Berwisata di Candi Sambisari Situs Bersejarah Peninggalan Agama Hindu

Indonesia merupakan salahsatu lokasi di dunia dengan beragam situs dan peninggalan purbakala tersimpan di dalamnya.

Berbicara mengenai ragam peninggalan masa lalu dan situs bersejarah, mungkin nama-nama besar semacam Borobudur, prambanan, hingga Ratu Boko sudah seringkali anda dengar, namun pernahkah anda mendengar nama Candi Sambisari. Candi Sambisari merupakan salahsatu situs peninggalan agama Hindu yang pernah terkubur hinga kedalaman 6,5 meter di bawah permukaan tanah./p>

Menurut sejarah dan informasi yang diterima, Candi Sambisari sendiri ditemukan pada tahi 1966 oleh seorang petani bernama Karyowinangun. Ia pertama kali menemukan situs tersebut ketika sedang mencangkul kemudian cangkulnya membentur sebuah bongkahan batu keras berpahat di dalam tanah, ketika digali lebih daam ternyata batu tersebut merupakan sebuah situs peninggalan agama Hindu yang berbentuk candi. Diperlukan kurang lebih hingga 21 tahun pemugaran sebelum kini kita bisa menikmatinya dengan baik.

04-candi-sambisari

Menyaksikan Kebesaran Masa Lalu Candi Sambisari

Jika anda mengunjungi candi Sambisari anda akan menemukan sebuah candi induk dan 3 candi pendamping, selain itu untuk masuk ke dalam area candi anda akan melewati 4 jalan masuk atau pintu gerbang. Begitu masuk, suasana asri yang langsung hinggap di benak anda, sebab rumput hijau yang terbentuk dengan rapih dan sedemikian rupa sehingga mirip seperti kastil-kastil yang ada di Eropa.

Selain candi-candi anda juga bisa menemukan 8 lingga patok yang tersebar di penjuru mata angin areal Candi Sambisari. Selain hal tersebut ada beberapa hal yang berbeda dari Candi Sambisari dengan candi-candi kebanyakanyang pernah ditemukan, salahsatunya adalah candi induknya yang tidak memiliki bidang bidang alas, serta bagian kaki candi yang tidak memiliki relief apapun, tidak seperti candi kebanyakan yang ditemukan di wilayah lainnya.

Bagi anda yang gemar dengan fotografi, maka anda bisa mengunjungi lokasi ini untuk mengambil gambar dengan suasana yang sangat tenang dan nyaman, tentunya menarik juga untuk anda abadikan. Setelah berpuas diri mengabadikan gambar maka kegiatan yang bisa anda lanjutkan adalah mencari tahu sejarah dan mereka ulang melalui foto-foto dokumentasi ketika proses pemugaran dilakukan. Anda bisa mengunjungi ruang informasi untuk bertanya dan melihat dokumentasi tersebut.

Transportasi

Lokasi Candi Sambisari ini tidaklah terlalu sulit, dengan titik keberangkatan Kota Yogya maka anda tinggal berkendara menuju ke arah Solo atau Yoga-Solo, lebih tepatnya menuju ke arah Bandara Adi Sumarmo hingga betremu dengan akademi angkatan udara. Dari situ anda akan menemukan pertigaan, jika dari Yogya menuju Solo maka ambil menuju ke arah kiri, namun sebaiknya anda bertanya terlebih dahulu untuk memastikan. Dari situ anda tinggal lurus hingga menuju ke area Candi Sambisari.

Tidak dibutuhkan tiket masuk untuk melihat isi dalamnya, namun anda hanya akan dikenalan tarif untuk parkir kendaraan berkisar pada 200 rupiah untuk motor dan sekitar 5000 untuk mobil. Tidak ada transportasi umum yang bisa anda gunakan selain ojek, oleh karena itu anda sebaiknya mengusahakan untuk membawa kendaraan pribadi agar lebih ringkas dan nyaman.

Akomodasi Wisata Candi Sambisari

Lokasinya berada di lingkungan warga sehingga untuk urusan makanan dan minuman, anda bisa mencari warung atau temapt makan di sekitar, namun perhatikan untuk tidak membuat sampah di sembarang tempat, sebab lokasi Candi Sambisari memang sangat bersih dan nyaman untuk dijelajahi tiap sudutnya. Selain karena lokasinya yang terletak dekat perkampungan, candi ini juga diketahui memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai sebagai lokasi wisata yang menyenangkan sekaligus mengedukasi.

Jangan lupa untuk mengajak temanmu melihat lebih dalam sejarah masa lalu dengan mengunjungi candi Sambisari. Tekan tombol share di bagian bawah artikel untuk membagikannya. anda juga bisa turut memberikan komentar dengan menambahkan pendapat anda di dalam kolom yang telah disediakn.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook