Berikut Fakta-Fakta serta Sejarah Dari Perangkat Komputer Bernama Mouse

Sebagai salahsatu perangkat penting dalam pengoperasian komputer keberadaan mouse sangatlah diperlukan adanya.

Mouse sendiri yang dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai tetikus ini sudah sejal lama diciptakan dan berfungsi sebagai perangkat untuk memasukan perintah dan data ke dalam perangkat komputer yang kita miliki tentunya selain dengan keyboard. Namanya yang unik yakni mouse atau tetikus diperlohanya dari bentuknya yang bulat dan memiliki kabel panjang menjulur yang terlihat seperti ekor tikus.

Secara umum keberadaan mouse juga sangat mempengaruhi kinerja anda saat menggunakan perangkat komputer. Secara umum anda akan menemukan mouse memiliki 2 buah tombol bersama satu scroll yang berfungsi untuk menggeser laman ke atas dan ke bawah. Desain dengan 2 tombol dan satu scroll ini merupakan yang terbari setelah sebelumnya terdapat beberapa desain mouse. Berbicara lebih lanjut mengenai tetikus, maka berikut ini ada beberapa fakta menarik dan unik yang ada di balik mpuse atau tetikus, penasaran? simak di bawah ini!

05

Tetikus atau Mouse Memiliki Beberapa Desain

Jika umunya anda megenal tetikus ini hanya dengan 2 tombol dan 1 scroll saja yang juga berfungsi sebagai tombol ke 3, maka sebenarnya pada saat awal pembuatannya tetikus ini hanya dibekali oleh 1 tombol saja dengan bahan pembuatan dari kayu, adapun penemu awal dari mouse atau tetikus ini sendiri adalah Douglas Engelbart pada tahun 1963. Kini anda bisa menemukan perrangkat tetikus dengan 1 tombol dimiliki oleh tetikus pada perangkat komputer macintosh.

Penggunaan Bola Untuk Menangkap Pergerakan

Di awal pembuatannya, utnuk mendetaksi pergerakan yang dilakukan, mouse dibekali dengan trackball pada bagian bawahnya. Mouse akan membaca pergerakan sesuai dengan bola yang bergulir di bagian bawahnya. Namun kini seiring dengan perkembangan teknologi dan peengetahuan, maka keberadaan bola atau trackball di bagian bawah mouse mulai tergantikan dengan sinar optikal. Bentuk dari tetikus pun mulai mengalami perkembangan, hingga kini anda juga bisa menemukan tetikus yang tidak memiliki buntut atau kabel, sehingga nirkabel dan mengandalkan radio atau bluetooth.

Penemu Mouse Tidak Menerima Royalti

/selain dari berbagai fakta yang berkaitan dengan tekni, ada fakta unik terkait dengan penemu tetikus ini sendiri, yakni Douglas Engelbart. Faktanya Engelbart yang memulai penelitian dan mematenkan berbagai hak kekayaan intlektualnya sejak bergabung dengan sebuah perusahaan bernama SRI ini tidak sepeserpun menerima royalti atas penemuannya terkait dengan mouse atau tetikus. Sebenarnya atas hasil temuannya tersebut ia sudah mematenkannya dan melisensikannya kepada sejumlah perusahaan, namun ia mengangap jika temuannya tersebut merupakan hak banyak orang dan dirinya tidak bersedia menerima sepeserpun royalti atas idenya yang sangat visioner tersebut.

Jika dilihat secara lebih mendalam, sebenarnya Engelbart sudah memberikan sumbangsih warisan dalam dunia teknologi yang begitu besar, bahkan ia memulai penemuannya di masa komputer bukan merupakan sebuah perangkat yang memasyarakat dan bukan merupakan produk rumahan, namun ia menyadari jika di suatu masa penggunaan komputer akan begitu besar dan dibutuhkan mouse sebagai salahsatu perangkat pelengkap penting dalam pengoperasiannya.

Demikianlah tadi fakta unik mengenai mouse atau yang dalam bahasa Indonesia disebut tetikus ini. Bagi anda yang sudah membaca artikel di atas, jangan pernah lupa untuk berbagi dengan teman dan sahabat anda di media sosial dengan cara menekan tombol share yang berada di bagian bawah halaman ini. Lanjutkan dengan memberikan komentar pada kolom yang sudah tersedia.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook