Ayo Cari Tahu 5 Gedung Tertinggi Di Dunia yang Pernah Dibangun

Di zaman sekarang kita lihat banyak sekali gedung-gedung pencakar langit yang dibangun di kota-kota besar.

Kemajuan dalam bidang arsitektur dan desain, membuat banyak orang kini berlomba untuk membuat rekor mendirikan gedung dengan kontruksi bangunan yang lebih modern dan kokoh. Beragam rekor mengenai gedung coba orang-orang pecahkan di antaranya ada gedung terbesar, gedung tertinggi, gedung dengan desain terbagus dan lain sebagainya.

Salahsatu yang menarik perhatian adalah ketika orang-orang berlomba membuat gedung tertinggi. Sebenarnya masih terjadi perdebatan mengenai kriteria gedung tertinggi itu seperti apa, misalnya saja seperti apakah penentuan gedung tertinggi itu? Apakah hanya dilihat dari bangunan yang dapat ditinggali saja atau dapat diitung dengan atapnya? Masih banyak lagi perdebatan lainnya terkait dengan penentuan tinggi sebuah gedung.

 

Namun terlepas dari hal tersebut, berikut merupakan 5 daftar gedung tertinggi berdasarkan tinggi bangunannya.

1. Burj khalifa (828m). Gedung yang berlokasi di Dubai ini merupakan gedung tertingg yang pernah di buat manusi hingga saat ini. mencapai 828 meter gedung yang dibangun di atas pulau buatan ini memiliki hingga 160 lantai. Selain rekor gedung yang dipegangnya sebagai gedung tertinggi hingga saat ini, Burj Khalifa juga memiliki lift tercepat dengan kecepatan 60km/j atau sekitar 16,7m/s

 

2. Abraj al- bait (601m). Berlokasi di selatan pintu masuk Masjidil Haram bangunan yang memiliki nama lain Mecca Royal Hotel ini memiliki tinggi bangunan mencapai 601 meter. Bangunan ini dibuat dengan tujuan untuk mampu menampung orang-orang dengan jumlah yang sangat banyak. Hal tersebut dilakukan karena kian bertambahnya orang yang berdatangan ke Mekkah dalam rangka beribadah haji, umroh atau hanya sekedar jalan-jalan dan bekerja. Bangunan ini berisi hotel bintang 7 hingga pusat perbelanjaan dan ruang konferensi.

3. Taipei 101 (509m). Taipei 101 tower ini selain berpredikat sebagai salahsatu gedung tertinggi yang ada di dunia bangunan ini juga disebut sebagai gedung pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat. Dilengkapi dengan berbagai teknologi yang sangat tinggi, gedung ini memiliki lift dengan kecepatan mengagumkan yang mampu membawa anda turun naik atau turun sebanyak 89 lantai hanya dalam waktu 39 detik saja. Selain itu masih banyak keunggulan yang dimiliki oleh bangunan ini.

 

4. Shanghai World Financial Center (494m). Bangunan yang memiliki 101 lantai ini dibangun mulai dari tahun 1997-2008. Dengan tinggi 494 meter bangunan ini dapat dikategorikan sebagai salahsatu gedung tertinggi dari sekian banyak gedung tinggi di dunia. Yang unik dari bangunan ini adalah desain pada bagian puncaknya yang apabila dilihat sekilas mirip dengan pembuka tutup botol. Bagian atas tersebut sebenarnya merupakan desain dari penggambaran bumi dan langit menurut mitologi China, namun ternyata desain tersebut menuai protes karena dianggap mirip dengan lingkaran matahari terbit dari Jepang.

 

5. International Commerece Centre (484m). Dibangun di Hongkong sejak tahun 2005-2010 gedung ini di tetapkan sebagai gedung tertinggi ke 5 di dunia dihitung menurut tinggi badan. Bangunan ini juga menyandang prdeikat sebagai bangunan tertinggi ke dua di dunia secara lantai, dan merupakan bangunan tertinggi di Hongkong. Proyek ICC ini dibangun di atas Stasiun Kowloon dan merupakan bagian dari proyek Union Square. Gedung dengan tinggi 484 meter ini di dalamnya berisi hotel, kantor, pusat-pusat ritel ternama hingga observatori dan garasi parkir. Gedung ini mulai di buka dan di launching untuk umum pada tahun 2011.

 

Bermanfaat? Ayo share ini ke teman-temanmu.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook