Fakta Unik Masyarakat Indonesia Selama Bulan Ramadhan

Bulan adaah bulan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar umat muslim di seluruh dunia.

Pada bula ini, seluruh umat Islam di dunia menjalankan ibadah wajibnya yang disebut dengan Puasa Ramadhan. Ibadah ini hanya dilakukan satu bulan penuh setiap tahunnya. Umumnya umat muslim akan senantiasa berlomba-lomba dalam menjalankan kebaikan. Sehingga demikian bukan hanya berfokus pada menjalankan puasa mereka pun berusaha untuk selalu memperbaiki dirinya dan menjadi bermanfaat untuk orang lain.

Sebab janji Tuhan dalam Islam menyebutkan bahwa berbuat baik selama bulan puasa jauh lebih besar pahalanya dibandingkan pada bulan-bulan biasanya. Tak heran, hal ini membuat umat muslim akan senantiasa melengkapi banyak ibadahnya dengan kegiatan ibadah lainnya seperti mengaji, menjalankan shalat lima waktu, bersedekah dan masih banyak lagi.

Selain itu bulan suci Ramdhan juga umumnya cukup berbeda dengan bulan-bulan biasanya. Segala aktivitas mulai dari pekerjaan dan hal lainnya akan ikut berubah pada bulan ini. Untuk itu, banyak hal yang dilakukan oleh orang lain yang mana kegiatan ini tidak dilakukan dibulan-bulan biasanya.

Sungguh luar biasa memang keistimewaan dari bulan penuh berkah ini. Bukan hanya umat muslim saja yang menerima dampak positif dari kegiatan ibadah yang satu ini. Melainkan oranglain pun ikut menikmati keistimewaannya.

Nah, salah satu hal yang seringkali terjadi dibulan Ramadhan dan tida terjadi di bulan-bulan biasanya adalah adanya pengurangan waktu pada jam-jam bekerja atau sekolah. Hal ini seringkali menjadi berkah untuk umat muslim agar mereka bisa lebih fokus menjalankan ibadah puasa dan menjalankan ibadah lainnya dengan tenggang waktu yang lebih banyak.

Waktu masuk kantor atau sekolah pun biasanya dibuat lebih siang dibandingkan pada bulan biasanya. Hal inilah yang memungkinkan umat muslim diberikan kebebasan sedikit untuk lebih banyak beribadah dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Selain itu, waktu pulang yang dibuat lebih awal pun seringkali menjadi hal yang menyenangkan, terutama untuk anak-anak.

fakta-unik-puasa-2.jpg

Namun rupanya selain beberapa hal tersebut masih ada cukup banyak hal unik yang terjadi di masyarakat Indonesia selama menjalani ibadah puasa. Dimana kegiatan ini umumnya tidak terjadi pada bulan-bulan lainnya. Ingin tahu seperti apa sajakah hal tersebut? Mari simak dibawah ini.

Membangunkan Orang Sahur

Kegiatan yang satu ini telah menjadi tradisi unik masyarakat Indonesia dalam membangunkan orang lain untuk segera menjalankan ibadah sahur. Kegiatan yang satu ini bisa menjadi barang langka dimana masyarakat bisa bergaduh-gaduh saat dini hari tanpa dikomplain oleh oranglain yang terbangun dengan suara gaduh yang disebabkannya.

Biasanya masyarakat akan melengkapi peralatan tempurnya untuk membangunkan orang sahur dengan aneka macam peralatan yang bisa ditabuh. Contohnya seperti penggorengan, baskom, ember dan peralatan lainnya.

Adapun kata-kata paling umum dalam membangunkan oranglain ini bisanya adalah Sahur...sahur...sahur...dan disertai dengan bunyi berisik dari peralatan yang dibawanya. Untuk sebagian orang, terutama anak-anak bisa terlibat dalam kegiatan ini adalah hal yang cukup menyenangkan dan menghibur.

Kolak dan Takjil Menjadi Makanan Populer Selama Ramadhan

Umumnya pada beberapa santap makanan kita jarang menyertakan makanan pembuka sebelum menyantap makanan lain. Akan tetapi pada saat bulan Ramadhan makanan pengantar berbuka sebelum menyantap makanan besar lainnya seringkali menjadi syarat yang wajib untuk sebagian besar keluarga.

Ya, takjil adalah makanan populer yang tersaji selama bulan Ramadhan. Adapun jenis makanan yang seringkali dibuat untuk takjil adalah kolak. Ada cukup banyak ragam dari kolak yang bisa diolah. Akan tetapi kolak pisang seringkali menjadi favorit masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan sensasi gurih dari santan membuat hidangan ini banyak disukai masyarakat Indonesia. Tak heran bila selama puasa menu sajian ini selalu disertakan di meja makan.

Kurma Menjadi Makanan Wajib Selama Puasa

Buah kurma adalah buah yang di sunnah kan oleh Nabi ketika buka puasa. Nabi menganjurkan untuk minimal mengkonsumsi 3 buah kurma dan satu gelas air mineral pada saat pertama kali berbuka puasa. Kemudian setelah itu selingi dulu dengan melaksanakan ibadah shalat Maghrib.

Sunnah inilah yang seolah membangkitkan tradisi baru di masyarakat Indonesia untuk menghadirkan buah yang satu ini pada saat berbuka puasa. Meskipun tidak sedikit orang yang tidak menjalankan anjuran Nabi dengan langsung menyantap makanan berat karena kalap saat lapar. Namun buah yang satu ini nyatanya tetap menghiasi meja makan saat santap makan di bulan puasa.

Itulah mengapa buah kurma bisa menjadi begitu populer saat puasa dan tak heran bila banyak penjual dipasar menjajakan buah ini sebagai jualannya.

Tradisi Buka Bersama

Buka puasa bersama atau yang seringkali dikenal dengan nama bukber bisa tiba-tiba menjadi tradisi yang begitu populer selama masa Ramadhan. Kegiatan ini dilakukan dengan bertemu sanak saudara, kerabat atau teman lama dan menikmati buka puasa bersama-sama dan bertukar cerita masing-masing.

Sebenarnya kegiatan ini lebih kepada menikmati kebersamaan dibandingkan dengan santapan saat berbuka. Yang mana hal ini umumnya sekaligus dapat mejadi kegiatan positif berjumpa dan mendekatkan silaturahmi bersama dengan orang lain, termasuk kawan lama kita.

Kegiatan buka bersama umumnya tidak dipatok kapan harus melakukan kegiatan ini. Hal ini biasanya dilakukan berdasarkan dengan kesepakatan masing-masing orang atau kelompok.

Ngabuburit

Ngabuburit atau kegiatan membunuh waktu dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan adalah tradisi lama yang selalu dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Kegiatan ini umumnya melibatkan banyak hal yang bisa dinikmati. Seperti halnya berbelanja, berjalan-jalan, bermain atau melakukan kegiatan lainnya.

Sebenarnya kegiatan ngabuburit ini luas maknanya dan untuk sekedar membunuh waktu saja, beribadah pun akan bisa membunuh waktu agar waktu buka tidak terasa. Daripada ngabuburit dengan melakukan kegiatan yang tidak positif ada baiknya bagi anda yang ingin melakukan kegiatan ini cobalah salurkan pada hal-hal yang lebih baik seperti bersedekah, mengaji, tadarusan dan lain sebagainya. 

Baju Baru Saat Lebaran

Hari Raya Idul Fitri pada umat muslim adalah hari kemenangan. Hari yang suci dan hari yang fitri, semua kembali pada keadaan yang bersih. Namun yang unik untuk masyarakat Indonesia yang hendak menghadapi lebaran atau Idul Fitri seringkali memunculkan kebiasaan membeli baju lebaran dan menggunakan segala perlengkapa dan aksesoris tubuh yang baru. Entah darimana datangnya tradisi ini, namun pasar sandang atau toko baju seringkali dipadati oleh ibu-ibu dan banyak orang yang akan membeli baju lebaran.

Kebiasaan yang satu ini benar-benar unik dan mungkin tidak semua Negara mengalami kebiasaan yang satu ini. Untuk itulah, Ramadhan dan tradisinya di Indonesia seringkali terlihat semarak dan serentak.

Demikianlah beberapa kebiasaan atau tradisi unik yang seringkali dijumpai oleh masyarakat Indonesia selama bulan Puas. Apapun tradisinya yang terpenting adalah meningkatkan ibadah pada bulan ini adalah hal yang penting yang harus dilakukan oleh umat muslim dalam rangka memperbaiki dirinya menjadi lebih baik. 

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook