Curug Malela: Wisata Air Terjun Miniatur Niagara Di Jawa Barat

Banyak sekali keindahan alam yang bisa anda telusuri di alam Indonesia yang sangat indah.

Susunan gunung, pantai, danau hutan dan berbagai keindahan alam lainya tersel;ip di setap penjuru tempat di Indonesia, alamnya yang indah memberikan pesona tersendiri bagi anda sekalian yang hobi akan wisata dan petualanag. Indonesia seakan tidak pernah kehabisan destinasi utnuk anda jelajahi.

Indonesia sendiri memang dikenal sebagai negara yang alamnya sangat lestari, dan salahsatu lokasi yang masih menyimpan keindahan alam yang lestari adalah Jawa Barat. Banyak sekali tempat di Jawa Barat yang masih teramat alamai, apalagi peran Jawa Barat, khususnya Bandung sebagai kota penyangga bagi metropolitan Jakarta.

02-curug-malela

Berbicara mengenai potensi alam Jawa Barat dan keindahan alamnya, maka ada sebuah lokasi yang menyimpan keindahan alami yang patut anda coba telusuri dan kunjungi. Lokasi tersebut bernama Curug Malela, atau dalam bahasa indonesia adalah air Terjun Malela. Terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga - Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, Indonesia, Curug Malela ini menyimpn keindahan layaknya air terjun terkenal asal Ontario, Kanada, yakni Niagara.

Aliran air Curug Malela ini besaral dari Gunung Kendeng yang merupakan sebuah gunung merapi yang kini sudah tidak aktif lagi. Aliran air dari gunung tersebut kemudian mengalir melalui Sungai Cidadap dan pada satu bagiannya ia membentuk sebuah bentang alam menarik bernama Curug Malela.

Indahnya Curug Malela

Dengan keunikan dan kenampakan alam dari Curug Malela, banyak sekali orang yang mengidetikannya dengan keindahan yang dimiliki oleh Niagara. Meskipun memang ukuran serta debita air yang dimilikinya berbeda jauh dengan besarnya Air Terjun Niagara di Kanada.

Ketinggian dari Curug Malela ini sendiri berkisar antara 60 meter hingga 70 meter, dengan 5 buah jalur yang semakin melengkapi dan memperindah Air Terjun ini. di bagian kanannya anda juga bisa melihat sebuah diing besar putih yang kemungkinan besar dahulu juga merupakan air terjun indah.

Menariknya Curug Malela ini tak berhenti samapai di situ saja sebab Curug Malela meruapakan salahsatu curug diantara 7 lainnya yang alirannya saling berhubungan, dan Curug Malela ini merupakan awal perjalan menuju curug-curug lainnya.

Meskipun demikian ternyata bagi anda yang ingin mengunjungi Curug Malela ini harus menempuh perjalanan yang tidak terlalu mudah, sebab akses yang tersedia masih berupa lintasan alam yang berupa tanah, oleh karena itu bagi anda yang memang menyukai perjalan dan petualang alam, berkunjung ke Curug Malela ini akan memberikan kesan tersendiri.

Cara Menuju Ke Curug Malela

Menuju ke Curug Malela ini sebenarnya dapat ditempuh dengan beberapa cara dan lokasi awal, anda bisa menuju ke Curug Malela ini dari Bandung, Cianjur ataupun juga Sukabumi. Berikut ini adalah salahsatu jalur yang bisa anda tempuh, yakni dari Terminal Leuwi Panjang.

  • Dari terminal Bunijaya, gunakan ojek menuju Desa Cicadas atau silahkan berjalan kaki dengan jarak sekitar 12 km. Setelah itu lanjutkan perjalanan melintasi bukit-bukit, hutan dan sawah sekitar 3 hingga 4 km menuju lokasi.

Akomodasi Perjalan

Untuk penginapan dan tempat makan, mungkin untuk kawasan ini belum tersedia dengan baik, sehingga tidak ada pilihan lain lagi selain anda kemabli pulang dan tidak bermalam di lokasi. Utnuk perbekalan sendiri anda bisa memebawa dari rumah atau membeli dulu ketika transit di mini market dan kampung sebelum menuju ke lokasi air terjun.

Tertarik berkunjung? Mari bagikan artikelnya dengan cara menekan tombol share pada bagian bawah halaman ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook