Energy Bike: Sepeda Tenaga Surya yang Keren Buatan Anak Indonesia

Dengan berkembangnya kemajuan teknologi dan juga zaman, maka kebutuhan akan moda transportasi dan angkutan menjadi salahsatu kebutuhan yang cukup mendasar.

Seiring dengan laju perkembangan yang sangat pesat, keberadaan sumber daya penunjang untuk transportasi juga tentunya menipis, salahsatunya adalah bahan bakar minyak yang semakin menipis dari waktu ke waktunya, sehingga diperlukanlah sebuah moda transportasi alternatif dengan sumber tenaga baru dan tentunya lebih ramah terhadap alam.

Ada cukup banyak ragam pilihan yang kemudian bermunculan dan datang sebagai pilihan baru, baik dengan listrik atupun juga dengan bahan bakar gas. Dari sekian banyak pilihan tersebut ada sebuah pilihan yang memanfaatkan tenaga dari alam yang bisa dikatakan masih sangat melimpah ruah, yakni sinar surya atau matahari, sehingga cukup banyak mengilhami banyak orang untuk membuat karya alat transportasi dengan sinar matahri sebagai bahan bakar utamanya.

03

Lebih lanjut mengenai alat transportasi dengan memanfaatkan sinar matahari, sebuah produk bernama Energy Bike hasil karya Mahasiswi Institut Teknologi dan Sains Bandung Giasa Lutfiah. Secara umum produk yang diperkenalkan oleh Giasa ini mungkin bukan sebuah hal yang baru,namun secara produk, Energy Bike buatan Giasa ini, bisa dikatakan cukup mengedepankan aspek produksi industri, sebab menurut mahasiswi Program Studi Desain Produk Industri satu ini kebanyakan sepeda bertenaga surya yang ada tidak terlalu mempertimbangkan aspek tersebut.

Dengan memeprtimbangkan berbagai aspek produksi, Giasa akhirnya menghadirkan sebuah produk yang tidak hanya ramah lingkungan, namun juga mememenuhi fitur kenyamanan bagi para pengendaranya. Hal tersebut juga akhirnya berpengaruh terhadap pemilihan material atau bahan pembuatan sepeda tersebut dan juga dari segi desain. Giasa juga menuturkan, dengan mempertimbakan semua aspek tersebut maka didapatkan sebuah produk yang bagus secara penampilan, fungsional dan juga memiliki nilai ekonomi yang baik.

Di awal pembuatannnya, Giasa terinspirasi oleh keberadaan sepeda yang bisa hadir sebagai salahsatu moda transportasi alternatif bagi para mahasiswa ITSB kala itu, hingga akhirnya memunculkan sebuah ide mengenai sepeda tenaga surya bernama Energy Bike. Sepeda tenaga surya buatan Giasa ini secara bentuk mencoba mengadopsi bentuk otoped dengan pijakan pada kakinya yang terbentuk dari baterei yang menampung tenaga hasil konversi sinar matahari. Pada bagian depannya terlihat sebuah panel listrik yang menangkap tenaga surya untuk mengisi baterei.

Hingga kini diketahui jika Energy Bike mampu menempuh perjalanan 20 km/jam dengan beban mencapai 100 kg. Dengan riset selama kurang lebih 1 tahun Giasa akhirnya bisa merealisasikan ide sepedanya tersebut menjadi sebuah produk prototype. Hingga kini Giasa masih mereview hasil karyanya tersebut sehingga lebih ramah secara produksi, terlebih mempertimbangkan lokasi dan bentuk panel yang terlihat kurang minimalis. Kedepannya Giasa berharap bisa lebih berkompromi dengan bentuk panel yang ada, bahkan mungkin bisa mengikuti sepeda secara umum, sehingga kedepannya, sepeda tersbut bisa diproduksi secara masal.

Demikianlah salahsatu jenis produk hasil karya anak bangsa yang memiliki fungsi serta desain menarik serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat pada umumnya. Kehadiran sepeda dengan menggunakan tenaga surya ini juga bisa menjadi sebuah pilihan bagi anda yang mencari alternatif kendaraan yang ramah lingkungan dan juga teknologi tepat guna untuk dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.

Silahkan untukmembagikan artikel mengenai sepeda tenaga surya yang unik dan menarik ini kepada teman dan sahabat anda yang berada di media sosial dengan menekan tombol share yang berada di bagian bawah artikel. Lanjutkan dengan mengisi kolom komentar yang sudah di sediakan pada bagian bawah artikel dengan komentar yang anda miliki mengenai sepeda listrik ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook