Black Sapote, Buah yang Memiliki Rasa Unik

Resep Kue Kering

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, buah-buhan merupakan salah satu makanan sehat yang harus kita konsumsi dalam setiap harinya.

Hal tersebut disebabkan karena buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, serat yang baik untuk sisitem pencernaan dan kandungan gizi lainnya yang diperlukan oleh tubuh.

Banyak sekali jenis buah yang bisa kita jumpai di bumi ini dengan segala keunikan dan kelebihan tersendiri, entah itu dari bentuk, rasa dan khasiat yang dikandungnya. Tetapi perlu kita ketahui juga, di setiap negara masing-masing memiliki buah unik dan khas, dimana buah tersebut biasanya tidak akan bisa kita temukan di daerah lainnya. Nah, apakah anda pernah mendengar salah satu buah bernama Black Sapote atau sapote hitam? Buah ini tentunya akan sangat asing bagi masyarakat yang tinggal di Indonesia karena buah yang satu ini berasal dari Meksiko tumir, Amerika Tengah dan Columbia. Namun buah yang memiliki nama latin Diospyros digyna ini pun bisa kita jumpai di beberapa negara lainnya seperti di Filipina, Florida dan Australia.

Fakta-black-sapote

Sebenarnya buah ini telah masuk ke Indonesia sejak sepuluh tahun yang lalu. Dimana di Tanah Air kita sendiri buah ini kerap kali disebut dengan sawo hitam. Karena banyak orang yang belum mengetahui kehadiran buah yang satu ini oleh sebab itulah tanaman buah ini digolongkan sebagai tanaman langka.

Nah, bagi anda para pecinta cokelat rasanya harus mencoba buah Black Sapote ini. Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan karena buah ini memiliki keunikan tersendiri dari segi rasanya, dimana buah Black Sapote ini memiliki sensasi rasa cokelat di dalamnya.

Black Sapote memiliki kulit berwarna hijau. Namun ketika kita membelah buah ini, maka akan nampak begitu jelas daging buahnya yang berwarna cokelat dan bertekstur lembut. Bahkan buah ini pun sering disebut sebagai puding cokelat, karena rasanya tidak jauh berbeda dengan puding cokelat.

Diketahui, buah yang satu ini memiliki kerabat dengan buah kesemek. Black Sapote memiliki rasa pedas manis namun pada umumnya sangat mendekati dengan rasa puding cokelat.

Ketika matang, Black Sapote memiliki diameter sekitar 5 sampai 10 cm. Buah yang memiliki biji di dalamnya ini juga bisa kita konsumsi secara langung dalam keadaan masih mentah. Namun biasanya kebanyakan orang mengkonsumsi buah yang satu ini dengan menggunakan sendok layaknya ketika mengkonsumsi buah naga atau buah alpukat.

Perlu kita ketahui juga, Black Sapote rendah akan lemak dan kaya akan vitamin C. Dimana karena kandungannya itulah banyak orang yang mengganti cokelat dengan menggunakan buah yang satu ini, karena diyakini buah ini lebih sehat saat diolah menjadi dessert lezat seperti misalkan kue, puding, pie dan lain sebagainya. (Baca: Resep Kue Kering)

Selain dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai bahan makanan, buah yang satu ini juga biasanya sering digunakan sebagai obat. Dimana diketahui Black Sapote sangat baik sebagai obat untuk insomnia, meningkatkan penglihatan, mengobati masalah pernapasan atau kulit, serta sebagai sumber energi dan pencahar alami.

 

Nah, jika anda merasa penasaran dengan buah yang memiliki cita rasa unik ini, anda bisa simak langsung videonya di bawah ini.
Setelah mengetahuinya, maka tidak ada salahnya jika anda membagikan kepada teman, sahabat atau orang-orang yang ada di sekitar anda lainnya dengan cara menekan tombol share. Anda juga bisa menyertakan komentar pada kolom di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook