Berikut Ini Adalah 5 Masjid Tertua yang Pernah Didirikan Di Indonesia

Indonesia sebagai salahsatu negara dengan mayoritas penganut muslim terbesar di dunia sudah pasti memiliki mesjid-mesjid peningalan yang cukup bersejarah dan berusia cukup tua.

Masjid sendiri merupakan bangunann yang sudah sangat umum dan dibangun di setiap wilayah di Indonesia. Beberapa di antaranya memiliki keistimewaan yang berbeda dri yang yang lainnya. Ada yang memiliki bangunan yang unik baik secara arsitektur maupun ukuran, ada juga yang unik karena sejarah serta usia bangunannya yang mencapai beberapa abad namun tetap berdiri kokoh, bahkan masih digunakan sebagai tempat peribadatan bagi umat muslim.

Berikut ini ada 5 masjid tertua yang pernah didirikan di Indonesia. Simak daftarnya berikut ini.

05-masjid-tertua-di-indonesia

Mesjid Baiturahman, Aceh

Dibangun pada tahun 1022 H/1612 M, mesjid Baiturahman diketahui sebagai mesjid yang berumur cukup tua di Indonesia. Dibangun oleh Sultan Iskandar Muda untuk Kesultanan Aceh mesjid ini memiliki bentuk bangunan hampir menyerupai bangunan Taj Mahal di India. Bangunan Mesjid Baiturahman ini juga diketahui sangat mengagumkan, salahsatunya adalah ketika tsunami menerjang Aceh, banyak bangunan bahkan bangunan yang berada di sekitarnya hancur, namun masjid ini mampu bertahan bahkan masih kokoh berdiri hingga sekarang.

Mesjid Agung Demak

Mesjid Demak merupakan salahsatu mesjid yang juga diketahui memiliki usia yang cukup tua. Masjid ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para wali di tanah Jawa ketika proses penyebaran agama islam berlangsung. Didirikan oleh raja dari Kesultanan Demak yakni Raden Patah mesjid ini diperkirakan sudah dibangun sejak awal abad ke 15 Masehi dan hingga sekarang masih dengan kokohnya berdiri. Hal unik yang bisa anda temukan dalam arsitektur mesjid Demak ini adalah penggunaan saka guru dalam pondasinya, saka guru merupakan tiang pondasi yang menyangga mesjid Demak hingga kini. Mesjid yang menurut sejarah hanya diangun dalam waktu satu malam saja ini juga pernah dicalonkan kepada UNESCO sebagai salahsatu situs bersejarah di dunia.

Mesjid Agung Banten

Dibangun oleh Sultan pertama Kasultanan Banten membuat Masjid Agung Banten ini masuk ke dalam daftar mesjid-mesjid tertua yang pernah dibangun di Indonesia. Dengan usianya yang sudah cukup tua Masjid Agung Banten juga diketahui seringkali didatangi oleh banyak sekali peziarah dari berbagai kota di Indonesia. jika diperhatikan, arsitektur dari Mesjid Agung Banten ini ditukangi oleh 3 orang arsitek yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Raden Sepat, Arsitek Majapahit lalu Cek Ban Su arsitek dari China dan terakhir adalah Hendrik Lucaz Cardeel, seorang arsitek Belanda yang kabur dari Batavia menuju Kebanten pada saat itu.

Mesjid Sunan Ampel

Dibangun oleh Sunan Ampel mesjid ini diketahui sebagai salahsatu mesjid tertua di Indonesia. Terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur masjid ini dibangun pada tahun 1421 dan masih berdiri hingga kini. Dengan usianya yang sudah tua mesjid ini masih berdiri dengan tegak dan menjadi salahsatu obyek wisata religi yang cukup mendatangkan banyak sekali orang dari berbagai daerah. Mesjid Sunan Ampel memiliki arsitektur Jawa Kuno yang dipadu dengan nuansa Arab yang sangat kental. Tidak hanya mesjid ternyata di lingkungan sekitar mesjid juga terdapat makan dari Sunan Ampel sendiri berserta beberapa tokoh lainnya yang sering dituturkan oleh masyarakat sekitar melalui berbagai cerita rakyat.

Mesjid Sultan Suriansyah

Sebagai salahsatu mesjid tertua di Kalimantan Selatan, Mesjid Sultan Suriansyah dibangun oleh seorang raja bernama Pangeran Samudera, seorang raja Banjarmasin yang pertama kali memeluk agama Islam di Banjarmasin. Mesjid Sultan Suriansyah dibangun dengan arsitektur tradisional Banjar dengan luas yang tidak terlalu besar, meskipun tidak terlalu besar namun mesjid ini menjadi saksi sejarah Banjarmasin dari masa ke masa.

Demikian tadi adalah daftar 5 bangunan mesjid yang pernah didirikan di Indonesia, dan masih diketahui berdiri hingga saat ini dengan kokohnya. Bangunan mesjid ini juga masih dipergunakan sebagai tempat peribadatan bagi muslim di daerahnya.

Tertarik utnuk berkunjung dan mencoba untuk melaksanakan Shalat di sana? Mari bagikan artikel ini dengan menekan tombol share dibagian bawah artikel ini. Anda juga bisa turut memberikan komentar seputar mesjid tua yang ada di Indonesia ini dengan menambahkan pendapat anda dalam kolom komentar yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook