Bersihkan Sampah Sisa Aksi, Inilah Kisah Unik Di Balik Aksi Damai 4 November Di Jakarta

Aksi damai yang digelar oleh banyak ormas muslim sebagai tindakan reaktif terhadp dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama memang menyisakan banyak cerita menarik dan juga unik. Di balik berbagai pemberitaan yang menyudutkan berbagai pihat, terselip momen yang seharusnya menjadi cerminan dan pelajaran bagi banyak orang.

Dari berbagai momen yang terjadi saat aksi demo yang digelar pada 4 November 2016 kemarin, salahsatu yang patut diapresiasi adalah aksi bersih-bersih yang dilakukan sejumlah relawan yang hadir kala itu. Aksi damai yang diikuti ribuan peserta itu tentunya menyisakan sampah yang tidak sedikit.

Salahsatu spot yang menjadi pusat berkumpul para relawan tersebut adalah Mesjid Istiqlal. Sebagai tempat bernaung ribuan relawan dari luar daerah, mesjid terbesar di kawasan Asia Tenggara itu terlihat dipenuhi oleh sampah. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, setelah para relawan dari berbagai lembaga secara sukarela turun ke lapangan untuk membersihkan sampah yang ada.

foto

Tidak hanya para relawan yang secara khusus terjun ke lapangan dengan maksud menyisir sampah sisa aksi, namun para peserta aksi yang sebelumnya bermalam di Istiqlal pun secara sukarela membersihkan sampah di sekitaran Istiqlal. Para peserta yang menginap di Istiqlal sendiri membersihkan sampah sembari menunggu keberangkatan bus yang akan membawa mereka kembali pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Berbagai sampah botol plastik dan sisa bungkus makanan yang berserakan di berbagai sudut mesjid terbesar di Asia Tenggara itu pun perlahan dibersihkanoleh para peserta aksi dan relawan. Mereka secara sukarela dan gotong royong mengumpulkan sampah dalam plastik besar untuk selanjutnya dibuang ke tempat yang semestinya.

Tentunya, pemandangan tersebut menjadi hal yang begitu unik dan jarang ditemukan. Jika biasanya aksi demo akan berbuntut pada permasalahan sampah dan rusaknya berbagai aset publik, maka aksi damai 4 November kemarin menjadi contoh yang bisa ditiru dan dilakukan di dalam setiap aksi demo yang dilakukan dalam mengkritisi pemerintah.

Sebenarnya tidak hanya di areal sekitar Mesjid Istiqlal saja, namun para relawan ini tersebar di berbagai titik vital aksi. Dengan demikian titik-titik vital aksi yang penuh dengan sampah sisa para peserta bisa kembali lagi bersih dan tertib. Para relawan ini sendiri terbagi atas tim medis dan juga pembersih yang termasuk dalam bagian dalam dukungan terhadap aksi dalam yang dilakukan di tanggal 4 November kemarin. Tim relawan sendiri sudah bersiap semenjak sebelum Shalat Jum’at berlangsung.

Demikianlah kisah unik mengenai aksi damai 4 November kemarin. Aksi para relawan dalam melakukan aksi bersih-bersih di lokasi aksi menjadi momen unik yang sangat jarang sekali terjadi di setiap aksi atau demo yang berlangsung. Aksi pembersihan sampah yang dilakukan oleh para peserta aksi dan relawan ini juga ternyata sangat membantu pekerjaan dinas kebersihan yang biasanya bertugas membersihkan sisa hasil aksi damai yang terjadi.

Jangan lupa berbagi dengan teman dan sahabat anda di media sosial mengenai kisah unik di balik momen aksi damai 4 November 2016 kemarin. Tekan tombol berbagi yang telah disediakan, dan jangan lupa juga isi bagian kolom komentar yang telah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook