Fakta Unik dari Siput yang Perlu Kita Ketahui

Siput atau hewan yang biasa kita sebut keong ini merupakan nama umum yang diberikan untuk anggota kelas moluska Gastropada.

Sedangkan dalam artian yang sempit, istilah tersebut diberikan kepada meraka yang memiliki cangkang dengan bentuk bergelung pada tahap dewasa, namun meskipun begitu ada juga siput yang tidak memiliki cangkang. Hewan yang satu ini biasanya bisa kita temukan dalam lingkungan yang berbeda-beda, namun yang jelas hewan ini akan ditemukan pada lingkungan yang basah atau lembab.

Pada jaman dahulu siput ini biasanya diburu oleh petani karena diangap sebagai hama tanaman. Namun setelah mengetahui bahwa hewan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat, dimana hewan yang satu ini mengandung banyak protein hewani dan mengandung asam amino esensial yang lengkap, oleh sebab itulah siput tidak dibiarkan begitu saja. Bahkan ekstrak daging serta lendir siput mengandung manfaat untuk mengobati radang selaput mata, sakit karena menstruasi, gatal-gatal, sakit gigi dan yang lainnya. Tidak hanya untuk kesehatan saja, tetapi ada beberapa jenis siput yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Bahkan di negara-negara lain penggunaan siput untuk kecantikan kulit sudah populer.

Fakta-siput

Siput merupakan hewan bercangkang yang terkenal sebagai hewan yang sangat lambat dan lelet. Selain itu, ternyata ada fakta unik dari siput yang tidak banyak diketahui orang. Fakta unik tersebut yaitu bahwa siput dapat tidur dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan jangka waktunya mencapai 3-4 tahun lamanya. Nah, proses tidur siput seperti ini dinamakan sebagai proses hibernasi.

Hibernasi merupakan sebuah kondisi tidak aktifnya serta adanya penurun pada hewan yang ditandai dengan suhu tubuh menjadi lebih rendah, kecepatan metabolismenya menjadi lebih lambat, serta pernafasannya menjadi lebih perlahan. Mengetahui fakta seperti ini tentunya banyak sekali pertanyaan yang muncul dari kita semua, dimana salah satunya pertanyaan yang ingin kita ajukan mengenai alasan mengapa siput bisa tidur selama itu.

Nah, perlu kita ketahui semua siput merupakan hewan yang hidupnya akan bergantung pada kelembaban lingkungan tempat dirinya berada, apabila mereka tidak mendaptkan cairan atau kekurangan cairan sehingga tidak basah, maka kemungkinan hal yang akan terjadi yaitu mereka akan mati. Meskipun memang beberapa siput mampu menggali ke dalam tanah agar bisa menjauh dari udara kering, namun mungkin ini tidak cukup untuk kelangsungan hidup mereka sendiri. Apabila situasinya sudah menjadi kering atau terlalu panas, maka siput akan mencari tempat untuk melakukan hibernasi hingga iklim benar-benar menjadi cocok untuk mereka. Siput melakukan hibernasi atau tidur dalam jangka waktu yang lama seperti itu bertujuan untuk mengembangkan kelangsungan hidup mereka dengan diarahkan untuk mempertahankan kelembaban tubuh mereka sendiri. Dan karena alasan inilah yang menyebabkan kebanyakan siput memiliki sifat nocturnal atau aktif pada malan hari, tidur ketika siang hari dan mencari makan di malam hari.

Ketika siput aktif di malam hari, maka mereka akan bergerak sangat perlahan dan hati-hati. Bahkan siput akan mangunyah apapun yang mereka temukan dengan hanya mengandalkan sentuhan mereka, hal tersebut disebabkan karena penglihatan mereka sangat buruk.

Nah, itulah fakta unik tentang siput. Setelah mengetahuinya maka akan lebih baik jika anda membagikan informasi ini kepada sahabat atau teman-teman yang ada di sekitar anda dengan cara klik tombol share. Jangan lupa pula untuk berikan komentar and pada kolom komentar di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook