Fakta Makan Berlebih Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Dalam menjalankan rutinitas atau kegiatan sehari-hari tentunya semua orang membutuhkan energi.

Salah satu sumber energi yang bisa kita dapatkan dengan mudah yakni melalui makanan yang kita konsumsi. Namun, meskipun begitu makanan yang kita kosumsi tidak akan selamanya baik ntuk kesehatan tubuh kita, jika kita tidak bisa mengatur atau menjaga pola makan yang baik dan benar.

Pola makan yang baik dan benar tidak akan cukup jika kita mempunyai rasa yang enak saja. Seperti yang telah kita ketahui, di dunia ini banyak sekali makanan bercita rasa enak namun makanan tersebut tidak menyehatkan. Begitu juga dengan sebaliknya, dimana makanan yang mungkin tidak kita sukai ternyata itu makanan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Fakta-makan-berlebih

Perlu kita ketahui juga, selain sebagai sumber energi utama bagi tubuh kita, makanan juga merupakan salah satu penyumbang terbesar munculnya penyakit atau masalah-masalah kesehatan lainnya.

Selain menimbulkan obesitas, makan dengan pola yang tidak baik dan benar seperti misalkan makan dengan porsi berlebihan juga dapat menimbulkan masalah lainnya seperti diabetes, kolesterol meningkat, sistem pencernaan terganggu, dan yang lebih parahnya yaitu dapat merusak kinerja otak. Dimana kemampuan otak akan menurun, terlebih lagi pada orang tua.

Menurut para ahli, orang yang berusia sekitar 70 tahun atau lebih dari itu apabila kalori yang masuk ke dalam tubuhnya antara 2.100 dan 6.000 kalori dalam setiap harinya maka dua kali lipat fungsi memorinya akan menurun, dimana hal itu bisa menjadi tanda awal terjadinya kepikunan atau Alzheimer.

Berdasarkan salah satu pemimpin peneliti yakni DR Yonas Geda, menuturkan bahwa konsumsi kalori secara berlebihan dalam setiap harinya tidak baik untuk kesehatan otak. Menurutnya hal ini memang terdengar cukup klise, namun meskipun begitu kita juga perlu memperhatikan konsumsi kalori dalam setip harinya. Dan yang mejadi intinya yaitu makan secukupnya atau tidak berlebihan, hal ini dilakukan demi kesehatan otak.

Dalam penelitian, para peneliiti menggunakan data lebih dari 1.200 responden yang berusia 70-89 tahun, dimana mereka semuanya tinggal di Olmsted County, Minnesota. Para peneliti menganalisa para responden tersebut, dan di antara orang berusia lanjut tersebut, 163 orang telah didiagnosa atau diyakini bahwa memorinya telah mengalami penuruanan atau yang lebih dikenal sebagai "kerusakan kognitif ringan."

Para responden tersebut melaporkan kepada para peneliti tentang seberapa banyak mereka makan. Dan ternyata sepertiga dari total jumlah responden tersebut mengaku bahwa mereka makan dengan asupan kalori sekitar 600-1.525 kalori dalam setiap harinya, sepertiga responden lainnya sekitar 1.526-2.142 kalori dalam sehari, sedangkan sepertiga yang lainnya yakni 2.143-6.000 kalori dalam setiap harinya.

Hasil penelitian mengindikasikan di antara para responden yang makan dalam jumlah lebih banyak, maka didiagnosa dua kali lebih besar mengalami masalah atau gangguan memori dibandingkan dengan mereka yang makan dalam jumlah sedikit. Sedangkan responden atau peserta yang makannya sedang, para peneliti tidak menemukan adanya risiko masalah memori. Hasil penelitian ini pun tetap sama meskipun para peneliti memperhitungkan faktor-faktor lainnya seperti riwayat diabetes, stroke, pendidikan serta faktor-faktor yang lainnya. Tidak hanya itu saja, para peneliti juga memperhitungkan body mass index atau BMI dan obesitas. BMI merupakan pengukuran yang dilihat berdasarkan tinggi dan berat badan seseorang. Namun meskipun begitu tidak ada perbedaan antara responden atau peserta normal dengan peserta gangguan kognitif ringan.

Penliti juga mengungkapkan bahwa beskipun belum diketahui secara pasti dan jelas mengapa makan secara berlebih dapat mempengaruhi otak, namun para peneliti juga menduga bahwa asupan kalori yang berlebih mampu menyebabkan terjadinya kerusakan oksidatif, sehingga akan menyebabkan terjadinya perubahan struktural dalam otak.

Yuk bagikan informasi ini kepada teman-teman anda. Berikan juga komentar pada kolom di bawah ini..

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook