Burgerkill: Band Metal Indonesia yang Mendunia

Bukan rahasia lagi jika skena metal Indonesia merupakan salahsatu yang terbesar di dunia.

Bagi anda yang mengakrabi musik ini mungkin sudah mengetahui bagaimana reputasi Indonesia dalam musik yang sering dianggap brutal dan keras ini. Skena musik metal di Indonesia dikenal sebagai salahsatu yang terbesar dan terus berkembang selain beberapa negara di dunia lainnya seperti Brazil yang memiliki populasi metalhead (julukan penggemar metal) cukup banyak.

Dari mulau tahun 90-an hingga sekarang, skena metal terbangun dengan perkembangan yang sangat positif, di mana banyak sekali band-band yang bermunculan serta banyak orang-orang yang mulai menaruh perhatian terhadap musik ini. Iklim yang sangat bagus terbentuk tersebut juga terbukti pada akhirnya membuat banyak band-band besar dunia yang kini berlomba-lomba menggelar pertujukan di tanah pertiwi ini.

 

Dengan reputasi yang dimiliki skena metalnya, Indonesia sendiri hampir tidak pernah luput dari sorotan media dan berbagai dokumentasi metal yang dibuat, seperti yang terakhir Indonesia masuk ke dalam sebuah film dokumenter mengenai bagaimana perkembangan skena musik metal di seluruh dunia, dan Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia tenggara yang masuk ke dalam film yang berjudul “Global Metal” tersebut.

Dari awal terbentuknya skena metal di Indonesia dari awal hingga sekarang kita mengenal banyak nama yang sangat bersinar tidak hanya di negeri sendiri tapi juga sampai ke berbagai belahan dunia lainnya, sebut saja Siksa Kubur, Jasad, Tengkorak, Seringai dan yang paling fenomenal adalah Burgerkill.

Berbicara mengenai musik metal, rasanya sangat tidak mungkin tidak membicarakan prestasi membanggakan dari band metal asal Bandung satu ini, Burgerkill merupakan sebuah band yang terlahir dari skena lokal Ujung Berung Rebel ini begitu dikenal, tidak hanya dalam lingkup lokal atau nasional, mereka merupakan salahsatu band yang mampu bergaung secara internasional dan memiliki fans yang terhitung sangat militan dan mendunia dengan julukan Begundal.

Terbentuk sejak 1995 di Bandung Burgerkill bisa disebut sebagai band metal paling sukses dan berpengaruh di Indonesia hingga saat ini. Penampilannya selalu mengundang masa dalam jumlah yang sangat banyak. Malang melintang di berbagai pertunjukan musik cadas di Indonesia hingga melakoni tur di berbagai negara merupakan catatan monumental dari band ini, dan tentunya hal tersebut terhitung sangat membanggakan Indonesia. Gelaran tur yang dilakukan di sejumlah negara seperti Australia, Singapura, Malaysia menjadi catatan penting yang memperlihatkan bagaimana berbahayanya band Indonesia yang satu ini.

Dari sekian banyak keringat serta perjuangan jatuh bangun yang mereka alami, di tahun 2013 Burgerkill sempat meraih penghargaan yang sangat bergengsi dalam musik metal dunia. Acara penghargaan tersebut diselenggarakan oleh sebuah majalah metal ternama dunia yakni Metal Hammer. Burgerkill berhasil meraih Golden Gods Award untuk kategori “Metal As F*ck”. Dalam kategori tersebut Burgerkill harus bersaing bersama nama-nama besar lainnya yakni Jason Newsted, Pussy Riot, Nergal dan Sea Shepherd.

Hingga kini perjalanan Burgerkill juga telah terdokumentasi dalam sebuah film dokumenter yang berjudul “We Will Be Bleed” yang disebut-sebut sebagai dokumenter metal pertama di Indonesia dan yang paling terbaru adalah sebuah photobook yang mengabadikan rangkaian tur mereka yang berjudul “Spit The Venom Tour 2013”. Di tahun 2015 Burgerkill kembali bersiap untuk menggaungkan kembali musiknya di kancah internasional melalui gelaran tur mereka di Jerman, yang rencana akan digelar pada bulan Juni nanti. 

Mari terus dukung musisi Indonesia untuk menggaungkan musiknya ke seluruh dunia. Sebarkan artikel dan videonya kepada teman dan sahabat anda.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook