Berwisata dan Menikmati Liarnya Alam Pulau Biawak yang Luar Biasa Indahnya

Memasuki musim liburan banyak orang yang bersiap untuk pergi berlibur.

Jika anda berniat mengisi liburan anda, maka tidak ada salahnya untuk mencoba sebuah tempat yang bernama Pulau Biawak di Kabupaten Indramayu. Banyak yang salah mengira karena namanya biawak, pulau ini sering diidentikan dengan Pulau Komodo yang berada gugusan Kepulauan Nusa Tenggara. Padahal kenyataannya, letak kedua tempat ini sangat jauh lokasinya. Meskipun demikian tidak perlu khawatir karena pesona dari Pulau Biawak ini tidak kalah dengan Pulau Komodo, yakni sama-sama memiliki pesona alam yang mengagumkan dan memiliki spesies hewan melata besar yakni biawak.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Pabean Ilir, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kini masyarakat mengenal nama pulau ini sebagai pulau biawak, penamaan itu sesuai dengan spesies hewan yang banyak menghuni pulau ini, meskipun sebenarnya Pulau Biawak ini memiliki nama lain selain Pulau Biawak, yakni pulau Rakit, Pulau Menyawak atau Pulau Bompyis. Nama Pulau Bompyis sendiri merupakan pemberian Belanda ketika masa penjajahan sedang berlangsung. memiliki luas pulau hingga 120 hektar pulau ini terbagi dalam beberapa bagian, yakni 80 ha hutan bakau dan sisanya hutan pantai atau darat.

Berwisata dan Menikmati Liarnya Alam Pulau Biawak yang Luar Biasa Indahnya

Mengunjungi Pulau ini anda akan diajak menikmati pesona alam, sejarah, juga mistis yang menyertainya. Tapi jangan khawatir karena justru paduan dari ketiga hal tersebut yang membuat perjalanan anda akan terasa lebih menarik.

Beberapa mitos misteri yang menyertai pulau ini antara lain adalah adanya biawak peliharaan noni Belanda, sumur darah, dan kepiting besar. Menurut mitos jika bertemu dengan kepiting besar yang berjalan lambat ini maka kelak akan ada rejeki besar yang menghampiri anda. Kepiting ini tidak boleh ditangkap dan di bunuh.

Mengenal Potesi Wisata Pulau Biawak

Jika anda berniat pergi mengahibskan liburan anda di Pulau ini maka jamianan akan pengalaman dan kepuasan yang berbeda akan anda dapatkan. Salahsatu yang menarik tentu saja biawak yang banyak sekali tinggal di pulau ini. Di pulau ini anda akan disuguhi pemandangan satwa liar biawak yang masih 1 keluarga dengan komodo namun dengan ukuran tubuh lebih kecil. Hanya dengan meletakan daging ikan mentah di dermaga maka biawak dengan penciuman tajam akan segera keluar dan anda akan segera bisa melihat spesies hewan melata tersebut.

Pulau Biawak yang terbagi dalam 3 pulau besar yakni Pulau Gosong, Candikian dan Pulau Biawak itu sendiri. Selain pesona satwa biawak, pulau ini juga memiliki mercusuar peninggalan Belanda. Sebagai area pelayaran penting dari masa kolonial hingga sekarang, di Pulau Biawak didirikan sebuah mercusuar sebagai penujuk arah bagi kapal-kapal yang lewat atas perintah Raja Z.M Willem III. Hingga kini bangunan mercusuar yang sudah berusia tua tersebut masih berdiri dan bisa digunakan untuk melihat pemandangan sekitar pulau dan menikmati matahari senja dari ketinggian. Meskipun demikian, tetaplah berhati-hati ketika meniki anak tangganya, sebab usianya yang sudah tua menyebabkan beberapa bagian sudah keropos dan rentan rusak. Namun jika anda tidak suka ketinggian maka wilayah Pulau Biawak ini juga memiliki dermaga indah yang bisa kalian gunakan sebagai alternatif melihat sunset yang indah

Seperti halnya banyak perairan di Indonesia, Pulau biawak juga memiliki pesona bawah laut yang menawan, oleh karena itu segeralah ambil google dan fin mu dan marilah kita brsnorkeling ria. Sebab keindahan bawah lautnya masih sangat indah dan perawan dengan koleksi ikan dan terumbu karang yang sangat banyak. Jangan lupa juga berkunjung ke Pulau Gosong yang hanya berjarak 1 jam perjalanan saja dari Pulau biawak. Di sana kalian akan menemukan sebuah pulau cantik yang sebenarnya merupakan atol berbentuk cincin yang sangat menawan.

Sebagai wilayah konservasi, di Pulau Biawak terdapat juga beberapa spesies burung yang khas seperti trinil pantai, cangak bulus, cekaka, dan beberapa jenis hewan lainnya. Di pulau ini juga ditemukan beberapa situs makam Belanda, serta makam seorang Syekh yang bernama Syeh Sarif Hasan yang menyebarkan agama Islam di Jawa Barat, beliau dikabarkan sering bertapa di Pulau Biawak.

Menuju Pulau Biawak

Untuk kalian yang tertarik berwisata di Pulau yang mengagumkan ini sebanarnya sudah banyak sekali jasa paket wisata yang siap membantu liburan anda selama berada di pulau ini beserta semua akomodasi dan transportasi baik menuju dan perjalana pulang dari Pulau Biawak. Namun jika anda seorang petualang dan senang dengan perjalanan sendiri, hanya tinggal siapkan rangkaian jadwal anda dan bersiaplah untuk menuju ke Pulau ini. banyak sekali angkutan yang bisa anda gunakan. Berikut adalah rangkaian perjalanan dari titik pertemuan yakni Kota Indramayu. setelah sebelumnya posisi anda berada di Kota Indramayu anda tinggal naik angkot 05 dan turun langsung di Pelabuhan Karangasong. Setelah sampai di Pelabuhan Karangasong, barulah anda menggunakan perahu untuk sampai di Pulau Biawak.

Bermalam Di Pulau Biawak

Tidaklah cukup memang 1 hari saja berwisata ke sebuah tempat, sebab banyak hal yang tidak bisa dilakukan dalam waktu 1 hari saja. Oleh karena itu biasnya bermalam menjadi pilihan yang terbaik. Untuk penginapan di Pulau biawak ini sebenarnya masih terhitung minim sebab yang tersedia hanyalah rumah penjaga pulau saja, beberapa mess dan homestay milik dinas. Tidak ada pilihan lain untuk penginapan dengan fasilitas bagus di Pulau Ini. pilihan lain anda bisa membuak tenda ketika berada di sana, namun tetaplah waspada karena bisa saja biawak tiba-tiba muncul, terlebih di malam hari.

Tips Berkunjung Ke Pulau Biawak

  1. Bagi kalian yang berjiwa backpacker mungkin lebih mmilih untuk langsung datang ke sana sendiri tanpa bantuan pihak travel atau tur wisata. Namun bagi anda yang tidak ingin direpotkan bisa dengan menggunakan bantuan jasa travel yang akan menyiapkan semua jadwal kegiatan, akomodasi, transportasi, hingga penginapan. Cara lainnya adalah anda bisa bergabung dengan kelompok wisata yang biasanya diorganisir beberapa orang pecinta traveling di kaskus atau facebook.
  2. Persiapkanlah segala bentuk kebutuhan kalian selama berada di Pulau ini dari mulai pakaian, makanan, hingga obat-obatan khusus yang sekiranya penting. Hal ini perlu dilakukan mengingat di Pulau Biawak ini tidak terdapat supermarket bahkan warung kecil sekalipun.
  3. Menarik untuk mencoba perjalanan malam menuju ke Pulau Biawak dan mendapatkan pengalaman sunrise yang mengagumkan ketika berada di perahu.
  4. Perkirakan waktu kepulangan, jangan sampai waktu kepulangan anda diundur karena air laut surut. Sebab Pulau Biawak ini merupakan pulau karang sehingga ketika surut perahu yang biasanya mengantarkan, tidak bisa beroperasi dan tertambat di dermaga, dan baru bisa kembali beroperasi setelah air pasang pada dini hari.

Tertarik untuk mencoba berlibur di Pulau Biawak? Segeralah ajak teman-temanmu. Berikan komentar dan share videonya.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook