Bersiap! Sektor Pariwisata Indonesia Masuk Nominasi Penghargaan PBB

Keindahan bentang alam serta pesona kearifan lokal dan budaya yang berbeda di setiap daerahnya menjadi daya tarik besar yang tidak dimiliki oleh negara lainnya.

Keindahan alam yang dimilki oleh Indonesia menjadi salah satu sektor yang sangat berpengaruh besar terhadap perekonomian rakyat Indonesia pada umumnya, sebab dengan menggarap potensi pariwisata dengan maksimal pada akhirnya akan mengundang banyak wisatawan datang dan menikmati potensi tersebut. Hal itu jugalah yang akhirnya mendorong perekonomian kreatif masyarakat sekitar lokasi tersebut makmur dan juga berkembang menjadi lebih baik lagi.

Peningkatan potensi pariwisata dan kunjungan turis ke lokasi wisata juga ternyata memberikan dampak yang luar biasa pada lingkungan itu sendiri, sehingga perlu juga diperhatikan mengenai kelestarian lingkungannya, jangan sampai alam yang begitu lestari dan indah harus rusak begitu saja, hanya karena pengunjung yang terus menerus berdatangan.

01

Menyikapi potensi kerusakan dari alam karena pariwisata, maka dibuatlah beberapa project untuk mengatasinya, dan dari sekian banyak project yang berjalan, ada 3 project yang kemudian dijalankan untuk menjaga kelestarian alam dan 3 project tersebut akhirnya masuk sebagai nominasi yang berhak mendapatkan penghargaan United Nation World Tourism Organization (UNWTO) Awards for Exellence and Innovation Tourism. Ajang penghargaan tersebut merupakan salahsatu ajang yang digagas oleh United Nation atau PBB dan merupakan sebuah apresiasi terhadap inovasi pada sektor wisata yang memberikan dampak besar baik bagi pemerintahan maupun masyarakat pada umumnya. UNTWO sendiri sebagai sebuah lembaga internasional dalam sektor pariwisata sudah mewadahi hingga 157 negara dan lebih dari 480 anggota afiliasi yang beradal dari berbagai macam bidang dan sektor kerja.

Adapun 3 proyek besar Indonesia yang masuk ke dalam nominasi tersebut antara lain, Inovasi pemerintahan Banyuwangi dalam pemanfaatan teknologi, kemudian ada Garuda Indonesia yang mengangkat tema kebersihan dengan nama programnya yakni Bali Beach Clean Up, dan yang terakhir adalah Yayasan Karang Lestari, mereka mencoba mengangkat mengenai proyek pelestarian karang di lautan. Ketiga proyek tersebut masing-masing masuk ke dalam nominasi yang berbeda. Banyuwangi untuk kategori UNWTO Award in Innovation in Public Policy and Governance, Yayasan Karang Lestari kategori Innovation in Non-Governmental Organizations, dan yang terakhir adalah Garuda Indonesia yang masuk dalam jajaran kategori Innovation in Enterprises.

Di tiap kategori tersebut perwakilan Indonesia sendiri harus berjuang dan bersang cukup ketat dengan nominasi lainnya. Sebagai contoh, dalam nominasi Innovation in Public Policy and Governance yang diwakili oleh Banyuwangi, ada banyak kompetitor besar yang berasal dari Kenya, Kolombia dan Puerto Rico Pengumuman mengenai mana saja nominasi yang berhasil masuk ke dalam pemenang di tiap kategorinya akan diumumkan bertepatan dengan ajang Madrid International Tourism Trade Fair yang akan diselenggarakan di Madrid, Spanyol 20 Januari 2016 mendatang. Adapun event Awards for Exellence and Innovation Tourism yang digagas oleh UNTWO ini sudah memasuki perhelatan yang ke-12.

Sungguh sangat membanggakan memang prestasi pariwisata Indonesia. Keindahan alam dan juga pesona pariwisata yang dimiliki Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi, sebab keindahan selalu menarik hati para wisatawan untuk kembali dan merasakan nuansa yang tidak terlupakan dari Indonesia. Silahkan anda menekan tombol share yang berada di halaman ini untuk berbagi bersama dengan teman dan juga sahabat anda di media sosial. Setelah berbagi dengan tema dan sahabat anda di media sosial, anda juga bisa berbagi komentar serta pendapat mengenai potensi pariwisata dan juga prestasi yang berhasil diraih Indonesia.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook