Berikut Fakta Menarik Dibalik Bau Durian

Buah durian merupakan buah unik yang berasal dari Kawasan Asia Tenggara, dimana buah dengan kulit berduri ini dianggap sebagai rajanya buah-buahan.

Buah yang satu ini diyakini berasal dari Sumatra dan Kalimantan. Lama kelamaan buah yang satu ini menyebar ke negara lainnya seperti Vietnam, Sri Lanka, Thailand, Filipina selatan, India, New Guinea dan negara-negara Asia lainnya. Sebenarnya durin telah berada di kawasan Asia Tenggara sejak zaman prasejarah. Namun, buah durian mulai dikenal oleh masyarakat barat sekitar kurang lebih 600 tahun terakhir ini.

Durian merupakan buah yang termasuk bagian dari keluarga bombacaceae. Thailand, saat ini dikenal sebagai negara pengeskpor durian terbesar.

FAKTA-DURIAN

Istilah durian itu sendiri berasal dari kata Melayu yakni duri. Hal ini disebabkan karena buah durian memiliki bentuk yang tebal dengan kulit berduri, yang mana hampir mirip dengan buah nangka.

Pohon durian merupakan salah satu pohon yang cukup unik. Dimana pohonnya dapat tumbuh sampai mencapai ketinggian yang fantastik yakni 50 meter, memiliki umur yang sangat panjang, bahkan dapat hidup selama berabad-abad, apabila tidak terganggu oleh penyakit atau rusak karena kekeringan dan erosi tanah.

Tidak bisa kita pungkiri lagi, bahwasanya buah durian memiliki cita rasa yang begitu enak dan lezat. Daging dari buahnya yang sudah matang bisa dikonsumsi secara langsung, selain itu juga bisa dijadikan bahan pelengkap untuk bubur kacang atau dibuat es. Karena kelezatannya inilah banyak sekali orang yang menyukainya.

Harga buah durian di pasaran tergolong cukup mahal dibandingkan dengan buah jenis lainnya. Namun meskipun begitu, seberapa mahal harganya tetapi permintaan buah durian selalu meningkat. Banyak orang yang tidak segan-segan mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi membeli buah ini.
Meskipun banyak sekali orang yang menyukai buah durian, tetapi pada kenyataannya ada juga orang-orang yang tidak menyukainya. Bahkan orang bule merasa jiji terhadap buah ini, mereka pun sering merasa heran mengapa buah ini begitu disukai oleh banyak orang khususnya orang Indonesia itu sendiri. Bahkan bagi orang bule, mereka semua akan bertanya-tanya dan merasa heran serta trauma setelah memakannya.

Salah satu hal yang menyebabkan buah durian tidak disukai meskipun rasanya begitu lezat mungkin karena baunya yang cukup menyengat. Beberapa orang menganggap bahwa bau yang ditimbulkan tidaklah sedap. Justru tidak sedikit orang yang akan mabuk ketika menciumnya. Karena baunya inilah, buah durian dilarang di bawa masuk ke tempat umum.

Ada beberapa fakta yag terungkap mengapa buah durian memiliki bau yang menyengat. Dimana beberapa peneliti pun mencoba untuk melakukan penelitian untuk mengungkap masalah tersebut.

Bau yang menyengat dari buah durian disebabkan karena adanya senyawa misterius dalam durian. Hasil peneletian yang ditulis dala Journal of Agriculture and Food Chemistry, menyebutkan bahwa ada 50 senyawa di dalam durian yang bertanggung jawab atas aroma yang bau dan tajam tersebut. Namun yang mengherankan 4 senyawa lainnya belum pernah ada pada ilmu pengetahuan manapun. Senyawa tersebut tidak ada pada buah-buahan atau benda lainnya yang memiliki bau menyengat.

Durian merupakan keajaiban ilmiah. Yang mana analisa tersebut meunjukan begitu banyak senyawa dalam durian yang menyebabkan timbulnya bau. Karena beberapa durian masih misterius, oleh sebab itu tidak heran jika para ilmuan menjuluki durian sebagai keajaiban ilmiah. Namun, mereka menjelaskan dan memperingati bahwa di dalam durian terdapat enzim yang digunakan hati dalam menghambat pemecahan alkohol.

Itulah fakta menarik dari buah durian. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman anda, berikan juga komentar pada kolom di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook