang keluar secara berlebihan, maka bagian tubuh manusia berupa rambut-rambut kecil dalam tubuh akan berdiri tegak. Tegaknya rambut di seluruh tubuh tersebut pada akhirnya akan memerangkap panas tubuh.

Fakta unik lainnya adalah ketika tubuh berada dalam kondisi dingin, maka mekanisme yang dilakukan adalah dengan cara membuat tubuh mengigil. Faktanya mengigil merupakan salahastu rekasi tubuh untuk menyesuaikan diri dengan kondisi dingin yang sedang melanda tubuh. Rekasi mengigil tersebut merupakan cara otot rangka utnuk membantu memproduksi panas yang dibutuhka oleh tubuh. Cara yang dilakukan oleh rangka tersebut dilakukan dengan cara melakukan kontraksi tulang secara ritmis.

Sebenarnya tubuh tidak hanya melakukan mekanisme tersebut ketika udara sedang pada kondisi yang dingin, namun kala udara sedang panas juga tubuhmencoba menyesuaikan dengan lingkungan sekitar yang membuatnya bisa membuat tubuh menjadi konstans.

Sudah tahu sekarang mengapa seringkali kita menggigil dan merinding kala kita mengalami kedinginan? Silahkan anda berikan komentar terhadap hal tersebut dengan cara mengisi kolom koementar yang telah disediakan pada bagian bawah dari artikel yang anda baca ini. Jangan lupa juga untuk berbagi informasi menarikmengenai fakta-fakta unik dan menarik dengan cara menekan tombol berbagi yang telah diseidkan pada halaman ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook