5 Jenis Kejadian Alam Terdahsyat

Alam memang seakan tidak pernah dapat diprediksi, terlebih ketika manusia tidak dapat bersahabat dengan alam itu sendiri.

Kejadian alam yang besar tak jarang dapat merenggut banyak korban jiwa dalam sekali kejadian. Berikut adalah 5 kejadian alam terdahsyat yang pernah terjadi di beberapa belahan bumi.


1. Gunung meletus. Gunung meletus merupakan salahsatu kejadian alam yang sering sekali kita dengar. Terlebih di wilayah Indonesia masih terdapat banyak sekali gunung merapi yang masih aktif hingga saat ini. Letusan gunung merapi yang sempat menghebohkan dunia adalah letusan gunung Tambora di pulau Sumbawa, dan krakatau di Selat Sunda. Gunung merapi dapat mematikan karena biasanya akan mengeluarkan asap panas hingga larva serta debu-debu yang dapat merusak paru-paru. selain itu kejadian lain yang mengikuti seperti gempa bumi dapat terjadi menyertai fenomena gunung meletus ini. Di Indonesia, mungkin yang paling terbaru dari semuanya adalah kejadian ketika gunung Sinabung yang terletak di pulau Sumatera meletus pada tahun 2014 silam.

 

 

2. Tornado. Tornado merupakan kumpulan udara yang berputar kencang dan menyatu dengan tanah. Tornado ini dapat mengakibatkan kehancuran terhadap benda serta apa saja yang di berada di dekatnya. Tornado juga memiliki kecepatan yang cukup cepat ketika ia melaju, dan dapat menempuh jarak puluhan kilometer sebelum akhirnya mengecil dan menghilang. Tornado sendiri diketahui banyak dilaporkan melanda Amerika. Kejadian yang terdahsyat sendiri diketahui pernah terjadi di Amerika serikat pada tahun 1925, dengan jumlah korban jiwa mencapai 700 jiwa. Tornado ini juga diketahui meluluhlantahkan hampir seluruh daratan utama Amerika.

 

3. Badai salju. Kejadian alam badai salju ini lazimnya dialami oleh negara-negara yang memiliki 4 musim. Badai salju terjadi karena pertemuan massa udara hangat atau panas dengan massa udara dingin. Badai salju yang terjadi bisa menimbulkan dampak yang cukup buruk bagi tempat yang dilandanya. Suhu udara yang akan berada jauh di bawah titik normal membuat orang-orang tidak bisa keluar rumah. Jalan akan tertutup dengan salju tebal. Kegiatan-kegiatan jasa dan jual beli otomatis terhenti dan menyebabkan kekhawatiran masal. Di beberapa kejadian ditemukan pula laporan akan adanya kematian akibat kedinginan dan juga akibat tertimbun oleh salju.

 

 

4. Badai api. Badai api merupakan kejadian alam langka yang pernah terjadi di dunia. Badai api ini seperti penggabungan puting beliung dengan api yang berputar bukan angin. Panas sebuah badai api ini bisa mencapai 1400 derajat celius, melebihi panasnya besi meleleh. Akan sulit untuk memadamkan tornado api ini, salahsatu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara menunggu udara sekitar habis, hingga pada akhirnya tornado iniakan padam secara sendirinya.

 

5. Gempa bumi. Gempa bumi merupakan sebuah kejadian alam yang dapat disebabkan oleh beberapa alasan. Beberapa di antaranya disebabkan oleh kejadian tektonik di dalam bumi, sebagian lagi disebabkan oleh adanya aktivitas seperti gunung meletus, dan beberapa kejadian mencata adanya tabrakan meteor yang dialami oleh bumi. Salahsatu negara yang sering mengalami gempa bumi adalah Jepang, Jepang sendiri dikenal memiliki daerah dengan aktivitas tektonik yang cukup sering dan banyak terjadi. Kejadian tektonik dan gempa di bawah laut juga dapat menyebabkan kejadian alam lain yang tak kalah dahsyatnya, yakni tsunami dan gelombang besar.

 

share yu Pengetahuan ini ke teman-temanmu...