Fakta Unik Bulu Kuduk Berdiri. Silahkan Simak Di Sini!

Sebagian besar dari anda pernah merasakan bulu kuduk anda berdiri dan menegang.

Kondisi teresbut lazimnya dikatakan sebagai tanda bahwa di dekat anda sedang ada makhluk halus atau hantu yang sedang berkeliaran. Sehingga kini banyak orang yang beranggapan jika bulu kuduk berdiri karena adanya makhluik lain yang berada di sekitar kita. Bulu kuduk sendiri akan berdiri dn terengkat tanpa harus dikomando atau dikordinasi terselebih dahulu, biasanya terjadi secaratiba-tiba di dalam sebuah kondisi tertentu.

Lantas benarkah bulu uduk berdiri karena kehadiran makhluk halus di sekitar kita? Seorang ahli fisiologis dari Harvar University, Walter B Cannon menemukan fakta unik di balik berdirinya bulu kuduk ini. Menurut Walter berdirinya bulu kuduk seseorang lebih diakibatkan karena rangasangan dari dalam tubuh untuk memberikan sinyal bahaya. Ketika menghadapi bahaya biasanya otaka akan langsung mengirimkan rangsangan ke seluruh tubuh sebagai bentuk respon atas rasa takut yang sedang dihadapi.

fakta 09

Bulu kuduk anda akan berdiri kala rasa takut dan bahaya mulai datang. Otak yang merupakan sumber perintah dari tubuh manusia kemudian akan mengirimkansinyal ke seluruh tubuh dan mengaktifkan hormon adrenalin. Hormon adrenalin kemudian akan dialirkan ke seluruh tubuh dan membuat jantung anda berdetak cepat. Terkadang di momen tersebut telapak tangan anda akan berkeringat secara berlebih. Dengan arenalin yang mulai menjalar di selurh bagian tubuh, kemudian otot tangan kita akan berkontraksi, dan kontraksi itulah yang pada akhirnya akan membuat bulu kuduk kita menjadi berdiri. Hal tersebut dimungkinkan karena pada saat tersebut bagian kulit kita akan menonjol dan menyebabkan bulu kuduk berdiri.

Sebenarnya tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami bulu kuduk berdiri, pada beberapa hewan momen bulu kuduk berdiri juga terjadi ketika mereka sedang berada dalam kondisi yang berbahaya. Contoh nyata adalah pada kucing. Kucing akan merespon bahaya yang datang mengancam mereka dengan bulu yang begerak berdiri. Hal tersebut selain sebagai bentuk respon terhadap bahaya yang datang, juga sebagai cara mereka untuk mempertahankan hidup dengan menakut-nakuti hewan predator yang akan memangsanya.

Lantas kenapa hanya bulu kuduk saja yang berdiri ketika perasaan takut atau bahaya muncul? Hal tersebut dimungkinka karena bulu kuduk memiliki bentukyang lebih halus dan juga pendek ketimbang beberapa jenis bulu lainnya. Selain itu keberadaan bulu kuduk yang berada dekat dengan otot juga membuat bulu kuduk ini akan lebih mudah berdiri ketimbang bulu lainnya yang ada di tubuh kita.

Selain rasa takut, bulu kuduk juga bisa berdiri karena beberapa alasan lainnya yakni, seperti karena rangsangan emosi, suhu di lingkungan sekitarnya, serta karena perasaan waspada terhadap lingkungan sekitarnya. Mungkin itu juga yang terjadi kala kita memasuki tempat yang banyak disebut sebagai lokasi angker. Sebagai manusia kita cenderung waspada terhadap berbagai hal yang bisa kapan saja datang menyerang. Perasaan takut dan juga cemas mempengaruhi pikiran kita. Jelas hormon adrenalin sangat mungkin terpacu ketika kita berada dalam situasi dan kondisi yang seperti itu.

Bagaimana? Sudah tahu fakta unik mengenai berdirinya bulu kuduk anda? Silahkan anda bagikan fakta unik dan alasan di balik berdirinya bulu kuduk milik anda dengan cara menekan tombol berbagai yang telah disediakan di halaman ini, dan mulailah berbagi dengan teman dan sahabat anda di media sosial. Berikan pula pendapat serta komentar anda terhadap fakta unik yang mungkin belum anda ketahui seblumnya ini. Silahkan isi bagian kolom komentarya di bawah ini!,/p>

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook