Berwisata Bersama Gajah Liar Di Taman Nasional Way Kambas Lampung

Rasanya monoton jika waktu liburan anda hanya berkisar antara laut dan gunung saja.

Padahal alam Indonesia tak hanya menyajikan itu semata, walaupun memang keindahan alam laut dan gunung Indonesia tiada bandingannya. tapi bentuk eksplorasi liburan dan variasi pilihan destinasi justru akan membuat liburan dan wisata yang akan anda lakukan sangat berkesan. Pengalaman akan kunjungan dan pengtahuan tempat-tempat baru akan semakin memperkaya perbendaharaan alternatif pilihan wisata anda.

Beragam eksplorasi wisata bisa dilakukan, salahsatunya dalah dengan melihat keindahan dan keeksotisan fauna yang hidup di alam Indonesia. Salahsatu pulau di Indonesia yang memiliki keberagaman hewan yang kini cukup langka adalah Sumatera. Pulau ini menyimpan sejuta pesona fauna yang sangat menarik. Dari mulai Harimau Sumatera, Badak Sumatera, hingga yang terbesar dan menjadi ikon adalah Gajah Sumatera.

Berwisata Bersama Gajah Liar Di Taman Nasional Way Kambas Lampung

Berbicara mengenai Gajah Sumatra, maka salahsatu yang menjadi basis bagi pelatihan dan konservasinya adalah sebuah taman nasional yang berada di Lampung, bernama Taman Nasional Way Kambas. Taman nasional yang terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia ini merupakan salahsatu dari 2 pusat pelatihan gajah yang ada di Sumatera. Meskipun demikian tidak hanya gajah yang dilatih serta di konsevasi di areal taman nasional way kambas ini, sebab tempat ini juga merupakan wilayah konservasi bagi spesies badak agar tidak mengalami kepunahan.

Memiliki luas 1300 kliometer persegi, dan terletak di samping sungai Way Kambas, tempat ini akan menjadi alternatif wisata yang sangat jarang dipilih orang. Hal tersebut tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri yang sangat menarik dan berkesan bagi anda yang memang berminat mencobanya.

Pesona Taman Nasional Way Kambas

Banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan ketika berkunjung di Taman Nasional Way Kambas ini, sebab anda kan diajak bercengkram abersama para gajah yang berada tempat pelatihan. Dari keseluruhan gajah yang berada di Taman Nasinal Way Kambas ini terdapat 5 gajah yang menjadi duta bagi gajah-gajah liar lain, dan akan memberikan suguhan atraksi serta bercengkrama dengan para wisatawan. 

Setiap sore anda kan melihat atraksi para gajah yang bermain bola di arela Pusat Pelatihan Gajah (PPG), selain itu anda juga bisa menunggang gajah dan berjalan-jalan di sekitar area Taman Nasional yang diperbolehkan. Jika anda beruntung, maka anda juga akan menemukan beberapa gajah liar yang berada di areal tersebut. Anda juga bisa menyewa perahu motor untuk sekedar menyusuri area sungai Way Kambas dan menikmati pesona alamnya yang masih cukup alami. Jika berniat mendirikan tenda dan berkemah, maka tersedia juga lahan khusus yakni bumi perkemahan Way Kanan. Sempatkan juga untuk melihat sebuah rumah sakit yang baru hanya ada satu-satunya di dunia dan merupakan yang terbesar, yakni sebuah rumah sakit gajah. Rumah sakit gajah yang berdiri di Taman Nasional Way Kambas ini merupakan hasil kerjasama yang dilakukan antara beberapa pihak seperti Kementrian Kehutanan, taman safari, juga kebun binatang Australia. 

Meskipun demikian ada beberapa areal yang tidak diperbolehkan dimasuki wisatawan tanpa didampingi oleh pemandu, sebab selain anda bisa tersesat, di sana juga terdapat binatang-bintang lain yang masih liar dan berbahaya, seperti harimau sumatera, anjing hutan dan beragam binatang yang masih liar.

Cara Menuju Taman Nasional Way Kambas

Akses menuju ke Taman Nasional Way Kambas ini sebenarnya sekaran sudah tersedia dengan baik, dan banyak sekali jalur transportasi yang bisa ditempuh oleh para wisatawan yang tertarik mengunjungi gajah-gajah terlatih di area tersebut.

Beberapa pilihan jalur yang dapat ditempuh oleh para wisatawan antara lain.

Dengan titik awal dari Bandar Lampung maka perjalanan dilakukan menuju ke arah Way Jepara dengan menggunakan bus. Kemudian anda berhenti di pemberhentian Desa Gajah Batu, dan berlanjut menggunakan ojek menuju arah Way Kanan atau PLG yang merupakan pintu masuk TNWK.

Jika titik awal keberangkatan dari terminal Bakauhuni maka jalur yang bisa ditempuh adalah menuju Labuan Meringgai dan berhenti di Way Kambas.

Penginapan Di SeKitar Area Taman Nasional Way Kambas

Jika anda berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas, maka tak usah merasa khawatir sebab beragam fasilitas penginapan dan akomodasi di sekitar area ini cukup lengkap dan tersedia dengan baik. Ada beberapa piliha tempat anda menginap di sana, seperti cottage yang berlokasi di Satwa Gajah Eco Lodge. Cottage yang berlokasi hanya sekitar 500 meter dari pintu masuk ini akan cukup memenuhi kebutuhan anda selama berwisata di arena Taman Nasional Way Kambas, dengan fasilitas lengkap dari mulai kasur pegas hingga pemanas air bertenaga surya. Area sekitar berupa taman yang penuh buah-buahan tropis akan membuat liburan anada selama di area ini berkesan, anda juga dapat menikmati suasana makan dalam sebuah restoran terbuka dengan menu lengkap dari Indonesia hingga westren food.

Jika anda seorang backpacker dan memerlukan penginapan dengan harga yang relatif terjangkau, maka anda bisa menuju ke Way Kanan. Di Way kanan banyak tersedia penginapan yang berkisar pada harga 100-200 ribu saja. Fasilitas yang ada cukup layak dan bersih untuk ditempati.

Pilihan lainnya adalah Way Kanan resort, resort ini menjadi satu-satunya resort yang berdiri di areal Taman Nasional Way Kambas dan sering menjadi tempat menginap para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru tempat, tak hanya wisatawan dalam negeri juga, tetapi juga para wisatawan asing yang hendak sekedar berlibur atau juga melakukan penelitian.

Area PLG juga menyediakan paket menginap dalam sebuah rumah kayu di pinggir kolam minum dan pemandian gajah. Lokasi ini sangat tepat bagi para peneliti yang hendak meneliti kehidupan gajah. Dengan haraga yang berkisar 200 ribu juga per malam.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ada areal Way Kanan yang merupakan camping ground, maka anda bisa mendirikan tenda dan bermalam dengan suasana alam di areal tersebut setelah sebelumnya mendapat SIMAKSI atau surat izin dari pengelola.

Tips Mengunjungi Taman Nasional Way Kambas

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda akan mengunjungi Taman Nasional Way Kambas.

Ketika masuk ke areal TNWK anda hasrus memiliki izin. Izin dan berbagai informasi anda bisa mendapatkannya di Balai Konservasi Alam 11 yang terletak dekat dengan terminal Rajabasa, berjarak hanya setengah kilometer saja.

Usahakan datang ke Taman Nasional pada sore hari sebelum senja, sebab jika anda menggunakan kendaraan umum, anda tak akan bisa menemukan transportasi berupa ojek yang mengantarkan anda ke area pintu masuk TNWK

Jika anda memilih menginap di penginapan di sekitar area Way Kanan, maka jangan lupa berbekal makanan atau bahan makanan, sebab di area tersebut tak tersedia warung pada malam hari. Sehingga anda harus mempersiapkannya dari siang hari.
Patuhi semua instruksi dan papan peringatan di sekitar area taman nasional, sebab hal tersebut merupakan prosedur keselamatan awal bagi semua pengunjung yang berwisata di Taman Nasional Way Kambas.

tertarik berkunjung? Jangan lupa ajak teman dan keluargamu, share artikel dan videonya.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook