Berikut Adalah 5 Binatang yang Paling Terancam Punah Di Dunia

Coba sebutkan binatang apa saja yang kamu ketahui berada di ambang kepunahan!

Jika kamu mencari informasi mengenai hewan apa saja yang kini berada di ambang kepunahan maka kamu akan mendapati 2 di antaranya berasal dari Indonesi. Perburuan dan hilangnya habitat hewan merupakan faktor terbesar yang menjadi sumber dari permasalahannya. Meskipun demikian, kini mulai banyak pihak yang sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga kelestarian hewan-hewan tersebut.

Berikut Adalah 5 Binatang yang Terancam Punah Di Dunia

Dari banyak hewan yang ada, maka berikut ada 5 hewan yang masuk dalam daftar hewan yang terancam punah di dunia.

5. Black Footed Ferret

Sebagi salahsatu spesies yang masih 1 keluarga dengan musang, kini keberadaan Black Footed Ferret atau yang memiliki nama latin Mustela Nigripes bisa dibilang sebagai hewan yang terancam punah. Jika kalian pernah menonton animasi anak yang berjudul Dora The Explorer, pasti kalian akan mengenal tokoh Swiper yang diidentikan dengan pencuri. Swiper itu diilhami dari spesies musang Black Footed Ferret. Status binatang terancam punah itu sendiri sudah didapatkannya pada tahun 1967. Black Footed Ferret hidup di padang rumput dan merupakan hewan karnivora yang memangsa anjing padang rumput. Menghilangnya populasi binatang ini disebabkan banyak faktor seperti persediaan makanan yang kurang dan wabah penyakit sejenis pes.


4. Buaya Filipina

Jenis Buaya yang memiliki nama Latin Crocodylus mindorensis ini sangat sedikit di alam, bahkan menurut data yang diperoleh hingga tahun 1995saja jumlah populasi buaya Filipina ini hanya mencapai 100 individu dewasa. Kepunahan dan kelangkaan buaya ini dipicu oleh semakin banyaknya perburuan dan semakin berkurangnya habitat tempat hidupnya. Buaya di Filipina sendir sebenarnya telah dilindungi oleh undang-undang dengan ancaman hukuman bagi para pembunuhnya berupa denda 100.000 peso dan hukuman tahanan selama 6 tahun. Meskipun demikian, sepertinya undang-uandang tersebut belum mampu mmberikan kesadaran kepada masyarakat yang tetap melakukan perburuan terhaap spesies ini.

3. Gorila Gunung

Maslah klasik yakni perburuan dan penebagan hutan tempat tinggal mereka menjadi penyebab berkurangnya populasi dari Gorila Gunung ini.gorila Gunnung merupakan salahsatu dari subspesies Gorila Timur dan sekarang berada di ambang kepunahan di mana hanya sekitar 600-700 Gorila Gunung yang kini hidup di alam liar Afrika. Dengan potensi kepunahan yang mengintai, maka 3 negara yang menjadi rumah bagi spesies hewan besar tersebut membarikan perhtaian yang sangat besra. Rwanda, Uganda dan Republik Demokratik Kongo sampai mengeluarkan dana besar dari pendapatan negaranya untuk keperluan konservasi dari Gorila Gunung ini.


2. Orangutan Sumatra

Jika kalian mendengar nama Orangutan mungkin akan identik dengan kepunahan dan langka. Salahsatu spesies terlangka dari jenis orangutan adalah Orangutan Sumatra. Orangutan Sumatra ini memiliki sedikit perbedaan dari Orangutan yang berasal dari Kalimantan. Secara fisik Orangutan Sumatra memiliki tubuh yang lebih kecil dari Orangutan Kalimantan. Kini Orangutan Sumatra dapat ditemukan berada di Sumatra bagian utara, khususnya wilayah Aceh (NAD). Meskipun demikian pada zaman dahulu Orangutan ini tersebar luas da tersebar banyak di Sumatra bagian selatan. Hingga tahun 2004 diperkirakan ada 7400 Orangutan Sumatra yang masih hidup di alam liar. Orangutan juga termasuk dalam hewan yang memiliki intelegensi bagus, di mana beberapakali tertangkap mereka tengah menggunakan alat-alat sederhana untuk berburu dan mendapatkan makanan. 

1. Condor California

Keberadan burung Condor ini cukup memprihatinkan, bahkan pada sekitar tahun 1980 hampir mengalami kepunahan dan tak bersisa. Umur burung ini sebenarnya cukup panjang, dan mampu bertahan hidup hingga 50 tahun lebih. Berkat perburuan dan habitat yang semakin menipis dan racun yang membunuh mereka populasi Condor California ini menyusut secara drastis. Kini jumlah burung Condor California ini diperkirakan mencapai sekitar 332 ekor dan diperkirakan setengahnya hidup di alam liar. Jumlah Condor California yang sedemikian kecilnya tersebut sudah dianggap meningkat berkat usaha konservasi dan perlindungan yang dilakukan. 

Menarik? Bantu kami sebarkan informasi ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook