Bangga! Insinyur Perminyakan Asal Indonesia Raih Penghargaan SPE dan Menjadi Orang Asia Pertama yang Mendapatkannya

Berbicara mengenai Sumber Daya Alam, minyak adalah salahsatu barang berharga dan bernilai yang banyak dibutuhkan manusia di berbagai sektor.

Melihat posisi minyak yang sangat penting di dalam setiap aspek kehidupan manusia tidak heran harganya menjadi sangat mahal dan begitu berharga. Negara yang memiliki cadangan minyak bumi yang besar biasanya memiliki ketahanan ekonomi yang juga kuat sebab pendapatan besar bisa merka dapatkan dari eksploitasi minyak. Salahsatu contoh paling nyata adalah Timur Tengah, di negara tersebut diketahui cadangan minyak dunia tersimpan dengan begitu banyaknya sehingga berimplikasi terhadap pendapatan negara yang juga besar.

Lebih lanjut mengenai perminyakan dunia, maka tidak bisa luput dari peran-peran orang-orang di balik layar yang bekerja baik tenaga dan pikiran untuk bisa mendapatkan bahan minyak mentah yang kemudian akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan ebrbagai jenis bahan bakar di seluruh dunia. Salahsatu peran yang cukup signifikan di dalam dunia perminyakan adalah insinyur perminyakan.

07

Insinyur perminyakan memiliki kedudukan yang cukup penting di dalam industri perminyakan, sebab tugas mereka bisa dikatakan sangat penting dan krusial. Mempelajari bagaimana kandungan minyak di suatu daerah, penentuan cara pengeboran, mengawasi pengeboran, hingga bagaimana cara yang harus dilakukan untuk mengekstrasi minyak mentah atau gas dari dalam perut bumi menjadi pekerjaan dari insinyur satu ini, sehingga tidaklah heran jika dengan peran mereka yang berat tersebut gaji tinggi pun berhak mereka dapatkan.

Jika melihat persebarannya, maka keberadaan insinyur perminyakan ini bisa dikatakan tidaklah terlalu banyak di dunia, dari populasinya yang sedikit tersebut ternyata ada satu anak Indonesia yang mampu menorehkan di bidang yang bisa dibilang cukup penting ini. Ardian Nengkoda yang merupakan seorang insinyur perminyakan asal indonesia dan bekerjadi Arab Saudi belum lama ini menerima sebuah penghargaan atas kinerjanya di industri perminyakan dunia. penghargaan yang diterima Adrian diberikan oleh Perhimpunan Insinyur Perminyakan (Society of Petroleum Engineers/SPE).

SPE atau Society of Petroleum Engineers merupakan sebuah organisasi perminyakan internasional yang beranggotakan insinyur perminyakan di seluruh dunia. Penghargaan ini diberikan kepada Adrian karena kinerjanya yang baik di bidangnya. Selama 11 tahun berkontribusi di dunia perminyakan ia diketahui telah turut di dalam cukup banyak mega proyek perminyakan di dunia, selain itu Adrian juga telah banyak menyumbangkan kemampuannya di dalam konferensi dunia, karya-karya tulis ilmiah yang tentunya sangat penting bagi perkembangan industri perminyakan dunia. Dengan penghargaan SPE yang diraihnya ini juga membuat nama Adrian Nengkoda tercatat dalam sejarah sebagai orang Asia pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan yang tantunya begengsi ini.

Indonesia pun sebenarnya dikenal sebagai salahsatu ladang minyak dunia yang menyimpan begitu banyak cadangan minyak, hanya saja penglolaan yang kurang termajemen dengan baik, kemudian tenaga kerja dalam negeri yang lebih banyak memilih bekerja di luar negeri mejadi sebagaina hal yang menghambat laju perkembangan industri minyak dalam negeri. Gaji insinyur perminyakan yang lbih tinggi jika kita bekerja di luar juga menjadi sisi lain mengapa sepinya minat insinyur yang mau bekerja di dalam negeri.

Tertarik untuk sekolah dan belajar lebih mendalam secara akademik sebagai Insinyur perminyakan? Jangan lupa untuk berbagi informasi membanggakan ini kepada rekan dan teman anda melalui media sosial yang anda miliki. Cukup tekan tombol share yang ebarda di bagian bawah artikel kemudian lanjutkan dengan memberikan komentar terhadap artikel tersebut. masukan saja komentar anda di kolom komentar yang tersedia di bagian bawah artikel.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook