Berikut Adalah Fakta Menarik Di Balik Kegiatan Donor Darah

Donor darah merupakan sebuah aksi yang terhitung amal dan kemanusiaan namun memiliki nilai kebaikan lebih bagi sang pendonor.

Kebutuhan darah seiring dengan waktu mungkin dirasa terus meningkat, bagi beberapa orang yang mengelami kekurangan darah dan membutuhkan darah, setetes darah saja bisa menjadi hal yang sangat berharga dan bisa menyelamatkan nyawanya dari kematian. Meskipun demikian, kondisi tersebut tidak lantas membuat banyak orang kemudian segera datang memberikan darah mereka kepada yang membutuhkan.

Ada berbagai aspek kesehatan yang wajib dipenuhi oleh pendonor sebagai langkah awal bagi mereka yang ingin menyumbang, sehingga tidak bisa semua orang menyumbangkan darahnya. Di beberapa kasus juga justru orang seringkali takut emnyumbangkan daragh, karena berbagai macam alasan dari yang terkecil sampai yang terbesar. Oleh karena itu terkadang bank darah yang di Indonesia dipegang oleh PMI seringkali mengalami kurang stok darah, padahal ada banyak pasien yang membutuhkan darah tersebut untuk ditransfusikan.

03

Berbicara lebih lanjut tentang donor darah, maka ada banyak fakta menarik dari kegiatan donor darah ini yang mungkin belum anda dengar sebelumnya. Penasaran dengan fakta apa saja yang ada di balik kegiatan donor darah? Simak artikel berikut!

Donor Darah Menjaga Kesehatan Jantung Anda

Ingin sehat? Donor darah mungkin bisa menjadi pilihan. Dengan donor darah secara teratur, maka menurut penelitian akan berpengaruh juga terhadap kesehatan jantung anda. sirkulasi darah yang lancar dan pasokan darah segar dan baru menuju jantung juga ternyat bisa merangsang kerja jantung lebih baik lagi. oleh karena itu cobalah untuk mendonorkan darah anda secara teratur untuk mendapatkan jantung yang sehat.

Mencegah Penuaan Dini dan Memperbaharui Sel Darah

Ada banyak orang yeng ingin terlhat awet muda, termasuk anda juga bukan? Ternyata donor darah bisa anda lakukan untuk menjaga penampilan anda tersebut supaya tidak mengalami penuaan dini. Dengan sel darah yang terus rutin diperbaharui, disebut-sebut mampu memberikan pengaruh juga terhadap kesehatan kulit, oleh karena itu resiko penuaan dini akan sedikit banyaknya terbantu apabila anda melakukan donor. Keriput-keriput yang biasanya hadir tidak akan terlihat sebab kulit anada akan mengencang. Jangan berfikir juga jika dengan emndonorkan darah, maka anda akan kekurangan darah, sebab dengan mendonorkan darah anda, sel darah justru akan memproduksi banyak sel darah baru yang lebih segar dan bersih.

Membantu Anda Menjalani Check Up Kesehatan

Dengan mendonorkan darah anda juga sekaligus melewati prosedur pmeriksaan kesehatan atau check up, sehingga setidaknya dengan rutin melakukan donor, anda juga secara tidak langsung turut melakukan cek kesehatan secara rutin. Sebelum bisa melakukan donor anda harus melewati tahapan pengeckan berat badan, tekanan darah, frekuensi dari nadi, kadar hb dan berbagai macam lainnya, selain itu tentuny anda akan menjalani serangkaian pemeriksaan darh anda untuk memastikan jika pendonor memberikan kesehatan dan menolong kepada sang resipien. Engan pemeriksaan darah teratur anda bia melihat adanya resiko terserang penyakit berbahaya seperti HIV, Sifilis atau hepatitis dan berbagai jenis penyakit lainnya lagi.

Begitulah sebenarnya fakta yang ada di balik kegiatan donor darah. Ternyata selain dengan kegiatannya yang sarat dengan amal, donor darah juga memiliki beragam manfaat baik bagi kesehatan dalam tubuh anda. Coba bagikan artikel ini kepada teman anda dan beriktahukan fakta yang ada di balik kegiatan donor darah, kemudian anda bisa berbagai pendapat atau komentar dengan mengisi kolom yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook