Berpetualang Menyusuri Batuan-Batuan Purba di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi

Merasa bosan dengan konsep berwisata yang sama dari liburan ke liburannya?

Berbicara mengenai pilihan detinasi wista, maka sebuah nama patut anda coba. Geopark Ciletuh begitulah namanya, kawasan Geopark Ciletuh sediri merupakan taman geologi yang memiliki keindahan alam berupa pemandangan alam dan batuan-batuan tua yang telah mengalami pelapukan sejak jutaan tahun yang lampau, bahkan hingga batuan dasar bumi yang muncul kepermukaan.

06-geopark-ciletuh

Sebenarnya kawasan yang memiliki fenomena batuan tersebut di Indonesia ada 3 wilayah, namun Geopark Ciletuh inilah yang bisa dikatakan memiliki luas yang cukup besar dan variasi pemandangan alam yang cukup banyak serta luar biasa menawannya. Berkat keindahan yang bisa diberikan oleh alam Ciletuh ini tidak sedikit orang yang menjulukinya sebagai pinggiran surga.

Menapaki Batuan Tua dan Keindahan Alam Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh mampu menyediakn berbagai wahana pesona alam yang luar biasa. Ketika berkunjung ke Geopark ini anda akan dihadapkan pada keindahan dunia yang sulit anda temukan di lokasi lain di Indonesia. Hamparan batu karang hingga air terjun tersedia secara lengkap di Geopark Ciletuh ini. tidak hanya 1 atau 2 air terjun saja, tapi anda bisa melihat dan menikmati hingga 10 spot air terjun cantik nan memukau di lokasi wisata indah satu ini.

Menu utama ketika berwisata ke Geopark Ciletuh merupakan sebuah pengalaman unik melihat batuan berusia hingga puluhan juta tahun dari dalam kerak bumi terdasar, salahsatu yang paling jelas bisa anda lihat adalah sebuah amphiteater alam yang terbentuk secara alami akibat adanya longsor besar dengan diameter hingga mencapai 15 meter.

Dengan adanya Geopark Ciletuh ini bisa menjadi bukati dan situs bagi adanya kejadian geologi besar yang terjadi di masa lalu yang menyebabkan lempengan-lempengan serta batuan dari dasar bumi terangkat hingga jauh puluhan kilometer ke permukaan bumi.

Tidak hanya pemandangan alam, namun dengan berkunjung ke kawasan Geopark Ciletuh anda akan berikteraksi dengan warga lokasl dan disuguhi berbagai nuansa tradisional dari mulai makanan hingga pertunjukan kesenian khas Sunda yang jarang anda temukan.

Transportasi Menuju Geopark Ciletuh

Berlokasi di Ciletuh, Sukabumi bagi anda yang ingin mengunjunginya bisa menghubungi terlebih dahulu PAPSI sebagai pengelola yang bisa membantu anda menjelajahi geopark ini dengan baik, sebab untuk saat ini yng tersedia baru berupa paket wisata, sehingga dengan paket tersebut anda bisa mendapatkan tur ke berbagai spot menarik di seluruh kawasan Geopark dan sudah termasuk dengan makan juga homestay di rumah-rumah penduduk.

Kabar yang menarik adalah kawasan Geopark Ciletuh ini akan diproyeksikan sebagi lokasi wisata kelas dunia andalan Jawa Barat. Dengan konsep Sixty Minutes Distance yang menjadi standar lokasi wisata kelas dunia maka, pemerintah berencana akan membangun kawasan bandara cukup besar, sekelas Husain Sastranegara yang akan dibangun di Citarate. Selain dari Bandara Citarate pemerintah juga berencana membangun pelabuhan laut dari Pelabuhan Ratu untuk akses laut.

Akomodasi Wisata Geopark Ciletuh

Bagi anda yang ingin merasakan sensasi berwisata sekaligus berpetualang di kawasan Geopark Cilteuh ini, maka anda tidak perlu khawatir, sebab dengan konsep paket wisata yang jga terbilang cukup murah, anda sudah bisa mendapatkan fasilitas menarik dari mulai transportasi roda 4 unutk menyusuri kawasan geopark, homestay di rumah-rumah penduduk sekitar kawsan geopark dan makanan tradisional Sunda yang sangat khas.

Mari ajak temanmu berkunjung ke kawasan Geopark Ciletuh ini dengan menekan tombol share di bagian bawah artikel. Berikan pula komentar terkait dengan artikel ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook